uefau17.com

Bom Bunuh Diri Tewaskan Gubernur Taliban Afghanistan, ISIS Klaim Bertanggung Jawab - Global

, Kabul - Gubernur Taliban di Provinsi Balkh, Afghanistan, Mohammad Dawood Muzammil tewas dalam bom bunuh diri yang diklaim dilakukan kelompok ISIS. Muzammil tewas di kantornya di ibu kota provinsi, Mazar-e Sharif, pada Kamis (9/3/2023).

Dia adalah pejabat Taliban paling senior yang terbunuh sejak kelompok itu kembali berkuasa pada tahun 2021. Sejak itu, tokoh-tokoh pro-Taliban telah menjadi sasaran ISIS.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan via Twitter bahwa Muzammil mati syahid dalam ledakan oleh musuh-musuh Islam.

Muzammil telah memimpin perang melawan ISIS dalam jabatan sebelumnya sebagai gubernur Provinsi Nangarhar. Dia dipindahkan ke Balkh pada Oktober lalu.

Juru bicara kepolisian Balkh Mohammed Asif Waziri mengonfirmasi bahwa bom bunuh diri terjadi pada Kamis pagi di lantai dua kantor gubernur.

"Ada ledakan. Saya jatuh ke tanah," kata Khairuddin, salah seorang korban terluka akibat ledakan itu kepada AFP, seperti dilansir BBC, Jumat (10/3).

Khairuddin mengatakan, dia telah melihat seorang teman kehilangan tangan dalam ledakan bom bunuh diri itu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ISIS Klaim Bertanggung Jawab

Pada hari yang sama, ISIS mengklaim bahwa salah satu anggotanya berhasil memasuki gedung dan meledakkan diri. Kelompok itu menambahkan, sejumlah penjaga keamanan tewas dalam ledakan bom bunuh diri itu.

Sehari sebelumnya, otoritas Taliban mengatakan mereka telah membunuh delapan pemberontak dan penculik di Mazar-e Sharif.

Taliban digulingkan sebagai penguasa Afghanistan pada tahun 2001 dan kembali berkuasanya kelompok itu pada Agustus 2021 dimungkinkan setelah pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat ditarik keluar dari negara tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat