uefau17.com

Hadiah Raja Charles III untuk HUT kE-59 Adik Bungsunya Pangeran Edward: Penganugerahan Gelar Duke of Edinburgh - Global

, London - Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Edward dinobatkan sebagai Duke of Edinburgh yang baru. Raja Charles III memberikan gelar tersebut kepada adik bungsunya pada ulang tahun ke-59 Pangeran Edward.

"Yang Mulia Raja dengan senang hati menganugerahkan Dukedom (wilayah yang diperintah adipati) of Edinburgh kepada Pangeran Edward, Earl of Wessex dan Forfar, pada kesempatan ulang tahun ke-59 Yang Mulia. Gelar tersebut akan dipegang oleh Pangeran Edward seumur hidup Yang Mulia," demikian pengumuman Istana Buckingham dalam situs resminya seperti dilansir Sabtu (11/3/2023).

"Dukedom terakhir dibuat untuk Pangeran Philip pada tahun 1947, setelah pernikahannya dengan Putri Elizabeth, yang memegang gelar Duchess of Edinburgh sebelum naik takhta pada tahun 1952. Duke dan Duchess of Edinburgh yang baru dengan bangga melanjutkan warisan Pangeran Philip dalam mempromosikan peluang bagi kaum muda dari semua latar belakang untuk mencapai potensi penuh mereka."

Gelar Duke of Edinburgh sangat terkait dengan mendiang Pangeran Philip, yang merupakan adipati Edinburgh selama lebih dari 70 tahun, hingga kematiannya pada tahun 2021. Dan Pangeran Philip  menginginkan Pangeran Edward, putra bungsunya, untuk mengambil gelar tersebut. Namun, bagaimanapun, keputusan ada di tangan Raja Charles III.

Sementara itu, Duke Edinburgh dan istrinya Sophie, yang menjadi Duchess of Edinburgh, mengunjungi ibu kota Skotlandia pada Jumat (10/3/2023). Pasangan itu menghadiri resepsi yang mengakui upaya para sukarelawan dalam mendukung pengungsi Ukraina selama setahun terakhir.

Kelompok kampanye anti monarki, Republik, mengkritik pemberian gelar kepada Pangeran Edward. Mereka mengatakan, "pandangan rakyat Edinburgh" seharusnya dipertimbangkan sebelum gelar tersebut diberikan sebagai "hadiah ulang tahun". 

"Itu seharusnya diputuskan oleh parlemen atau pemerintah dan kepala negara tidak mungkin memberikan penghargaan kepada keluarganya sendiri," kata Graham Smith dari kelompok Republik seperti dikutip dari BBC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Duke of Edinburgh Tidak Akan Melekat Turun-temurun

Dengan Pangeran Andrew, Duke of York, tidak lagi menjadi masuk daftar anggota keluarga kerajaan yang dapat mewakili Raja Charles III dalam tugas-tugas resmi, diharapkan ada peran yang lebih menonjol untuk Pangeran Edward dan istrinya.

Akhir tahun lalu, parlemen mempercepat perubahan undang-undang untuk menambahkan Pangeran Edward dan saudara perempuannya Putri Anne ke daftar "penasihat negara" yang dapat bertindak atas nama Raja Charles III.

Dalam karier awalnya, Pangeran Edward pernah bekerja di produksi teater dan televisi, tetapi dia kemudian semakin fokus pada tugas publik, termasuk mengambil sejumlah peran dari Pangeran Philip seiring bertambahnya usia.

Salah satu yang dilakukan Pangeran Edward, termasuk mendukung skema Penghargaan Duke of Edinburgh, yang dibuat oleh Pangeran Philip pada tahun 1956, yang menyediakan kegiatan dan program pelatihan bagi kaum muda di Inggris dan luar negeri.

Ketika Pangeran Edward menikahi Sophie Rhys-Jones pada tahun 1999, Istana Buckingham telah mengumumkan bahwa "pada waktunya" diharapkan oleh Ratu dan Pangeran Philip bahwa Pangeran Edward pada akhirnya akan menjadi Adipati Edinburgh.

Gelar Duke of Edinburgh tidak akan turun-temurun, jadi ketika Pangeran Edward meninggal, gelar itu tidak akan diberikan kepada anak-anaknya, tetapi dapat diberikan kepada anggota senior keluarga kerajaan lainnya.

Gelar Pangeran Edward sebelumnya dari Earl of Wessex sekarang akan diberikan kepada putranya, Viscount Severn yang berusia 15 tahun. Namun, tidak akan ada perubahan gelar untuk putri Edward, Lady Louise Windsor.

Duke of Edinburgh pertama diciptakan pada tahun 1726, ketika Raja George I memberikan gelar kepada cucunya, Pangeran Frederick. Ratu Victoria membuat ulang gelar tersebut pada tahun 1866 untuk putra keduanya, Pangeran Alfred, dan dibuat lagi pada tahun 1947 untuk Pangeran Philip.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat