uefau17.com

Apakah Kucing Aman Minum Susu? Ini Penjelasannya - Global

, Jakarta - Pasti anda pernah melihat kucing menjilat susu dari cawan. Tapi apakah minum susu aman bagi mereka? 

Kepopuleran kucing minum susu memang sudah ada sejak abad ke-19, ketika kucing dan anjing menjadi peliharaan populer bagi para seniman. Ketika revolusi industri berkembang, dan lebih banyak orang bermigrasi ke kota, jumlah pemilik kucing dan anjing semakin bertambah, para seniman pun semakin banyak dimintai untuk melukis karya hewan peliharaan yang menawan. 

Dengan demikian, seniman Prancis bernama Alfred-Arthur Brunel de Neuville sering menggambar kucing minum dari mangkuk susu, dan karyanya terbukti sangat populer selama masa hidupnya, menurut Galeri Rehs di Kota New York.

Melansir dari livescience, Senin (6/3/2023), memberikan susu kepada kucing dewasa mungkin sebenarnya lebih berbahaya bagi mereka, menurut badan amal hewan terkemuka Inggris.

Umumnya kucing sering kehilangan toleransinya terhadap laktosa, yaitu gula yang ditemukan dalam susu, dan bisa berbahaya saat mereka bertambah tua, seperti kebanyakan manusia. 

"Bagi kebanyakan kucing, kemampuan mencerna laktosa menurun setelah disapih," kata Nathalie Dowgray, kepala international society of feline medicine di Inggris, kepada live science. "Akibatnya, susu dapat menyebabkan masalah pencernaan pada kucing dan menimbulkan gejala seperti diare atau muntah" ucapnya kembali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahaya Susu Untuk Kucing

Beberapa kucing mungkin mempertahankan kemampuannya untuk mencerna laktosa hingga dewasa, seperti yang dilakukan beberapa orang, catat Dowgray.

"Tetap saja, tidak ada manfaat nutrisi tambahan untuk memberikan susu sapi pada kucing anda, jika diberi makanan kucing berkualitas tinggi yang lengkap dan seimbang," katanya.

Selain itu, susu sapi juga penuh lemak, dan tidak baik bagi kucing. "Sepiring susu untuk kucing, seperti anda makan pizza 12 inci utuh," catat people's dispensary for sick animals. Dengan demikian, susu sapi dapat menyebabkan kucing menjadi kelebihan berat badan, kata Dowgray.

Selain itu, "susu sapi mengandung fosfat tingkat tinggi," kata Dowgray. Artinya, sebaiknya kucing menghindarinya jika mereka telah didiagnosis menderita penyakit ginjal, catatnya. Fosfor dapat mengganggu kesehatan ginjal pada kucing dengan penyakit ginjal kronis, menurut sebuah studi tahun 2017 di Journal of Feline Medicine and Surgery.

 

 

3 dari 4 halaman

Berikan Susu Khusus Untuk Kucing

Kucing mungkin masih menginginkan susu, meskipun ada masalah yang ditimbulkan dari susu itu. Alasan kucing sangat menginginkan susu karena mereka dapat mengingat hal-hal positif ketika mereka masih menjadi anak kucing, yang selalu minum susu, menurut rumah sakit hewan hastings di Burnaby, British Columbia.

Mereka mungkin juga menyukai rasa lemak di dalamnya, kata people's dispensary untuk hewan sakit.

Anak kucing biasanya meminum susu induknya sampai mereka benar-benar disapih, pada usia beberapa bulan. "Anak kucing yang membutuhkan perawatan tangan, dalam situasi seperti sakit atau kehilangan induknya, harus diberi makan pengganti susu kucing yang diformulasikan dengan hati-hati yang memenuhi kebutuhan nutrisinya," kata Dowgray.

Jenis susu lain, seperti susu sapi atau susu kambing, bukan pengganti yang cocok untuk susu kucing, karena susu tersebut tidak mengandung cukup protein atau lemak untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak kucing, kata Dowgray.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Konsultasikan Susu Kucing dengan Dokter

Jika anda memang snagat membutuhkan susu untuk kucing, jangan asal memberikan susu yang ada di rumah, karena hal itu bisa menyebabkan kematian pada kucing.

Segeralah pergi ke dokter hewan, karena mnereka dapat merekomendasikan pengganti susu kucing berkualitas tinggi yang aman dan diformulasikan dengan benar untuk anak kucing, catatnya.

"Menyapih ke makanan padat harus dimulai pada usia tiga hingga empat minggu dan harus dilakukan secara bertahap sampai anak kucing dapat menerima diet lengkap makanan padat," kata Dowgray.

Susu khusus kucing terkadang dipasarkan di supermarket dan toko hewan peliharaan. "Alih-alih membeli produk susu untuk kucing, yang tidak menawarkan nilai gizi tambahan, kami merekomendasikan pemilik untuk fokus memastikan kucing mereka memiliki akses ke banyak air bersih segar setiap hari," kata Dowgray.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat