uefau17.com

10 Fakta Jimmy Carter, Eks Presiden Amerika Serikat Tertua yang Masih Hidup Hingga Kini - Global

, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter memutuskan untuk kembali ke rumah usai menjalani perawatan di rumah sakit.

Pria berusia 98 tahun itu sekarang akan menghabiskan waktu bersama keluarganya di rumahnya yang berbasis di Georgia.

Carter (98) adalah mantan presiden Amerika Serikat tertua yang masih hidup. Lantas seperti apa latarbelakang dan mengapa sosoknya begitu dikenal? Berikut selengkapnya dikutip dari laman livemint.com, Kamis (23/2/2023):

1. Carter lahir dari keluarga petani kacang tanah di pedesaan Georgia selatan pada tanggal 1 Oktober 1924. Ia lulus dari Akademi Angkatan Laut di Annapolis, Maryland selama Perang Dunia II dan kemudian menikah dengan Rosalynn Smith.

2. Pada usia 98 tahun, dia adalah presiden terlama dalam sejarah AS sejak kematian George W Bush pada November 2018.

3. Dia adalah seorang gubernur Georgia yang relatif tidak dikenal pada tahun 1976 ketika memulai pencalonan Presiden pertamanya melawan Presiden yang sedang menjabat Gerald R Ford. Dia akhirnya berhasil menang, berkampanye dengan janji untuk tidak mengkhianati rakyat Amerika setelah skandal Watergate dan Perang Vietnam.

4. Jimmy Carter menjabat sebagai Presiden AS ke-39, memerintah negara itu dari Januari 1977 hingga Januari 1981. Salah satu hal penting dari kepresidenannya adalah menengahi perjanjian damai antara Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada tahun 1978, yang dikenal sebagai Perjanjian Camp David.

5. Carter kalah telak dari mantan aktor dan gubernur California Ronald Reagan pada 1980.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Soal Jimmy Carter Selanjutnya

6. Pasca kepresidenan, ia membentuk Carter Center bersama istrinya Rosalynn pada tahun 1982 untuk mempromosikan hak asasi manusia dan visinya tentang diplomasi dunia.

7. Dia memimpin upaya untuk memberantas parasit cacing Guinea di negara-negara berkembang melalui kunjungannya ke luar negeri.

8. Pria berusia 98 tahun itu dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2002 sebagai pengakuan atas "usahanya yang tak kenal lelah untuk menemukan solusi damai bagi konflik internasional, untuk memajukan demokrasi dan hak asasi manusia."

9. Pada Agustus 2015, Carter didiagnosis dengan melanoma metastatik di hatinya yang kemudian berpindah ke otaknya. Dia kemudian mengumumkan bahwa obat percobaan telah membantu menghilangkan tanda-tanda penyakit dalam dirinya.

10. Carter telah sangat membatasi penampilan publiknya sejak setelah pandemi virus corona dengan pertemuannya yang paling menonjol dalam beberapa hari terakhir adalah dengan Presiden AS saat ini Joe Biden dan istrinya, Jill pada tahun 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat