uefau17.com

Hujan Es Sebesar Bola Tenis di Spanyol, 1 Bayi 20 Bulan Tewas dan 50 Orang Cedera - Global

, Catalonia - Seorang bayi perempuan berusia 20 bulan tewas setelah kepalanya terbentur saat badai hujan es dahsyat yang menyebabkan kekacauan di Catalonia, timur laut Spanyol, kata pihak berwenang, Rabu 31 Agustus 2022.

Hujan es seukuran kepalan tangan dengan diameter hingga 10 cm (4 inci) turun pada Selasa 30 Agustus di daerah sekitar Desa La Bisbal d'Emporda. Peristiwa itu menyebabkan cedera -- sebagian besar patah tulang dan memar -- pada sekitar 50 orang lainnya, kata penyiar TV3.

"Orang-orang mulai berteriak dan bersembunyi," kata musisi Sicus Carbonell, yang merekam kerusakan akibat badai di Castell d'Emporda, Spanyol, sebuah hotel terdekat tempat bandnya bermain di teras tertutup kanvas ketika semua orang terpaksa lari mencari perlindungan, seperti dikutip dari laporan CNN, Kamis (1/9/2022).

"Ada kekacauan, anak laki-laki dan perempuan kecil berlarian sendirian, beberapa orang tua berhasil menangkap anak-anak mereka," katanya kepada Reuters.

"Ada seorang gadis kecil berusia sekitar tiga atau empat tahun yang tidak berlindung di bawah payung. Saya berlari keluar dan menangkapnya," katanya."Kemudian hujan es merobek kain ... dan saya memberi tahu kelompok band saya untuk masuk ke restoran atau salah satu es sebesar bola tenis itu akan mendarat di atas kami dan kami tidak akan selamat."

Balita yang terkena es kepalanya di La Bisbal d'Emporda meninggal di rumah sakit Trueta Girona, kata pihak berwenang di sana.

Hujan es ini adalah yang terbesar yang tercatat dalam dua dekade di Catalonia, menurut badan meteorologi Meteocat. Sebagian wilayah tetap waspada badai pada hari Rabu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hujan dengan Es Terbesar Sejak 2002

Hujan es kali ini, menurut laporan BBC, menghancurkan atap, kabel listrik jatuh dan jendela hancur.

Salah satu hujan es berdiameter 10 cm (4 inci), kata layanan meteorologi Catalonia.

Ini adalah hujan es terbesar di wilayah itu sejak 2002.

Petugas pemadam kebakaran menerima lebih dari 40 panggilan telepon dari anggota masyarakat tentang kerusakan yang disebabkan oleh badai hari Selasa, sebagian besar dari Kota Bisbal d'Emporda.

Seorang anak berusia 20 bulan yang meninggal di Spanyol akibat kepalanya dihantam oleh batu es jumbo.

Sekitar 50 orang lainnya melaporkan cedera - mulai dari memar hingga patah tulang - dari badai aneh selama 10 menit yang melanda wilayah Girona di Catalonia pada Selasa malam.

 

3 dari 4 halaman

Teror 10 Menit

Salah satu es  mengenai anak berusia 20 bulan yang dipindahkan ke rumah sakit di kota terdekat Girona tetapi kemudian meninggal karena luka-lukanya, saluran lokal 324 melaporkan.

"Hujan es hanya turun selama 10 menit, tapi itu adalah teror 10 menit," kata anggota dewan Carme Vall kepada radio lokal, menurut kantor berita AFP.

Presiden Catalonia Pere Aragones menggambarkan peristiwa itu sebagai "tragedi".

Pejabat setempat kini telah mengeluarkan kembali peringatan cuaca buruk, memperingatkan penduduk bahwa lebih banyak hujan es besar dapat turun di daerah pesisir.

Menurut saran dari layanan meteorologi Catalonia, hujan es dapat terjadi sepanjang tahun tetapi paling sering tercatat antara Maret dan September.

Musim panas yang luar biasa panas berarti laut Mediterania di dekatnya lebih hangat dari biasanya untuk sepanjang tahun ini, membuat badai tropis yang ganas lebih mungkin terjadi.

4 dari 4 halaman

Diprediksi Bakal Banyak Badai

Menurut laporan AP, rekaman video di media Spanyol menunjukkan hujan es memantul seperti bola golf di mobil di jalan.

Lebih banyak badai diperkirakan terjadi di wilayah tersebut pada Rabu.

Sementara itu, badai besar telah diprediksi terjadi di Spanyol timur menyusul gelombang panas yang parah selama musim panas baik di darat maupun di Laut Mediterania.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat