uefau17.com

Ridwan Kamil dan Jenazah Eril Bakal Tiba di Bandara Soetta Minggu 12 Juni 2022 Sore, Ibunda Menanti - Global

, Jakarta Jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan tiba pada Minggu (!2/6/2022) sore ini di Bandara Soetta, Tangerang, Banten dari Bern, Swiss.

"Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu tanggal 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB," ujar Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI Joedha Nugraha dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu 11 Juni 2022.

Selanjutnya, jenazah Eril langsung akan dibawa ke Bandung melalui jalur darat.

Menurut informasi dari KBRI Bern 11 Juni, jenazah Eril diterbangkan dalam satu pesawat dengan sang ayah, Gubernur Ridwan Kamil beserta keluarganya. 

"Informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Bandara Zurich dan direncanakan akan take-off pada pukul 10.10 menit waktu setempat atau pukul 15.10 menit WIB," tambah Joedha.

Ibunda almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, Atalia Praratya, direncanakan bakal menjemput jenazah putra sulungnya di Bandara Soekarno-Hatta.

Istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu tidak ikut menemani suaminya yang terbang ke Swiss menjemput Eril yang baru saja ditemukan pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat.

"Sementara ini kita tidak mengagendakan tapi kita lihat, kita komunikasikan kemungkinan menjemputnya ke bandara saja tidak ke Swiss," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (9/6/2022) malam.

Rencananya, jenazah Eril akan tiba di Tanah Air pada Minggu (12/6/2022) dan akan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

Jasad Eril ditemukan pada 8 Juni lalu setelah upaya pencarian dilakukan selama 14 hari sejak hilang terbawa arus Sungai Aare di Bern, Swiss pada 26 Mei 2022. Polisi wilayah Bern melaporkan bahwa seorang pria tak bernyawa tergeletak di air di bendungan Engehalde di Bern sesaat sebelum pukul 06.50. 

Setelah ditemukan, langkah-langkah repatriasi yang dilakukan oleh KBRI Bern adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah, kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern kemudian melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

Proses pencarian hingga pemulangan ke Tanah Air terus dipantau oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Joedha mengatakan, Kemlu di Jakarta juga telah mengadakan rapat koordinasi Jumat 10 Juni kemarin dengan berbagai instansi terkait untuk mematikan kelancaran ketibaan jenazah Eril di Tanah Air.

Doa pun dihaturkan agar proses tersebut berjalan lancar. "Kita doakan beasama agar proses kepulangan jenazah ananda Eril lancar".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Pemakaman

Rencananya jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). Makamnya akan ada di sebelah masjid yang dibangun Ridwan Kamil, Nama masjid yang diambil dari nama panjang Eril yakni Masjid Al Mumtadz.

Ridwan kamil juga telah mendesain tempat peristirahatan terakhir Eril dengan begitu indah.

"Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa.Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah.Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan pesawahan yang hijau permai," tulisnya.

Diketahui Eril dinyatakan hilang terseret arus Sungai Aare, Bers, Swiss pada 26 Mei 2022 . Selama 14 hari pencarian akhirnya jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, pada Rabu, 8 Juni 2022 pagi waktu setempat. 

Orang yang menemukan jenazah Eril adalah seorang guru SD bernama Geraldine Beldi. 

3 dari 4 halaman

Polisi Sebut Tak Ada Pengalihan Lalu Lintas di Soetta Saat Kedatangan Jenazah Eril

atuan Lalu Lintas Polresta Bandara Soekarno-Hatta tidak memberlakukan skema pengalihan arus lalu lintas saat kedatangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang diterbangkan dari Swiss dan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/6) sore ini.

"Skema Lalu Lintas tidak ada, hanya memang kami atas kesepakatan hasil zoom meeting yang dipimpin oleh Kemenlu RI, bahwa Polresta Bandara Soekarno-Hatta membackup penuh kegiatan kedatangan jenazah almarhum Eril," kata Kasat Lantas Polresta Bandara Soetta, Kompol Bambang Askar Sodiq saat dihubungi merdeka.com, Minggu (12/6/2022).

Meski tidak menerapkan skema seperti pengalihan arus lalu lintas, kata Bambang, pihaknya nanti tetap akan mengawal sedari kedatangan jenazah hingga keberangkatan dari Terminal Cargo Bandara Soetta menuju Bandung.

Adapun alasan tidak diberlakukannya skema arus lalu lintas, dikarenakan penggunaan terminal kargo sebagai titik kedatangan tidak akan mengganggu mobilitas para penumpang lain di terminal bandara.

"Kenapa kita gunakan Terminal Cargo, kita tidak ingin pengguna jasa bandara lainnya terganggu dengan kegiatan penjemputan oleh masyarakat. Dan yang pasti tidak akan mengganggu arus lalu lintas yang ada di terminal," terangnya.

 

4 dari 4 halaman

Pihak Bandara Siap

Bambang menyampaikan bahwa persiapan di bandara sudah sepenuhnya siap untuk menerima kedatangan jenazah Eril putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Termasuk simulasi baik protokol kedatangan hingga persiapan lainnya.

"Nanti dari Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta akan mendampingi PJR Ditlantas Polda Jabar sampai ke Gerbang Tol Dalam Kota arah ke Cikampek," tuturnya.

"Tadi kita lakukan simulasi kegiatan pengamanan lokasi dan pemasangan Q-Line pembatas zona khusus Pers/Media di sisi kanan area parkir kantor Human Remains Lounge Cargo," sambungnya.

Bambang mengatakan diperkirakan jenazah Eril akan sampai di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.45 Wib. Untuk selanjutnya dilakukan prosesi serah terima jenazah dari Kemenlu RI kepada pihak keluarga.

"Pasti ada (pejabat) dari Kemenlu. Kan ada prosesi serah terima jenazah dari Kemenlu kepada keluarga Kang Emil," sebutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat