uefau17.com

Diplomat China Minta Masalah Ukraina Diselesaikan Lewat Implementasi Perjanjian Minsk - Global

, New York - Seorang diplomat China untuk PBB menyebut penyelesaian masalah Ukraina harus kembali ke implementasi Perjanjian Minsk.

Implementasi Perjanjian Minsk diakui oleh semua orang sebagai dokumen politik yang mendasar dan mengikat untuk penyelesaian masalah Ukraina, dan didukung oleh Resolusi Dewan Keamanan 2202.

"Oleh karena itu, paket tersebut layak diimplementasikan secara lengkap dan efektif oleh semua pihak terkait," kata Zhang Jun, perwakilan tetap China untuk PBB, demikian dikutip dari Xinhua, Jumat (18/2/2022).

"Sayangnya, sebagian besar ketentuan tersebut belum benar-benar dilaksanakan. Pelanggaran gencatan senjata baru dilaporkan terjadi di saluran kontak," katanya.

Zhang mengatakan bahwa China berharap semua pihak terkait akan mengambil sikap konstruktif, menyelesaikan melalui dialog dan konsultasi apa pun perbedaan yang mungkin timbul dalam implementasi aturan dan menyusun peta jalan keluar serta jadwal implementasi tanpa penundaan, sehingga membuka jalan bagi politik menemukan solusi untuk krisis Ukraina, katanya kepada Dewan Keamanan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Redakan Ketegangan

Dalam konteks saat ini, semua pihak terkait diminta Zhang membiarkan akal sehat, mengikuti arah umum solusi politik, dan menahan diri dari tindakan apa pun yang dapat memicu ketegangan atau memicu krisis.

"Para pihak harus sepenuhnya mempertimbangkan masalah keamanan masing-masing yang sah, dan menunjukkan rasa saling menghormati, dan atas dasar seperti itu, menyelesaikan perbedaan melalui konsultasi lewat pijakan yang setara," katanya.

"China mendukung semua upaya yang kondusif untuk meredakan ketegangan, dan mencatat keterlibatan diplomatik baru-baru ini antara Rusia dan Prancis, Jerman dan negara-negara Eropa lainnya di tingkat para pemimpin. Mekanisme keamanan Eropa yang dinegosiasikan, seimbang, efektif, dan berkelanjutan akan berfungsi sebagai landasan yang kokoh."

"Kami percaya bahwa negara-negara Eropa akan mengambil keputusan dengan otonomi strategis sesuai dengan kepentingan mereka sendiri," kata Zhang.

China mendesak negara-negara terkait untuk belajar dari sejarah, menganut gagasan keamanan bersama, komprehensif, kooperatif dan berkelanjutan, mematuhi pendekatan untuk meningkatkan rasa saling percaya dan menyelesaikan perselisihan melalui dialog dan konsultasi, dan berbuat lebih banyak untuk berkontribusi pada perdamaian dunia dan kawasan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat