uefau17.com

Sejarah Hari Pers Nasional Dirayakan 9 Februari, Ini Faktanya - Global

, Jakarta - Hari Pers Nasional jatuh pada 9 Februari lantaran tanggal tersebut merupakan tanggal didirikannya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tahun 1946 di Surakarta. 

PWI merupakan organisasi wartawan pertama di Indonesia.

Dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022, sekitar 40 rangkaian kegiatan diselenggarakan di tanggal 7 dan 8 Februari 2022. Kegiatan tersebut meliputi seminar pariwisata bangkit, seminar energi dan pertambangan, seminar moneter dan fiskal, Workshop pendidikan jurnalistik, Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Klinik Penulisan Kebudayaan, bakti sosial dan lain-lain.

Sementara itu, PWI akan menggelar acara puncak perayaan di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari pada 9 Februari dan akan dihadiri Presiden Jokowi secara virtual.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Pers Diresmikan di Orde Baru

Hari Pers Nasional memang sudah diinisiasikan sejak tahun 1946, namun rupanya baru diresmikan oleh pemerintah di era Orde Baru yakni di tahun 1985 melalui Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985.

Hal ini merupakan sebuah terobosan baru karena di tahun sebelumnya, sejak 1952 sampai 1965, pemerintah telah melakukan tindakan anti pers sebanyak 561 kali menurut catatan Edward C Smith.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat