uefau17.com

Makna Hari Ibu di Indonesia 22 Desember, Tak Sekadar Mother's Day - Global

, Jakarta - Hari Ibu di Indonesia jatuh pada Rabu, 22 Desember 2021. Perayaan Hari Ibu di berbagai negara berbeda-beda, dan di Indonesia adalah salah satu yang paling terakhir sepanjang tahun. 

Umumnya, negara di dunia merayakan Hari Ibu atau Mother's Day pada Mei. Hal itu serupa dengan Amerika Serikat. 

Menurut situs USA Mother's Day, Hari Ibu di AS dimulai oleh tokoh perempuan bernama Anna Jarvis pada 1908. Namun, Jarvis mengaku menyesal menjadi pencentus Hari Ibu.

Sebab, Jarvis melihat Hari Ibu malah menjadi ajang cari untung, seperti maraknya penjualan kartu dan bunga-bunga. Hingga kini, pemberian ucapan kartu atau bunga masih menjadi tradisi Hari Ibu di AS.

Sementara, cerita di Indonesia berbeda. Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) berkata Hari Ibu di Indonesia masih terkait dengan perjuangan kemerdekaan. 

Simak kisah selengkapnya di bawah ini:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kongres Perempuan Indonesia

Menurut penjelasan di situs Kementerian PPA, Hari Ibu hadir melalui keputusan Kongres Perempoean Indonesia III di Bandung pada 22 Desember 1938. Tujuan peringhatan Hari Ibu di Indonesia adalah mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. 

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Giwo Rubianto, juga menegaskan bahwa Hari Ibu di Indonesia lebih dari sekadar "Mother's Day."

"Peringatan Hari Ibu lebih dari sekadar mother’s day. PHI adalah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan dalam berbagai sektor pembangunan untuk Indonesia maju," ujar Giwo dalam diskusi virtual bersama Kementerian PPA pada Desember 2020. 

Menurut Giwo, peringatan Hari Ibu juga menjadi kesempatan untuk mengingatkan masyarakat agar kualitas hidup dan hak perempuan bisa setara dengan laki-laki.

"Mari berkolaborasi dan bersinergi mengemban amanat para founding mothers (ibu bangsa) untuk sebaik-baiknya menjadi ibu bangsa sejati," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Hari Ibu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat