uefau17.com

Seperti Palu 2018, Ilmuwan Identifikasi Risiko Tsunami Serupa di Kota-Kota Ini - Global

, Jakarta - Para ilmuwan telah mengidentifikasi risiko tsunami baru dan berpotensi menghancurkan di daerah-daerah tertentu di dunia, terkait dengan sesar strike-slip bawah laut di kerak Bumi - di mana blok batuan di sepanjang garis sesar meluncur secara horizontal melewati satu sama lain.

Sampai sekarang, diperkirakan bahwa gempa bumi di sesar strike-slip hanya dapat menghasilkan tsunami besar jika mereka juga memicu tanah longsor bawah air - tetapi melalui beberapa pemodelan terperinci dan dengan bantuan superkomputer Blue Waters, para ilmuwan telah menunjukkan risikonya jauh lebih besar.

Bahkan, gerakan lateral yang menghasilkan energi pada sesar strike-slip dapat menghasilkan tsunami yang signifikan, temuan penelitian itu menunjukkan. Ini sedikit seperti mengguncang secangkir air dari sisi ke sisi, kata para peneliti.

"Model berbasis fisika yang digunakan dalam penelitian ini memberikan wawasan kritis tentang bahaya yang terkait dengan sesar strike-slip," kata insinyur sipil Mohamed Abdelmeguid dari University of Illinois di Urbana-Champaign, dikutip dari Science Alert, Sabtu (8/5/2021).

"Terutama, kebutuhan untuk memperhitungkan risiko tersebut untuk mengurangi kerusakan di masa depan pada teluk lain yang dilalui oleh sesar strike-slip."

Agar tsunami terjadi, para peneliti menemukan gempa 'intersonik' diperlukan: peristiwa di mana pecahnya terjadi begitu cepat sehingga gerakan di garis sesar lebih cepat daripada gelombang geser seismik yang dihasilkan di kerak.

Kota-kota pesisir di dekat sesar strike-slip berisiko, terutama ketika kesalahan melintasi teluk pedalaman; San Francisco Bay Area, Izmit Bay di Turki, dan Teluk Al-Aqaba di Mesir adalah contohnya. Pada dasarnya, batas-batas teluk sempit ini semakin didorong dan ditarik.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fase-Fase Pembentukan Tsunami

Itu mengarah pada tiga fase yang bergabung bersama: gerakan awal dan gelombang kejut, perpindahan air selama gempa, dan pergerakan gelombang tsunami yang dihasilkan. Setiap fase dapat berkembang secara berbeda tergantung pada kondisi lokal.

"Masing-masing fase ini akan memiliki efek yang berbeda tergantung pada geografi unik dari tanah sekitarnya dan perlengkapan mandi teluk," kata insinyur sipil Ahmed Elbanna.

"Tidak seperti gempa bumi dan perpindahan air berikutnya yang terjadi bermil-mil di lepas pantai, gempa bumi dan tsunami yang terjadi dalam batas-batas sempit teluk akan memungkinkan untuk waktu peringatan yang sangat sedikit untuk pantai."

Tujuannya di sini adalah untuk memahami lebih lanjut tentang bagaimana tsunami diciptakan dan bagian mana dari planet ini yang paling berisiko - sehingga kita lebih siap untuk acara di masa depan. Sebelum sekarang, risiko khusus ini belum diperhitungkan menjadi model.

Hubungan antara sesar strike-slip dan tsunami telah dilihat sebelumnya, tetapi hanya di tempat geografis tertentu. Di sini, para peneliti memeriksa dasar-dasar dari jenis sesar itu, memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi berbagai tempat di seluruh dunia yang dapat rentan terhadap skenario ini.

Para peneliti berpikir bahwa tsunami besar September 2018 yang melanda Palu di pulau Sulawesi Indonesia, yang dipicu oleh gempa bermagnitudo 7,5, disebabkan oleh mekanisme yang diuraikan dalam penelitian ini.

"Itu tampak seperti buldoser telah masuk dan meratakan kota," kata insinyur sipil Costas Synolakis dari University of Southern California. "Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kami untuk mencoba memahami apa yang sebenarnya terjadi."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat