uefau17.com

Anggota Parlemen Inggris Ini Pakai Bahasa Indonesia Saat Sidang - Global

, London - Ada momen langka yang terjadi di ruang sidang parlemen Inggris. Seorang anggota parlemen Negeri Ratu Elizabeth itu, mengucapkan sebuah kalimat menggunakan bahasa Indonesia.

Ia adalah Richard Graham, yang juga menjabat sebagai Utusan Dagang Inggris untuk Indonesia.

Kalimat dalam bahasa Indonesia yang ia sebutkan itu terkait dengan gempa-tsunami Palu dan Donggala yang terjadi beberapa waktu lalu, demikian dikutip dari laman Seasia.co, Jumat (12/10/2018).

Dalam sidang parlemen, Richard Graham bertanya tentang tanggapan Inggris atas bencana yang menewaskan hingga ribuan orang tersebut.

"Teman yang membantu saat dibutuhkan adalah teman yang sebenarnya. Atau A friend in need is a friend indeed," ujar Richard Graham.

Theresa May, selaku Perdana Menteri Inggris kemudian menanggapi pernyataan dari Richard Graham dengan menyebut bahwa Inggris berkomitmen membantu Indonesia.

Kabarnya ini adalah penggunaan bahasa Indonesia pertama yang diucapkan oleh anggota di dalam sidang parlemen Inggris tersebut.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ucapan Belasungkawa Ratu Elizabeth II

Bencana gempa-tsunami yang melanda Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018 lalu menyisakan duka mendalam, tidak terkecuali oleh khalayak dunia.

Menyusul beberapa figur dunia yang telah menyampaikan keprihatinannya sejak beberapa hari terakhir, Pemimpin Monarki Bersatu Britania Raya, Irlandia Utara dan 16 Persemakmuran, Ratu Elizabeth II, turut mengutarakan belasungkawa atas bencana tersebut.

Seperti dikutip dari laman resmi www.Royal.uk, Ratu Elizabeth II menyampaikan keprihatinannya kepada Presiden RI Joko Widodo pada 3 Oktober 2018.

"Saya sangat prihatin mendengar kabar gempa dan tsunami yang dahsyat di Sulawesi pada akhir pekan lalu, terlebih, itu terjadi dalam waktu yang berdekatan dengan gempa terakhir di Lombok."

"Pangeran Philip dan Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada mereka yang terdampak bencana dan para keluarga mereka --Elizabeth R."

Tentang hal yang sama, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menjelaskan, "Ratu Elizabeth II juga mengatakan kepada Presiden Jokowi bahwa seluruh warga Inggris merasakan duka yang mendalam atas terjadinya gempa dan tsunami di Sulawesi," dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Inggris di Jakarta yang diterima .

"Tidak ada satu orangpun di Inggris yang tidak bergeming oleh kejadian ini. Doa kami menyertai mereka yang menjadi korban," lanjut Moazzam mengutip perkataan Ratu Elizabeth II.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat