uefau17.com

El Salvador Berhasil Tambang 473 Bitcoin Gunakan Energi Panas Bumi - Crypto

, Jakarta El Salvador, negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, dilaporkan telah menambang 473,5 Bitcoin ke perbendaharaannya menggunakan energi panas bumi. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/5/2024), menurut laporan, data resmi yang dirilis oleh The Bitcoin Office of El Salvador (ONBTC) mengungkapkan jumlah bitcoin ini ditambang sejak 2021 menggunakan daya 1,5 MW dari kompleks vulkanik Tecapa.

Bitcoin ditambang oleh 300 penambang di pembangkit listrik tenaga panas bumi Berlin menggunakan energi yang disediakan oleh kompleks vulkanik Tecapa. Mata uang kripto ini adalah bagian dari lebih dari 5.750 BTC yang saat ini disimpan El Salvador di alamat perbendaharaan publiknya, yang diungkapkan oleh Presiden Nayib Bukele awal tahun ini.

Bukele sempat melontarkan beberapa komentar tentang pemanfaatan energi panas bumi, sejenis tenaga yang diperoleh dari uap yang dipanen dari reservoir yang terletak di bawah bumi untuk menjalankan turbin. 

Dia bahkan memposting video yang menunjukkan dimulainya operasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Berlin, menampilkan koneksi beberapa penambang bitcoin. 

Meskipun demikian, ini adalah salah satu peluang pertama di mana pemerintahan Bukele menawarkan keseimbangan mengenai hasil dari inisiatif pertambangan ramah lingkungan ini.

Proyek ini rencananya akan diperluas, mengingat hanya 1,5 MW dari 120 MW yang diproduksi oleh pembangkit listrik di Berlin yang saat ini digunakan untuk tujuan ini. 

Pada 2022, Bukele mengonfirmasi negara tersebut telah melakukan investasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan listrik panas bumi, dan mengungkapkan mereka telah menemukan sumur yang mampu menghasilkan 95 MW pada 2022. 

Ini mungkin merupakan seluruh listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan Bitcoin City, sebuah kota metropolitan yang diumumkan oleh presiden pada 2021 yang akan digerakkan oleh energi hijau.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandidat Calon Presiden AS Robert Kennedy Jr Sebut Bitcoin jadi Kunci Kebebasan Transaksional

Salah satu kandidat calon presiden AS Robert F. Kennedy Jr menyebut Bitcoin adalah kunci kebebasan transaksional sama pentingnya dengan kebebasan berbicara. Hal ini disampaikan Kennedy dalam sebuah wawancara.

“Pemerintah dapat mengontrol kebebasan bertransaksi dengan mengontrol kebebasan bertransaksi dan, tahukah Anda, kebebasan bertransaksi sama pentingnya dengan kebebasan berpendapat dan Anda hanya mendapatkannya dari bitcoin,” kata Kennedy, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (21/5/2024).

Dalam wawancara tersebut, Kennedy diminta menjelaskan peran sebenarnya bitcoin mengingat ada anggota Kongres dari kedua partai yang berpendapat bitcoin harus dilarang. 

“Mereka ingin melakukan pelarangan karena mereka dibayar oleh Blackrock dan Morgan dan semua bank besar, monopoli perbankan global, yang menghasilkan uang dari inflasi dan menghasilkan uang dari pencetakan uang The Fed,” jawabnya.

Kennedy adalah pendukung bitcoin yang terkenal. Dia memiliki beberapa BTC dan membeli beberapa untuk anak-anaknya tahun lalu. 

Pada Oktober tahun lalu, calon presiden tersebut berjanji jika terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, dia akan mengambil tindakan untuk melindungi bitcoin. Pada Juli tahun lalu, dia mengumumkan rencana untuk mendukung dolar AS dengan BTC.

Meskipun pro kripto, Kennedy adalah sosok yang anti dengan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC). Dia dan mantan Presiden AS Donald Trump telah berjanji untuk menghentikan Federal Reserve mengeluarkan dolar digital jika terpilih.

3 dari 3 halaman

AS Tangkap 2 Warga China Terkait Penipuan Kripto Senilai Rp 1,16 Triliun

Sebelumnya, Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) mendakwa dua warga negara Tiongkok dalam penipuan mata uang kripto yang mencuci setidaknya USD 73 juta atau setara Rp 1,16 triliun (asumsi kurs Rp 15.964 per dolar AS) dari korban yang ditipu.

Para pejabat AS menangkap Yicheng Zhang di Los Angeles pada Kamis, menurut dakwaan yang diumumkan di Pengadilan Distrik AS di distrik pusat Kalifornia pada hari yang sama. Daren Li, warga negara Tiongkok dan St. Kitts dan Nevis, ditangkap di bandara Atlanta pada April.

AS menuduh keduanya terlibat dalam jenis penipuan investasi mata uang kripto yang dikenal sebagai pemotongan babi atau pig butchering, yang telah menjadi industri global bernilai miliaran dolar.

Para terdakwa diduga telah menginstruksikan para konspirator untuk membuka rekening bank AS atas nama perusahaan cangkang. Para korban dibujuk secara online untuk menyetorkan uang ke rekening-rekening dana yang kemudian dicuci melalui lembaga keuangan AS ke rekening bank di Bahama.

Sementara penipuan di pasar kripto memiliki banyak bentuk dan bersembunyi di banyak tempat, pelakunya tidak berada di luar jangkauan hukum,” kata Wakil Jaksa Agung AS Lisa Monaco dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (20/5/2024).

Departemen Kehakiman AS mengungkapkan Li dan Zhang keduanya didakwa melakukan konspirasi untuk melakukan pencucian uang dan enam tuduhan pencucian uang internasional. Jika terbukti bersalah, para terdakwa menghadapi hukuman maksimal 20 tahun penjara untuk setiap dakwaan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat