uefau17.com

Perusahaan Kripto Bangkrut, Genesis Siap Bayar Denda Rp 330,4 Miliar ke SEC - Crypto

, Jakarta - Perusahaan peminjaman kripto yang bangkrut, Genesis Global Capital telah setuju untuk membayar denda perdata sebesar USD 21 juta atau setara Rp 330,4 miliar (asumsi kurs Rp 16.264 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan mereka dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

Genesis secara ilegal menjual sekuritas melalui program pinjaman kripto tanpa mendaftarkannya ke SEC. Kesepakatan itu menyelesaikan tuntutan pada Januari 2023 yang diajukan SEC terhadap Genesis dan Gemini atas program pinjaman kripto bersama mereka.

Itu adalah salah satu dari serangkaian tindakan penegakan hukum yang diambil SEC terhadap perusahaan-perusahaan besar di sektor kripto. Genesis, yang mengajukan pailit pada Januari 2023, merupakan anak perusahaan dari Digital Mata Uang Group (DCG).

“Genesis mengoperasikan program pinjaman yang mengumpulkan aset kripto senilai miliaran dolar dari investor, kata SEC,” dalam laporannya, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (22/4/2024).

Genesis sempat membekukan penukaran dana pelanggan pada November 2022, menyusul runtuhnya pertukaran kripto FTX. Melalui kesepakatan untuk menyelesaikan tuntutan yang dirinci pada Selasa, SEC mengatakan tidak akan menerima penalti apa pun sampai klaim lain diselesaikan oleh pengadilan kebangkrutan, termasuk dari investor ritel.

Saling Menggugat

Sebelumnya, Genesis dan Gemini saling menggugat pada akhir 2023. Genesis menggugat Gemini Trust Co untuk memulihkan hampir USD 690 juta atau setara Rp 10,8 triliun.

Gugatan ini menurut Genesis karena Gemini menarik diri dari Genesis pada bulan-bulan sebelum pengajuan Bab 11 perusahaan pada Januari 2023.

Genesis mengatakan dalam pengaduan di pengadilan kebangkrutan New York penarikan yang dilakukan oleh Gemini belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan kerugian besar yang merugikan kreditor pemberi pinjaman kripto lainnya.

Gugatan tersebut meningkatkan perselisihan dalam kebangkrutan antara Genesis dan Gemini, yang berkolaborasi dalam program Gemini Earn yang memungkinkan klien mengumpulkan sekitar 8 persen bunga atas kepemilikan aset digital mereka.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Platform Pinjaman Kripto Genesis Gugat Crypto Exchange Gemini Rp 10,8 Triliun

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, Genesis Global Holdco LLC, menggugat Gemini Trust Co untuk memulihkan hampir USD 690 juta atau setara Rp 10,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.567 per dolar AS). 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (23/11/2023), gugatan ini menurut Genesis karena Gemini menarik diri dari Genesis pada bulan-bulan sebelum pengajuan Bab 11 perusahaan pada Januari 2023.

Genesis mengatakan dalam pengaduan hari Selasa di pengadilan kebangkrutan New York penarikan yang dilakukan oleh Gemini belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan kerugian besar yang merugikan kreditor pemberi pinjaman kripto lainnya.

Gugatan tersebut meningkatkan perselisihan dalam kebangkrutan antara Genesis dan Gemini, yang berkolaborasi dalam program Gemini Earn yang memungkinkan klien mengumpulkan sekitar 8 persen bunga atas kepemilikan aset digital mereka. 

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Gemini menggugat Genesis dalam upaya untuk menentukan siapa yang berhak memiliki sejumlah saham di Grayscale Bitcoin Trust yang sekarang bernilai hampir USD 1,6 miliar atau setara Rp 25 triliun.

Secara umum, Bab 11 memberi perusahaan gagal seperti Genesis kemampuan untuk mendapatkan kembali dana yang telah dibayarkan pada bulan-bulan sebelum kebangkrutan meskipun penerima manfaat tidak melakukan kesalahan apa pun. 

Kekuasaan hukum tersebut dimaksudkan untuk memastikan kreditor tertentu tidak mendapatkan rejeki nomplok hanya karena mereka mampu mengeluarkan uangnya dari bisnis yang gagal sementara yang lain tidak.

Genesis mengatakan pada Selasa mereka mengajukan gugatan untuk menempatkan Gemini pada posisi yang sama dengan kreditor lainnya dan memperbaiki ketidakadilan yang berasal dari penarikan besar-besaran sebelum mengajukan kebangkrutan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat