uefau17.com

Pertukaran Kripto KuCoin Bayar ke Negara Bagian New York Rp 343,8 Miliar, Ada Apa? - Crypto

, Jakarta - Pertukaran kripto KuCoin telah mencapai penyelesaian dengan Negara Bagian New York dan setuju untuk membayar total USD 22 juta atau setara Rp 343,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.630 per dolar AS) dan menghentikan akses bagi pengguna di negara bagian tersebut. 

Tuduhan terhadap KuCoin berasal dari tuduhan bursa tersebut melanggar undang-undang sekuritas dengan menawarkan token yang dianggap memenuhi definisi hukum sekuritas. KuCoin gagal mendaftarkan penawaran ini ke kantor jaksa agung, sehingga menyebabkan tindakan hukum.

Sebagai bagian dari perjanjian, KuCoin akan mengembalikan sekitar USD 16,77 juta atau setara Rp 262,1 miliar kepada pelanggannya di New York dan membayar tambahan USD 5,3 juta atau setara Rp 82,8 miliar kepada Jaksa Agung Negara Bagian New York.

Jaksa Agung Letitia James memulai gugatan pada Maret, menandai contoh pertama di mana regulator mengklaim di pengadilan bahwa Ethereum, mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, harus diklasifikasikan sebagai sekuritas.

Menanggapi penyelesaian tersebut, CEO KuCoin Johnny Lyu mengatakan ingin memberi tahu semua tentang tindakan kepatuhan terbaru KuCoin karena telah mencapai penyelesaian dengan Jaksa Agung New York (NYAG). 

"Ini memperkuat komitmen kami terhadap operasi yang patuh," kata Lyu dalam pengumuman, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (14/12/2023).

Menurut dokumen pengadilan, KuCoin harus menghentikan akses ke layanannya dan menutup akun terkait untuk pengguna yang berlokasi di New York dalam waktu 120 hari sejak tanggal efektif perintah tersebut.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Kripto Bakal Amati Suku Bunga AS dan ETF Bitcoin pada 2024

Sebelumnya diberitakan, pasar kripto mencatatkan kinerja baik menjelang akhir 2023. Saat ini investor kripto akan memperhatikan suku bunga The Fed dan keputusan peraturan AS mengenai produk bitcoin baru.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (12/12/2023), cryptocurrency mengalami pemulihan tahun ini setelah pada 2022 yang terik di mana krisis pasar dan serangkaian skandal, termasuk runtuhnya FTX dan tuduhan penipuan terhadap CEO-nya, Sam Bankman-Fried, merusak kredibilitas industri.

Harga bitcoin, mata uang kripto terbesar dan barometer utama pasar, telah meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, mencapai level tertinggi dalam 20 bulan pada November sebesar USD 42.000 atau setara Rp 658,2 juta (asumsi kurs Rp 16.675 per dolar AS) per token. 

Pasar telah didukung oleh ekspektasi menurunnya inflasi AS akan memungkinkan bank sentral secara global untuk tidak menaikkan suku bunga lebih lanjut dan mulai melakukan pelonggaran pada tahun depan, sehingga membuat aset-aset berisiko menjadi lebih menarik. 

Langkah yang telah lama dinantikan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) juga menjadi pendorongnya.

Tema-tema tersebut, bersama dengan perkiraan halving bitcoin pada April 2024. Ini adalah sebuah proses yang mengurangi pasokan token dan akan terus berdampak positif bagi pasar tahun depan, meskipun beberapa orang memperingatkan pasar tidak mungkin untuk mengubah skala rekor tertingginya pada 2021.

3 dari 4 halaman

Bank Sentral Inggris Usulkan Peraturan Lebih Ketat untuk Stablecoin

Sebelumnya diberitakan, stablecoin telah mendapatkan daya tarik yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir karena potensinya dalam mengurangi volatilitas yang sering dikaitkan dengan mata uang kripto seperti Bitcoin.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (7/12/2023), ada kekhawatiran mengenai stabilitas dan keamanan Stablecoin telah mendorong badan pengawas di seluruh dunia untuk mempertimbangkan kembali pendirian mereka mengenai penerbitan dan pengelolaannya. 

Proposal baru Bank Sentral Inggris (BoE) mencerminkan sentimen hati-hati yang diungkapkan oleh Federal Reserve awal tahun ini ketika memperingatkan terhadap model bisnis stablecoin tertentu. 

Model yang dimaksud melibatkan stablecoin yang didukung oleh sekumpulan aset, termasuk mata uang tradisional dan sekuritas. Sedangkan pendekatan ini bertujuan untuk menjaga kestabilan nilai mata uang digital. Hal ini juga menimbulkan kompleksitas dan potensi risiko yang dianggap mengkhawatirkan oleh regulator.

Inti masalahnya terletak pada sifat stablecoin yang didukung aset ini, di mana penerbitnya memiliki cadangan aset untuk menjamin nilai stablecoin tersebut.

Proposal Bank Sentral Inggris berupaya untuk memperketat pengawasan peraturan terhadap penerbit stablecoin dengan mewajibkan persyaratan cadangan dan praktik manajemen risiko yang lebih ketat. 

Peraturan yang diusulkan akan menuntut peningkatan transparansi dari penerbit stablecoin mengenai komposisi cadangan aset mereka. BoE berpatokan terhadap mata uang tradisional tetap aman. 

Selain itu, BoE bertujuan untuk menerapkan stress test dan audit rutin untuk menilai ketahanan penerbit stablecoin terhadap fluktuasi pasar. Sementara beberapa pihak berpendapat peraturan yang diusulkan ini merupakan langkah penting untuk menjaga stabilitas keuangan.  

4 dari 4 halaman

Kreator NFT Mengaku Bersalah Terkait Kasus Penipuan, Hadapi Hukuman 5 Tahun Penjara

Sebelumnya diberitakan, pendiri koleksi Non Fungible Token (NFT ) Mutant Ape Planet, Aurelien Michel yang berusia 25 tahun, telah mengaku bersalah atas tuduhan penipuan kawat terkait kasus penipuan NFT. Michel sekarang menghadapi hukuman lima tahun penjara federal.

Dilansir dari Coinmarketcap, Senin (20/11/2023), ini merupakan hukuman pertama dalam sejarah AS soal penipuan NFT. Michel menghadapi tuduhan berkonspirasi melakukan penipuan kawat, menipu pemegang Mutant Ape NFT hampir USD 3 juta atau setara Rp 46,5 miliat (asumsi kurs Rp 15.516 per dolar AS).

Skema penipuan kawat ini melibatkan pelaksanaan "penarikan permadani", di mana pencipta menjual NFT dengan janji palsu, hanya untuk meninggalkan proyek dan melarikan diri dengan dana investor. 

Michel secara eksplisit mengakui telah menarik permadani pemegang koleksi NFT Mutant Ape Planet, dengan menyatakan komunitas tersebut telah menjadi terlalu sulit diatur. 

Penyelidik Crypto Zachxbt juga mengungkapkan dompet Aurelien Michel terlibat dalam dua penarikan permadani NFT lainnya, Fashion Ape NFT dan Crazy Camels, yang masing-masing menipu USD 1,1 juta atau setara Rp 17 miliar dan USD 1,6 juta atau setara Rp 24,8 miliar dari investor.

Michel dan setuju untuk membayar denda USD 1,4 juta atau setara Rp 21,7 miliar. Pengakuan bersalahnya menekankan komitmen pemerintah AS untuk mengatasi aktivitas penipuan di sektor aset digital yang berkembang pesat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat