uefau17.com

Mantan CEO Binance Changpeng Zhao Bakal Tetap di Amerika Serikat - Crypto

, Jakarta - Hakim Richard Jones setuju dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) kembalinya Changpeng Zhao (CZ) ke rumahnya di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan risiko penerbangan.

Melansir Cryptopotato, ditulis Minggu (10/12/2023), seorang hakim distrik Amerika Serikat telah memutuskan Changpeng Zhao (CZ), pendiri dan mantan CEO pertukaran kripto terbesar di dunia Binance, akan tetap berada di negara tersebut sampai hukumannya pada 23 Februari 2024.

Menurut dokumen resmi, Hakim Richard Jones setuju dengan pemerintah AS, kembalinya Changpeng Zhao ke rumahnya di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan risiko penerbangan karena ia tidak memiliki hubungan kuat dengan AS.

Pada 21 November 2023, CZ mengaku bersalah karena gagal mempertahankan program anti pencucian uang yang efektif di Binance.  Sebagai bagian dari penyelesaiannya dengan Departemen Kehakiman (DOJ), dia membayar denda USD 50 juta dan mengundurkan diri dari posisi CEO bursa sementara Binance menyelesaikan tuntutannya sebesar USD 4,3  miliar.

Sang maestro kripto dibebaskan dari tahanan dengan obligasi pengakuan pribadi senilai USD 175 juta, dengan persyaratan jaminan yang memastikan dia akan kembali ke AS 14 hari sebelum hukumannya.

Dia diharuskan untuk tetap di AS sampai hakim federal meninjau perintah untuk menyetujui atau menolak persyaratan jaminannya sebelum kembali ke rumahnya di UEA.

Pemerintah meminta agar CZ dipenjara di Amerika Serikat sampai dia dijatuhi hukuman karena ia menimbulkan risiko penerbangan yang besar.  Alasan usulan tersebut adalah tidak adanya perjanjian ekstradisi antara kedua negara, tawaran kewarganegaraan UEA kepada CZ, dan kekayaan serta hubungan kuatnya dengan negara Asia Barat tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menentang Mosi Pemerintah

CZ menentang mosi pemerintah karena beberapa alasan, termasuk kurangnya riwayat kriminal.  Dia juga menyebutkan bahwa dengan Binance, dia telah mengambil tanggung jawab penuh atas tindakan masa lalu melalui pengakuan dan resolusi bersalah mereka, dengan menyatakan bahwa kekayaan atau tempat tinggalnya di UEA tidak cukup untuk membuatnya berisiko melarikan diri.

Namun, Hakim Jones yakin kasus CZ tidak biasa dan memenangkan pemerintah.

"Terdakwa telah menyampaikan pembenaran yang, dalam banyak kasus, akan menyebabkan mosi pemerintah ditolak.  Namun, ciri penting dari mosi pemerintah adalah besarnya kekayaan terdakwa dan tidak adanya perjanjian ekstradisi dengan UEA,” kata hakim.

Sedangkan CZ terancam hukuman maksimal 18 bulan penjara.

 

3 dari 5 halaman

Binance US Ungkap Tak Terdampak Kasus Changpeng Zhao

Sebelumnya diberitakan, pada Selasa, 28 November 2023 anak perusahaan Binance di Amerika, Binance US mengklarifikasi mereka tidak terlibat dalam penyelesaian minggu lalu dan saat ini tidak memiliki masalah penegakan hukum dengan DOJ, FinCEN, OFAC, atau CFTC. 

Selain itu, mundurnya Changpeng Zhao (CZ), telah melepaskan posisinya sebagai ketua dewan. Pengumuman tersebut menekankan Binance US berfungsi penuh dan beroperasi secara independen dari Binance.

Pembaruan dari Binance US muncul setelah perjanjian baru-baru ini antara Binance dan Departemen Kehakiman AS. Perusahaan menggarisbawahi independensinya dan operasi terpisah dari Binance. Terlepas dari otonomi ini, CZ, mantan CEO Binance, keluar dari dewan bursa AS.

"Saat CZ bertransisi ke kehidupan setelah Binance, dia telah memutuskan untuk mundur dari perannya sebagai ketua dewan direksi kami dan mengalihkan hak suaranya melalui pengaturan proksi, di mana kepentingannya pada perusahaan adalah murni ekonomi dan dia tidak akan lagi terlibat dalam pemerintahan kita,” kata Binance US, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (29/11/2023).

Binance US, bagian dari raksasa pertukaran mata uang kripto global, menegaskan kembali dedikasinya untuk maju secara mandiri. Binance US menjelaskan perusahaan terus dipimpin oleh Norman Reed dan tim manajemen yang berpengalaman. 

“Kami memiliki modal yang besar untuk terus membangun dan mengembangkan platform kami dan melakukannya dengan kejelasan dan momentum baru, sambil mempertahankan komitmen yang mengutamakan pelanggan," ujar Binance US.

Pekan lalu, CZ mengaku melanggar Undang-Undang Kerahasiaan Bank, setuju untuk mundur sebagai CEO Binance. Richard Teng telah menjabat sebagai CEO baru Binance, yang sekarang akan menjalani pengawasan ketat oleh lembaga federal. 

 

4 dari 5 halaman

CEO Binance Changpeng Zhao Mengaku Bersalah atas Pelanggaran Pencucian Uang

Sebelumnya diberitakan, Changpeng Zhao mengaku bersalah atas pelanggaran pencucian uang. Binance, sebagai sebuah perusahaan, juga akan mengaku bersalah dan membayar denda USD 4,3 miliar atau setara Rp 66,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.515 per dolar AS).

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (22/11/2023), berita ini muncul setelah kesimpulan dari penyelidikan kriminal seputar pertukaran mata uang kripto. Investigasi berpusat pada dugaan pelanggaran peraturan dan aktivitas terlarang dalam Binance. Sekarang, akhir dari penyelidikan ini tampaknya telah mendorong terjadinya transisi kepemimpinan.

Hasil resmi penyelidikan terjadi hari ini, Bloomberg melaporkan Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengumumkan penyelesaian Binances sore harinya. Ini terjadi tepat setelah DOJ mengumumkan tindakan penegakan hukum cryptocurrency besar-besaran akan diambil hari ini juga.

Zhao juga setuju untuk membayar denda USD 50 juta atau setara Rp 775,7 miliar, dan dilarang terlibat dalam bisnis Binance hingga jangka waktu tiga tahun setelah pengawas ditunjuk untuk memastikan Binance mematuhi semua undang-undang dan keluar dari AS sebagai perusahaan yang berkelanjutan.

 

5 dari 5 halaman

Perubahan di Industri Kripto

Pengumuman pada Selasa, 21 November 2023 mewakili tindakan keras kripto yang paling terkenal sejak mantan pendiri FTX Sam Bankman-Fried ditangkap dan didakwa pada 2022 karena mencuri dari bursa kripto miliknya sendiri. Awal bulan ini juri memvonisnya karena menipu pelanggan, investor, dan pemberi pinjaman FTX.

Beberapa pendukung kripto berharap penyelesaian Binance akan memungkinkan industri untuk melewati beberapa masalah hukum baru-baru ini dan mendapatkan kembali kepercayaan lebih banyak investor setelah penurunan dramatis pada 2022 yang menghapuskan beberapa perusahaan dan menarik perhatian regulator.

Changpeng Zhao telah menjadi tokoh besar di dunia mata uang kripto, mengarahkan kenaikan pesat Binance menjadi platform pertukaran Bitcoin dan kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. Kepergiannya dari kepemimpinan Binance dapat menandai perubahan signifikan dalam industri ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat