uefau17.com

Mantan Presiden Bursa Efek New York Sebut Banyak Uang Bakal Masuk ke ETF Bitcoin - Crypto

, Jakarta - Mantan Presiden Bursa Efek New York (NYSE) Tom Farley membahas implikasi dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) kenaikan kripto berikutnya.

Hal itu disampaikan Farley dalam sebuah wawancara dengan CNBC pekan lalu. Farley optimistis, terhadap bitcoin karena semua regulator AS, termasuk SEC, telah menyatakan BTC bukanlah suatu sekuritas. Bahkan Ketua SEC Gary Gensler telah mengatakan berkali-kali dalam pandangannya semua token kripto, kecuali bitcoin, adalah sekuritas.

"Jadi mungkin ETF bitcoin akan berkembang dengan cepat, yang mungkin berdampak baik bagi industri,” kata Farley, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (30/11/2023). 

Farley menambahkan banyak uang akan masuk membanjiri industri dengan ETF bitcoin. Karena dengan ETF Bitcoin menjadi lebih mudah dan orang-orang percaya pada bitcoin. 

Mengomentari keadaan pasar kripto, Farley percaya pasar bullish sudah ada, dengan menyatakan kenaikan telah dimulai.

“Pertukaran pemenang akan dipercaya, patuh, dan mendukung serta mendukung industri aset digital,” jelas Farley. 

Pertukaran kripto miliknya, Bullish, diluncurkan pada 2021. Ini didukung oleh sejumlah investor terkemuka, termasuk Peter Thiel, Alan Howard, Louis Bacon, Richard Li, Mike Novogratz, Christian Angermayer, dan bank investasi Nomura. Pertukaran tersebut baru-baru ini mengakuisisi outlet media kripto Coindesk dalam kesepakatan tunai.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimisme ETF Bitcoin Pacu Arus Masuk Aset Terbesar sejak Akhir 2021

Sebelumnya diberitakan, antisipasi terhadap dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin spot AS telah membantu memacu arus masuk ke produk investasi aset digital selama sembilan minggu berturut-turut, pergerakan terbesar sejak pasar bullish kripto pada akhir 2021.

Produk-produk tersebut, seperti produk perwalian dan yang diperdagangkan di bursa, memperoleh arus masuk sebesar USD 346 juta atau setara Rp 5,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.420 per dolar AS) minggu lalu, dengan Kanada dan Jerman menyumbang 87 persen dari total, menurut data CoinShares.

Hanya USD 30 juta atau setara Rp 465,1 miliar yang berasal dari AS, sebuah tanda rendahnya partisipasi negara tersebut, kata perusahaan manajemen aset tersebut dalam sebuah laporan pada Senin.

Sejak awal Oktober, pasar kripto telah melonjak karena manajer aset tradisional seperti BlackRock bersiap untuk ETF Bitcoin spot, yang berpotensi mendatangkan lebih banyak investor ke dalam aset tersebut. Komisi Sekuritas dan Bursa AS harus menyetujui semua permohonan ETF Bitcoin.

“Kombinasi kenaikan harga dan arus masuk kini telah meningkatkan total aset yang dikelola menjadi USD 45,3 miliar atau setara Rp 702,3 triliun, yang tertinggi dalam lebih dari satu setengah tahun,” kata laporan Coinshares, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (30/11/2023).

Produk Bitcoin meraup USD 312 juta atau setara Rp 4,8 triliun minggu lalu, mendorong arus masuk lebih dari USD 1,5 miliar atau setara Rp 23,2 triliun sejak awal tahun. Produk Ether menghasilkan arus masuk sebesar USD 34 juta atau setara Rp 527,1 miliar minggu lalu, hampir meniadakan arus keluar sepanjang 2023.

3 dari 4 halaman

BlackRock Bertemu Pejabat SEC Bahas ETF Bitcoin Spot

Sebelumnya diberitakan, perwakilan dari Blackrock dan Nasdaq baru-baru ini terlibat dalam diskusi dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) mengenai kemungkinan pencatatan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (24/11/2023), dalam memo yang dirilis oleh SEC pada 20 November, terungkap BlackRock menyajikan dua model penebusan potensial untuk iShares Bitcoin Trust, satu melibatkan transaksi dalam bentuk barang dan yang lainnya menggunakan uang tunai.

Pertemuan ini semakin menunjukkan spekulasi SEC mungkin mendekati keputusan untuk menyetujui ETF Bitcoin spot untuk pasar AS. Namun, ketidakpastian menyelimuti tanggapan pejabat SEC dan kemungkinan persetujuan, mengingat sejarah penundaan dan penolakan di bidang ini. 

Pada periode yang sama, perwakilan dari Grayscale juga bertemu dengan pejabat SEC, karena mereka juga berupaya untuk mendaftarkan ETF Bitcoin mereka sendiri.

BlackRock adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang telah mengajukan permohonan untuk ETF kripto spot, menunggu tanggapan dari SEC. 

Pendaftar terkemuka termasuk Fidelity, WisdomTree, Invesco Galaxy, Valkyrie, VanEck, dan Bitwise. BlackRock awalnya mengajukan pendaftaran spot Bitcoin ETF di bursa saham Nasdaq pada Juni.

Hasil pertemuan ini dan potensi keputusan SEC mengenai ETF Bitcoin spot diawasi secara ketat oleh industri mata uang kripto dan investor. 

 

4 dari 4 halaman

SEC Tunda 3 Permohonan ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, pendukung Bitcoin kembali harus bersabar untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin harus bersabar karena Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sekali lagi menunda keputusan mengenai permohonan yang tertunda.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (24/11/2023), jangka waktu delapan hari baru-baru ini untuk mendapatkan persetujuan potensial telah berakhir tanpa adanya peluncuran ETF baru, sehingga mendorong SEC untuk mengumumkan peninjauan atas permohonan tersebut di tahun mendatang.

SEC telah menunda persetujuan untuk ETF Bitcoin spot dari Global X dan Franklin Templeton, serta aplikasi dari Hashdex awal pekan ini. Penundaan ini telah menjadi tema yang berulang karena SEC tetap berhati-hati dalam menyetujui ETF Bitcoin karena kekhawatiran seputar manipulasi pasar.

Antisipasi terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin telah lama dipegang oleh pengamat pasar yang percaya hal itu dapat mengakibatkan masuknya modal dalam jumlah besar dari Wall Street ke pasar mata uang kripto. 

Analis di CryptoQuant berpendapat persetujuan tersebut dapat memberikan peningkatan USD 1 triliun atau setara Rp 15.389 triliun (asumsi kurs Rp 15.389 per dolar AS) untuk Bitcoin dan aset digital lainnya.

Meskipun ada penundaan, analis dari Bloomberg Intelligence sekarang memperkirakan kemungkinan 90 persen ETF Bitcoin menerima persetujuan pada Januari 2024. 

Pertukaran mata uang kripto Coinbase telah menyatakan kesiapannya untuk merespons dengan cepat jika ETF Bitcoin disetujui, mengantisipasi peningkatan stabilitas dan likuiditas pasar, serupa dengan apa yang telah disaksikan dengan kelas aset lain seperti ETF emas.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat