uefau17.com

Drama Ketua DPR AS Dapat Ancam Peluang Kripto pada 2023 - Crypto

, Jakarta - Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) sedang berlari menuju skenario terburuk dalam perebutan ketua DPR yang baru, dan pertikaian dapat memperburuk prospek undang-undang kripto pada 2023.

Melansir Yahoo Finance, Minggu (15/10/2023), secara konvensional, pilihan yang jelas untuk dipromosikan ke peran pembicara adalah pemimpin mayoritas, dalam hal ini Rep. Steve Scalise (R-La.).

Mereka adalah kandidat yang nyaris mendapatkan nominasi dari partai tersebut, tetapi setelah kurang dari dua hari berkampanye untuk jabatan tertinggi di DPR, ia mengundurkan diri karena frustrasi, tidak mampu memenangkan hati segelintir anggota parlemen yang penolakannya dapat mengurangi kemampuannya untuk mendapatkan 217 suara yang diperlukan untuk mengambil pekerjaan tersebut.

"Kita harus membuat semua orang mengesampingkan agenda mereka dan fokus pada apa yang dibutuhkan negara ini,” kata Scalise ketika dia mengundurkan diri, seraya menambahkan beberapa anggota perlu bercermin dan bertanya pada diri sendiri apa yang mereka inginkan.  

"Apakah kita akan mengembalikannya ke jalur yang benar? Atau mereka akan mencoba menjalankan agenda mereka sendiri?," kata dia.

Langkah selanjutnya tidak jelas karena Partai Republik mencari calon baru, dan ketidakpastian dapat menyelimuti undang-undang aset digital yang diharapkan oleh anggota parlemen DPR dan pelobi kripto akan ditindaklanjuti pada November.  

Dua rancangan undang-undang yang berfokus pada kripto menunggu tindakan di DPR, satu untuk menetapkan pagar pembatas pemerintah untuk stablecoin yang diterbitkan di AS dan yang lainnya untuk membangun sistem peraturan yang luas untuk pasar kripto.

Langkah mundur Scalise meninggalkan Rep. Patrick McHenry (RN.C.) dalam peran pembicara untuk sementara, yang berarti dia tidak keberatan dengan toko di Komite Jasa Keuangan DPR, tempat dia menjadi ketuanya. Komite itulah yang melakukan tugas berat di DPR mengenai undang-undang kripto (UU kripto).  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambahan Kekacauan

Sementara itu, sejauh mana kewenangan McHenry sebagai pembicara pengganti masih belum jelas, tetapi mendorong undang-undang kripto sepertinya tidak akan menjadi prioritas utama.

Karena Scalise tetap pada pekerjaannya saat ini, Rep. Tom Emmer (R-Minn.), salah satu penggemar terbesar kripto di Kongres, tidak akan mendapatkan kekuasaan yang lebih besar dengan mengambil peran sebagai pemimpin mayoritas. Hal ini menjadikannya setidaknya untuk saat ini sebagai mayoritas, dan menduduki posisi nomor tiga dalam kepemimpinan DPR, kecuali jika pencarian ketua DPR pada akhirnya berhasil menemukan dia.

Kandidat ketua yang tersisa adalah Rep. Jim Jordan (R-Ohio), ketua Komite Kehakiman DPR dan favorit mantan Presiden Donald Trump. Tapi dia sudah gagal mendapatkan mayoritas anggota Partai Republik untuk mendukungnya dalam pemungutan suara internal untuk mencalonkan ketua partai minggu ini.

Pengunduran diri Scalise "menimbulkan kekacauan tambahan yang tidak diperlukan dalam pemilihan ketua DPR dan membuat para anggotanya mempertanyakan apakah ada yang bisa mencapai angka ajaib 217," menurut analisis Jumat dari Beacon Policy Advisors di Washington.

 

3 dari 4 halaman

Komite Inggris Serukan Aturan NFT Lebih Ketat

Sebelumnya diberitakan, sebuah komite Inggris yang terdiri dari anggota dari berbagai partai politik telah mendesak pemerintah untuk berkolaborasi dengan pasar Non Fungible Token (NFT) mengenai pelanggaran hak cipta dan praktik perlindungan konsumen.

"Kami merekomendasikan agar Pemerintah terlibat dengan pasar NFT untuk mengatasi skala pelanggaran dan memungkinkan pemegang hak cipta untuk menegakkan hak-hak mereka,” kata kelompok Komite tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (12/10/2023). 

Laporan tersebut juga merekomendasikan kode etik yang melindungi konsumen dan pencipta dari materi penipuan yang dijual di platform NFT. Komite lebih lanjut mendesak pemerintah untuk mengatasi prevalensi iklan yang menyesatkan dan menipu di bidang NFT. 

Komite menambahkan peraturan sepak bola di masa depan harus secara eksplisit mengecualikan penggunaan token penggemar, mengutip kekhawatiran tentang volatilitas harga dan sifat pendapatan kripto yang tidak berisiko untuk klub olahraga.

Indeks Forkast 500 NFT turun lebih dari 54 persen year-to-date di tengah pasar bearish yang sedang berlangsung, karena koleksi blue-chip Bored Ape Yacht Club kehilangan lebih dari 80 persen harga dasar dari harga puncaknya.

Penurunan Harga NFT

Penelitian terbaru mengungkap kenyataan yang mengejutkan. Sebagian besar NFT diperdagangkan dengan kapitalisasi pasar nol Ethereum (ETH), menjadikannya tidak berharga. 

Laporan terbaru dari spesialis dalam kripto dan blockchain, Vlad Hategan mengungkapkan yang terakhir menjadi fondasi teknologi NFT dibangun.Laporan tersebut, yang diperoleh dari analisis ekstensif terhadap lebih dari 73.000 koleksi NFT, mengungkap narasi serius yang sangat kontras dengan kisah kesepakatan jutaan dolar dan kesuksesan dalam semalam.

 

4 dari 4 halaman

Pelanggan FTX Ungkap Masih Terdampak Bangkrutnya Pertukaran Kripto

Sebelumnya diberitakan, salah satu pelanggan pertukaran kripto FTX, Lee Rees mengungkapkan masih terdampak dari bangkrutnya FTX. Ketika FTX runtuh tahun lalu, Rees kehilangan USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.661 per dolar AS), ini setengah pendapatan tahunannya.

Jaksa memanggil beberapa pelanggan FTX untuk bersaksi dalam persidangan pendiri FTX dan mantan CEO Sam Bankman-Fried. Mereka diberi tahu aset mereka aman, dan untuk menceritakan bagaimana keruntuhan FTX berdampak pada mereka.

"Itu mempengaruhi hidup saya. Saya punya nyawa yang harus dibayar. Seperti bosmu tidak membayarmu. Kamu tidak bisa hidup, bukan?” kata Rees dalam kesaksiannya di pengadilan dikutip dari Yahoo Finance, Senin (9/10/2023). 

Sam Bankman-Fried dituduh menggelapkan USD 10 miliar atau setara Rp 156,6 triliun dari pelanggan yang tidak menaruh curiga untuk menopang dana lindung nilai Alameda Research. 

Bankman-Fried juga terungkap dalam persidangannya di New York minggu ini, dirinya membeli properti mewah, dan mendanai sumbangan politik menggunakan dana pengguna. 

Dampak Pada Pasar Kripto

Industri kripto tumbuh pesat selama 2020 dan 2021, tetapi pada 2022 harga token anjlok karena suku bunga naik dan investor memindahkan uang mereka ke tempat lain, sehingga memicu serangkaian keruntuhan.

Saat ini, kripto senilai sekitar USD 30 miliar atau setara RP 469,8 triliun hingga USD 35 miliar atau setara Rp 548,1 triliun terkunci dalam kebangkrutan mata uang kripto, dengan sekitar 15 juta orang terkena dampaknya, menurut Xclaim. Ada sekitar USD 16 miliar atau setara Rp 250,5 triliun kripto yang terjebak di FTX ketika runtuh, menurut Xclaim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat