uefau17.com

Polisi Hong Kong Tangkap Influencer Kripto Terkait Kasus Penipuan - Crypto

, Jakarta - Pihak berwenang Hong Kong menangkap enam orang sehubungan dengan pertukaran kripto JPEX, termasuk influencer kripto Joseph Lam (Lin Zuo) dan Chan Wing-yee. Empat pria dan dua wanita telah ditangkap, setelah polisi Hong Kong menerima lebih dari 1.400 panggilan yang mengadu tentang penipuan di JPEX.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (21/9/2023), polisi Hong Kong dilaporkan menangkap Lam, yang juga dikenal sebagai "jolamchok" di Instagram, dan menggerebek kantornya, menyita kotak barang bukti, termasuk kantong plastik berisi uang tunai.

Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong (SFC) baru-baru ini menerbitkan pernyataan yang menuduh JPEX secara aktif mempromosikan layanan dan produknya kepada penduduk Hong Kong melalui influencer online dan penukaran uang yang dijual bebas.

Lam dilaporkan telah memperkenalkan "skema" kripto ke grup obrolan investasi mata uang kripto, mendorong salah satu tersangka korban, Nona Chen, untuk menginvestasikan USD 12.800 atau setara Rp 196,8 juta (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) dalam mata uang kripto.

JPEX menyalahkan krisis likuiditas pada regulator dan pembuat pasar pihak ketiga. Pertukaran tersebut mengurangi batas penarikan menjadi USD 1.000 atau setara Rp 15,3 juta dan menaikkan biaya pemrosesan menjadi USD 975 atau setara Rp 14,9 juta.

Perusahaan mengklaim akan memulihkan likuiditas dan menyesuaikan biaya penarikan kembali ke tingkat normal. Penangkapan Lam dan penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap JPEX telah memicu perhatian luas.

Hanya Ada 2 Platform Kripto Terdaftar di Hong Kong

Saat ini, hanya ada dua platform berlisensi di Hong Kong. Meskipun platform perdagangan aset digital tidak ilegal, JPEX tidak ada dalam daftar berlisensi dan pelanggan tidak dilindungi.

SFC telah mengumumkan mereka akan mengingatkan investor tentang platform perdagangan tidak berlisensi dan iklan mereka di masa depan, dan investor juga harus memeriksa daftar platform perdagangan berlisensi SFC sebelum melakukan investasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cuma dalam Sepekan, Dana Keluar di Aset Kripto Capai Rp 830,6 Miliar

Sebelumnya, meskipun ada sentimen kemenangan perusahaan kripto melawan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan pengajuan ETF Bitcoin baru, investor telah menarik hampir setengah miliar dolar dari produk mata uang kripto selama sembilan minggu terakhir.

Pasar kripto mengalami arus keluar sebesar USD 54 juta atau setara Rp 830,6 miliar (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) minggu lalu, menjadikannya aksi jual minggu kelima berturut-turut, menurut laporan baru oleh CoinShares. Bitcoin mencakup 85 persen arus keluar, mencapai USD 45 juta atau setara Rp 692,1 miliar.

Kepala strategi pasar di Miller Tabak + Co, Matt Maley mengatakan banyak investor khawatir pasar kripto telah melihat kabar baik dalam beberapa bulan terakhir dan hal itu tidak membantu Bitcoin dan lainnya untuk menguat sama sekali.

“Minggu lalu, Bitcoin memperoleh kenaikan mingguan pertama sejak Agustus setelah penurunan empat minggu, naik sekitar 2 persen pada minggu sebelumnya. Keuntungan mingguan terjadi ketika Bitcoin membangun kembali korelasinya dengan saham-saham teknologi. Bitcoin naik sebanyak 3,7 persen pada Senin,” jelas Maley, dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (19/9/2023).

Ethereum melihat arus keluar sebesar USD 4,8 juta atau setara Rp 73,7 miliar pada minggu lalu, meskipun fundamental investasi tampaknya menarik dan permintaan yang tinggi untuk hasil taruhannya. Koin alternatif seperti Binance dan Polygon mengalami arus keluar kecil masing-masing sebesar USD 300.000 atau setara Rp 4,6 miliar.

“Ketika investor institusi mencari kelas aset yang akan membantu mereka dalam hal kinerja dalam tiga atau empat bulan terakhir tahun ini, mereka tidak lagi melihat cryptocurrency,” pungkas Maley.

3 dari 5 halaman

HSBC London Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Kripto Fireblocks

Sebelumnya, Bank HSBC yang berbasis di London, bekerja sama dengan perusahaan teknologi penyimpanan mata uang kripto Fireblocks. Fireblocks berspesialisasi dalam teknologi penyimpanan mata uang kripto seperti komputasi multi-pihak (MPC) dan memiliki pengalaman bekerja dengan bank-bank besar.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (13/9/2023), pada awal 2021, Fireblocks menjadi penyedia teknologi hak asuh pilihan untuk BNY Mellon, dan juga bekerja sama dengan BNP Paribas. 

Antusiasme bank-bank besar terhadap kripto telah diredam oleh ketidakpastian peraturan seputar aset digital. Hal ini terutama disebabkan oleh situasi di AS, di mana regulator berselisih dengan perusahaan kripto di pengadilan.

Kurangnya kejelasan ini memungkinkan lembaga-lembaga keuangan di negara-negara seperti Eropa dan Asia lebih unggul dibandingkan lembaga-lembaga keuangan di Amerika.

HSBC, yang memiliki aset sekitar USD 3 triliun atau setara Rp 46.074 triliun (asumsi kurs Rp 15.358 per dolar AS), memungkinkan pelanggan cabangnya di Hong Kong memperdagangkan dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (BTC) dan ether (ETH).

Namun, bank tetap berhati-hati terhadap kripto, setidaknya secara publik. Pada Juli lalu, Hang Seng Bank milik HSBC, juga di Hong Kong, mengatakan meskipun perusahaan kripto berlisensi dapat membuka rekening bank, mereka hanya bisa mendapatkan rekening yang sederhana.

 

4 dari 5 halaman

Pertama di Dunia, El Salvador akan Masukkan Bitcoin ke Kurikulum Sekolah

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan di El Salvador bermitra dengan Mi Primer Bitcoin (MPB), sebuah organisasi pendidikan nirlaba, untuk menjadikan konten terkait Bitcoin sebagai bagian dari kurikulum sekolah di negara tersebut. 

Program percontohan ini akan melatih 150 guru untuk memberikan pendidikan Bitcoin, membawa program ini ke 75 sekolah negeri. Percontohan untuk membawa kursus Bitcoin ke setiap sekolah di negara tersebut direncanakan pada 2024. 

Dalam wawancara baru-baru ini pendiri MPB, John Dennehy membenarkan keterlibatan organisasi tersebut dalam inisiatif bersama ini.

“Bagian pertama dari proses ini dimulai pada tanggal 7 September dengan 150 guru dari 75 sekolah negeri diajari konten dasar terkait Bitcoin, dibantu oleh orang-orang dari Bitcoin Beach, proyek Bitcoin lainnya. Para guru ini akan kembali ke sekolah dan siap memberikan kursus Bitcoin kepada murid-muridnya,” kata Dennehy, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (8/9/2023).

Dennehy menyatakan, jika uji coba ini berhasil, program ini akan diperluas ke seluruh sekolah di El Salvador pada tahun depan. Mengenai dampak penyebaran pengetahuan Bitcoin di sekolah.

 

 

5 dari 5 halaman

Pertama El Salvador, Lalu Dunia

Tujuan pengajaran tentang Bitcoin dan manfaatnya bagi mereka yang tidak mempunyai rekening bank dan kurang terlayani tidak hanya terbatas pada El Salvador, pemerintah pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. 

Dennehy menunjukkan meskipun proyek MPB dimulai di El Salvador, tujuannya adalah untuk memperluas jangkauannya ke negara-negara lain. 

“El Salvador memimpin dalam pendidikan Bitcoin publik, dan kami berharap negara-negara lain akan mengikuti. Dunia sedang menyaksikan,” jelas Dennehy.

Diperkirakan MPB telah membantu 25.000 siswa mempelajari kisah Bitcoin dan cara melakukan transaksi dasar dengan dompet. Dennehy juga mengungkapkan MPB sedang dalam pembicaraan untuk membawa pengalaman mengajar Bitcoin ke dua negara lain yang dirahasiakan.

Salah satunya adalah Uruguay, ketika organisasi tersebut mengumumkan dimulainya pendaftaran gratis untuk kursus mendatang. Selain itu, Cuba Bitcoin, komunitas Bitcoin di Kuba, baru-baru ini memposting mereka sedang mempersiapkan kursus MPB edisi pertama di Kuba, dengan ketersediaan terbatas.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat