uefau17.com

Menyibak Peluang Pasar Kripto di Tengah Keruntuhan Evergrande - Crypto

, Jakarta Ketika pengembang properti Tiongkok, Evergrande Group mengajukan kebangkrutan di Amerika Serikat, banyak yang khawatir tentang dampak hal ini terhadap ekonomi global dan mata uang kripto.

Meski keruntuhan Evergrande mungkin akan berdampak buruk pada token dan koin lain yang sudah rentan, namun peningkatan volatilitas kripto bisa menjadi celah cuan bagi investor.

Runtuhnya pemain keuangan besar seperti Evergrande dapat menimbulkan ketidakpastian dan volatilitas di semua kelas aset, termasuk mata uang kripto.

Tidak dapat disangkal bahwa pasar kripto sangat fluktuatif. Dengan kata lain, pukulan sekecil apapun terhadap status quo dapat menyebabkan harga mata uang kripto terbesar sekalipun jatuh atau meroket.

Melansir Cointelegraph, Selasa (29/8/2023), Analis melaporkan bahwa penurunan pasar kripto bukanlah masalah besar.

Namun, investor masih terburu-buru untuk melikuidasi dana kripto mereka. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kekhawatiran krisis Tiongkok akan mengganggu keseimbangan keuangan terbesar di dunia.

Evergrande, salah satu raksasa real estat Tiongkok baru saja mengajukan kebangkrutan Bab 15. Sementara itu, indeks real estat HY Tiongkok turun drastis sebesar 82 persen hanya dalam waktu 2 tahun. Hal ini menempatkan indeks kembali turun ke level tahun 2008.

Pada situasi ini, investor dapat beralih ke mata uang kripto sebagai lindung nilai terhadap pasar tradisional atau menjual aset kripto untuk menutupi kerugian di tempat lain.

Selain itu, volatilitas dimanfaatkan oleh trader profesional untuk membukukan keuntungan dengan melakukan aksi jual selama pemulihan dan membeli saat harga turun.

Oleh karena itu, para penambang Bitcoin tetap mempertahankan dana mereka meskipun penambangan mata uang kripto semakin sulit dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berdampak Besar

Evergrande adalah perusahaan Tiongkok, keruntuhannya dapat berdampak spesifik pada pasar kripto di Tiongkok.

Implikasi ini berasal dari kekhawatiran terhadap kepemilikan Tether dan bahwa kripto rentan terhadap penurunan di pasar yang lebih luas.

Mengingat hubungan Tiongkok yang kompleks dengan mata uang kripto, ketidakstabilan keuangan apapun dapat menyebabkan perubahan peraturan yang berdampak pada adopsi atau perdagangan kripto di negara tersebut.

Jelas sekali bahwa tantangan Evergrande adalah bagian dari serangkaian masalah yang jauh lebih besar dalam penjualan ekuitas Tiongkok di pasar global.

Tiongkok adalah salah satu negara dengan perekonomian terkemuka di dunia, dan Evergrande adalah salah satu perusahaan terbesar dalam perekonomian Tiongkok.

Oleh karena itu, dampak buruknya telah menimbulkan implikasi makro ekonomi yang signifikan. Jika krisis ekonomi yang lebih luas belum terjadi, mata uang kripto bisa mendapatkan keuntungan sebagai aset “safe haven”. Karena terbatasnya pasokan dan kurangnya ketergantungan pada pemerintah nasional, aset kripto dapat menjadi kunci di saat krisis.

 

3 dari 3 halaman

Kelahiran Bitcoin

Selain itu, harga mata uang kripto tampaknya tidak terlalu terpengaruh oleh elemen makro ekonomi dibandingkan harga aset keuangan tradisional lain. Paradoksnya, krisis keuangan sering menyebabkan peningkatan inovasi dan adopsi sistem keuangan alternatif.

Dengan kata lain, di saat-saat seperti ini, para pemimpin dan pengembang didorong untuk terlibat dalam pemikiran out-the-box dan merancang solusi yang efektif dan unik.

Bitcoin, misalnya, lahir setelah krisis, dan pasar kripto dikembangkan sebagai alternatif dari perekonomian tradisional.

Oleh karena itu, runtuhnya Evergrande bisa menjadi peluang bagi pasar kripto. Runtuhnya struktur tradisional ini dan mendorong pemisahan antara ekonomi tradisional dan kripto dapat mempercepat minat terhadap solusi keuangan terdesentralisasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat