uefau17.com

7 Jenis Olahraga Ringan, Rahasia Wajah Awet Muda dan Tubuh Bugar - Citizen6

, Jakarta Seiring bertambahnya usia, tubuh cenderung merasa lebih cepat lelah. Oleh karena itu, gaya hidup dan pola makan harus diperhatikan dengan serius agar tubuh tetap bugar.

Semakin bertambah usia, tubuh akan merasa lebih sulit saat berolahraga. Namun, ada beberapa jenis olahraga ringan yang layak ditambahkan ke rutinitas harian. Olahraga-olahraga ini menjamin dampak positif bagi kesehatan tubuh di masa depan, termasuk menjaga wajah tetap awet muda dan tubuh tetap bugar.

Berikut adalah 7 jenis olahraga ringan yang bisa membuat wajah awet muda dan tubuh tetap bugar, dirangkum pada (31/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Lari

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga wajah tetap muda dan tubuh tetap bugar adalah lari. Menghirup udara segar di pagi hari sambil melatih otot dan tulang akan membuat tubuh terasa lebih segar, kuat, dan bertenaga.

Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh. Hal ini akan mendorong produksi sel-sel baru yang membuat kulit tampak lebih muda.

Berlari juga dapat melindungi telomer, lapisan urutan DNA di ujung kromosom yang menipis seiring bertambahnya usia. Dengan berlari, seseorang akan lebih jarang terkena penyakit dan peradangan.

3 dari 13 halaman

2. Berenang

Olahraga ringan berikutnya adalah berenang. Aktivitas ini tidak hanya melatih seluruh tubuh, tetapi juga dapat membantu meredakan nyeri dan radang sendi. Manfaat lain dari berenang termasuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental. Ketika pikiran segar dan tubuh terasa lentur, wajah akan terlihat lebih muda dan tubuh menjadi lebih bugar.

4 dari 13 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda membantu tubuh menjaga massa dan kekuatan otot meskipun usia bertambah, sehingga bisa menghambat efek penuaan pada wajah dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, bersepeda sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Aktivitas fisik yang ringan ini juga dapat mengurangi stres berlebihan, yang pada akhirnya membuat tubuh lebih segar.

5 dari 13 halaman

4. Jogging (Berjalan Kaki)

Sebagai salah satu bentuk olahraga yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh semua kalangan, berjalan kaki bisa membantu menjaga kekuatan tulang serta mengontrol tekanan darah.

Selain itu, berjalan kaki juga bisa menjadi alternatif olahraga untuk menurunkan berat badan, asalkan dilakukan dengan rutin.

6 dari 13 halaman

5. Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates adalah bentuk olahraga yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan postur tubuh, terutama seiring bertambahnya usia. Kedua jenis olahraga ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan dan dapat menjadi aktivitas yang menenangkan untuk mengurangi stres.

Dengan menekankan pernapasan dalam, tubuh akan terasa lebih rileks dan beban pikiran yang dapat mempercepat penuaan juga akan berkurang.

7 dari 13 halaman

6. Zumba

Zumba bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak kanan dan kiri, karena olahraga ini bergantung pada koordinasi gerakan tubuh yang memaksa kedua sisi otak untuk bekerja sama. Dengan demikian, zumba dapat meningkatkan fungsi otak sambil membakar kalori. Selain itu, aktivitas fisik yang ringan ini juga menyenangkan, sehingga bisa membuat tubuh merasa lebih muda.

8 dari 13 halaman

Squat

Squat merupakan jenis latihan ringan yang dapat melibatkan seluruh tubuh, terutama fokus pada bagian paha belakang, pinggul, bokong, dan paha depan. Selain itu, latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Squat juga memiliki potensi untuk mengurangi efek penuaan dengan cara meningkatkan kepadatan tulang.

9 dari 13 halaman

Agar Awet Muda Tidur Jam Berapa?

Cara agar tetap awet muda adalah dengan tidur yang cukup, yaitu antara 7-9 jam setiap hari. Ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

 

10 dari 13 halaman

Apakah Olahraga di Malam Hari Itu Baik?

Olahraga di malam hari dianggap baik karena fluktuasi hormon dan suhu inti tubuh yang dapat memaksimalkan kekuatan otot. Baik dilakukan di pagi maupun malam hari, olahraga tetap bermanfaat untuk kesehatan.

11 dari 13 halaman

Olahraga yang Baik Itu Jam Berapa?

Menurut Listya, waktu terbaik untuk olahraga berat adalah antara jam 2 siang hingga 6 sore, karena olahraga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan yang membuat kita tetap semangat.

12 dari 13 halaman

Bagaimana Cara Agar Tubuh Selalu Bugar?

  • Pilih jenis makanan dan porsi sehat
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Jadwalkan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur
  • Perhatikan jumlah kalori yang dimakan
  • Hindari perut kosong sebelum beraktivitas.
13 dari 13 halaman

Olahraga Apa yang Bisa Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar?

Olahraga seperti jogging, bersepeda, yoga, naik turun tangga, atau stretching dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat