uefau17.com

Ide Potongan Rambut Undercut Untuk Rambut Keriting - Citizen6

, Jakarta Merawat rambut keriting memang susah-susah gampang. Bagi beberapa orang, rambut keriting dianggap sebagai masalah karena sulit diatur, namun bagi sebagian orang lainnya, rambut keriting justru memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi untuk potongan rambut, undercut untuk rambut keriting banyak menjadi pilihan. 

Ya, dari sekian banyak eksperimen potongan rambut, undercut untuk rambut keriting adalah salah satu solusi untuk memberikan tampilan terbaik. Apalagi sekarang, potongan tersebut bahkan jadi idola untuk kaum milenial dan gen Z. Jenis potongannya memang undercut, tapi juga nggak melulu diaplikasikan untuk rambut keriting, rambut lurus pun juga bisa. 

Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai ide potongan undercut untuk rambut keriting, ada baiknya kita bahas dulu hal lain yang juga nggak kalah penting. Simak berikut ini ya!

Buat kamu pemilik rambut keriting, mungkin pernah merasa bingung, gimana caranya untuk menata rambut, biar terlihat lebih menarik. Sebelum kamu memutuskan buat menata rambut keriting, ada baiknya ketahui mengenai rambut keriting. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Kenapa Rambut Bisa Keriting?

Kamu pasti tahu kenapa setiap orang punya jenis rambut yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu keluarga pun, kamu dan saudara kandungmu yang lain juga punya jenis rambut berbeda. 

Alasan utama kenapa rambut bisa keriting karena genentik yang turun dari ayah atau ibu. Baik lurus atau keriting, semua rambut memiliki dua komponen utama, yaitu folikel dan batang rambut. 

Batang rambut adalah untaian yang terlihat di kepala. Sementara folikel adalah bagian yang ada dalam kulit kepala atau lapisan dermis. Keduanya sama-sama menentukan bentuk rambut secara keseluruhan. 

Penata rambut Vernon François seperti dikutip laman Allure menjelaskan kalau jenis keriting setiap orang, ditentukan oleh bentuk folikel rambut yang jadi tempat tumbuhnya rambut dari kulit kepala. Yup, ini adalah penentu utama tekstur rambut. Semakin datar atau oval bentuk folikel, maka akan semakin keriting, makin melingkar penampangnya, atau sebaliknya justru semakin lurus. 

"Pola rambut keriting itu juga ditentukan oleh bentuk helaian rambut, apakah terlihat kusut, bergelombang atau berbentuk menyerupai spiral," kata François.

Kebanyakan orang, François melanjutkan, dengan rambut bertekstur memiliki lebih dari satu jenis pola di kepalanya. Jadi, sangat mungkin jika kamu memiliki rambut bergelombang di satu sisi kepala dan rambut keriting di sisi lainnya. Nah, cara paling mudah mengidentifikasi bentuk dan pola rambut keriting, yaitu ketika dalam keadaan basah. 

3 dari 13 halaman

Jenis atau Tipe Rambut

Memahami jenis rambut keriting adalah langkah penting dalam menentukan perawatan dan style terbaik untuk rambutmu di kemudian hari. Maka dari itu, sebelum kamu lakukan styling rambut dengan potongan yang cocok untuk rambut keriting, cari tahu dulu beberapa jenis rambut. 

Dalam Buku Tips Seputar Kecantikan: Merawat Kesehatan Rambut yang ditulis Vanesa Adisa disebutkan kalau ada empat tipe atau jenis rambut, yaitu: 

  • Tipe 1 yang merupakan jenis rambut lurus dan nggak memiliki ikal alami sama sekali. Walau masing-masing helai rambutnya memiliki tingkat kehalusan dan ketebalan yang berbeda, tapi semua helai rambut lurus akan jatuh tanpa adanya gelombang, mulai dari akar hingga ujung rambut. 
  • Tipe 2 adalah jenis rambut bergelombang yang dibagi menjadi tiga, yaitu Tipe Rambut 2A yang memiliki rambut lurus di akar rambut hingga sekitar mata, kemudian mulai dari bawah mata hingga ke ujung rambut biasanya bergelombang. Tipe Rambut 2B yang mirip dengan 2A namun  pembedanya terletak pada gelombang rambut, yaitu pada bagian tengah rambut masih lurus, lalu setelahnya terdapat gelombang yang lebih rapat dan beraturan seperti huruf S. Tipe Rambut 2C yang gelombangnya terlihat lebih rapat dan jelas. Pola gelombangnya terlihat mulai dari akar hingga ujung rambut dan biasanya lebih tebal dan rentan kusut saat cuaca sedang lembab
  • Tipe Rambut Ikal (Tipe 3) yang dibagi menjadi tiga, yaitu Tipe Rambut 3A adalah jenis rambut ikal yang memiliki bentuk menyerupai spiral longgar, dengan lingkar kira-kira seukuran batang lilin yang besar. Tipe Rambut 3B yang memiliki keikalan berbentuk spiral dengan diameter lingkarnya seukuran highlighter. Jenis ikalnya dimulai dari akar hingga ujung rambut dan volumenya cukup tebal. Tipe Rambut 3C yang memiliki jenis rambut ikal cukup tegas, kencang, dan diameter lingkarnya sebesar sedotan.
  • Tipe Rambut Keriting (Tipe 4) yang dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu Tipe Rambut 4A yang memiliki pola keriting rapat dan kecil, kira-kira sebesar lingkaran sumpit. Tipe Rambut 4B yang memiliki pola keriting berbentuk zig-zag atau huruf Z yang kecil. Tipe Rambut 4C adalah rambut yang memiliki pola keriting paling rapat dan biasa dikenal dengan sebutan rambut coily atau afro. 
4 dari 13 halaman

Potongan yang Cocok Untuk Rambut Keriting

Buat kamu, para pemilik rambut keriting, pernahkah merasa kurang cocok dengan potongan rambut di salon biasa? Yup, ketika kamu ke salon biasa yang bukan spesialis rambut keriting, ada baiknya kamu meminta capster-nya untuk nggak memotong rambutmu menggunakan gunting penipis, kecuali kamu ingin tampilan yang bertekstur atau berombak. 

Tapi ada satu tipe potongan buat rambut keriting yang lagi tren, yaitu undercut. Ini adalah gaya atau model rambut yang memisahkan bagian atas rambut, dengan bagian samping dan bagian bawah. Umumnya, undercut membuat rambut bagian atas lebih panjang dan tebal, dibandingkan dengan rambut bagian samping atau belakang. 

Biar lebih jelas, yuk simak beberapa rekomendasi model rambut undercut untuk rambut keriting, bisa juga untuk diaplikasikan untuk undercut keriting pria berikut ini: 

5 dari 13 halaman

Long Curly Undercut

Ini adalah salah satu jenis undercut untuk rambut ikal tipe rambut 2A dan 2B. dengan potongan rambut bergelombang panjang akan terlihat lebih memukau. Pastikan potongan rambut bagian depan mencapai bagian hidung. 

6 dari 13 halaman

Short Curly Undercut

Jika kamu ingin memiliki potongan undercut untuk rambut keriting, bisa coba shortly curly undercut. Gaya potongan ini membuatmu terlihat lebih manly. 

7 dari 13 halaman

Curly Undercut Fade

Jika kamu memiliki rambut tipe 3 bisa coba model rambut ini. Model potongan rambutnya lebih berani, di mana di bagian atasnya dibiarkan lebih natural, dan bagian sampingnya dipotong sangat tipis. 

8 dari 13 halaman

Dyed Curly Hair Undercut

Undercut keriting pria yang satu ini, juga bisa kamu coba! Potongan rambut ini dapat mempertegas struktur rambut keriting. Yup, kamu bisa mewarnai bagian atas rambut untuk menciptakan kesan yang lebih stylish. 

9 dari 13 halaman

Curly Undercut with Man Bun

Buat kamu yang hobi memiliki rambut panjang tapi tetap ingin terlihat kece, bisa coba potongan rambut ini. Soalnya jenis potongan undercut untuk rambut keriting ini, akan membuat rambut terlihat lebih rapi karena yang dipotong hanya di bagian samping. sementara di bagian atasnya bisa disesuaikan. Ini adalah salah satu jenis potongan rambut yang paling bergaya. 

10 dari 13 halaman

Curly Undercut For Thick Hair

Undercut keriting untuk rambut tebal adalah potongan yang bisa mencegah rambutmu nggak gampang kusut. Jenis potongan ini dilakukan dengan teknik fading di bagian samping, untuk mendapatkan keseimbangan potongan. 

11 dari 13 halaman

Undercut For Boys

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau gaya rambut pompadour memang nggak pernah ketinggalan zaman. Coba kamu bayangkan jika dipadukan dengan undercut untuk rambut keriting, pastinya bakal memberikan tampilan yang mempesona. 

12 dari 13 halaman

Curly Hair With Surgical Line

Jika kamu ingin potongan yang memperlihatkan ketebalan rambut, cobalah potongan undercut keriting pria ini. Aksen garis bedah ini memberikan kesan rapi dan teratur. 

13 dari 13 halaman

Undercut Design

Jika sebelumnya hanya guratan satu garis saja, nah buat kamu para pemilik rambut tipe 4, bisa tampil menawan dengan potongan rambut ini. Bagian samping kepala dipangkas dengan desain yang lebih eksentrik.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat