uefau17.com

Tak Selalu Buruk, Ternyata Berbohong Juga Baik Bagi Kehidupan - Citizen6

, Jakarta - Sejak kecil, kita tentu diajarkan dan percaya kalau berbohong adalah sebuah dosa besar. Di mana karena berbohong kita bisa kehilangan teman, peluang, dan membuat kita tidak dapat dipercaya lagi oleh orang-orang sekitar. 

Namun, meskipun kita seringkali diberitahukan bahwa tidak ada gunanya berbohong dan punya banyak efek negatif, tapi sebenarnya hal tersebut tidak selalu begitu, lho. Dalam beberapa kasus contohnya, berbohong justru memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada Anda harus berkata jujur.

Sebab, faktanya berbohong lebih dari sekedar cara untuk keluar dari situasi canggung atau menjadikan diri kita penting. Di mana berdasarkan informasi dari Best Life, Senin (15/4/2024), penelitian menunjukkan bahwa belajar berbohong sebenarnya merupakan tonggak perkembangan yang penting.

Jadi, sebelum Anda memutuskan bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik, cari tahu mengapa berbohong itu baik bagi Anda. Ya, ternyata ada manfaat berbohong yang bisa didapatkan, antara lain:

1. Membuat Anda Lebih Produktif

Beberapa kebohongan kecil di kantor bukanlah akhir dari dunia. Faktanya, mereka bahkan dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Contohnya seperti memberitahu atasan bahwa Anda mengerjakan proyek sesuai jadwalnya, padahal sebenarnya Anda mengerjakan jadwal yang lebih sesuai untuk Anda. Hal ini sebenarnya dapat membantu Anda menenangkan kekuasaan sekaligus memungkinkan Anda memprioritaskan pekerjaan Anda.

Sebab, yang mengetahui keterampilan dan kebutuhan terhadap pekerjaan yang ditanggung adalah diri Anda sendiri. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Sebuah Hubungan

Meskipun kebohongan secara terang-terangan tentang kesetiaan, uang, atau masalah besar lainnya dapat merusak hubungan, beberapa kebohongan yang tidak dilakukan sebenarnya dapat memperbaiki hubungan Anda dalam jangka panjang.

Dengan menjaga kerahasiaan hubungan sebelumnya atau menjaga sedikit misteri akan membantu menjaga hubungan Anda agar tidak stagnan. 

3. Meredakan Stres dalam Mengasuh Anak

Tanyakan kepada orang tua mana pun dan mereka akan memberi tahu Anda: merawat anak bukanlah hal yang mudah. Siapa orang tua yang setuju dengan hal ini?

Beberapa kebohongan kecil tentang apakah Anda punya cukup uang di dompet untuk membeli mainan itu atau jam buka toko es krim setempat dapat membantu menjaga keadaan tetap damai.

3 dari 4 halaman

4. Membuat Anda Menjadi Teman yang Lebih Baik

Berbohong bukan hanya sekedar menceritakan dongeng. Kebohongan karena kelalaian sebenarnya dapat meningkatkan persahabatan Anda.

Jika teman Anda telah bekerja keras melakukan diet selama setahun tetapi Anda tidak bisa melihat hasilnya, memberi tahu dia bahwa dia terlihat mengalami perubahan akan tetap membuatnya merasa senang. Terkadang, bersikap baik lebih baik daripada jujur sepenuhnya. 

5. Memperbaiki Mood Anda

Meskipun tampaknya berbohong akan membuat Anda merasa tidak enak, tapi yang terjadi mungkin justru sebaliknya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi mungkin lebih realistis dibandingkan orang yang tidak mengalami depresi karena pandangan dunia mereka yang terlalu realistis. Ternyata obat untuk kesedihan itu mungkin adalah sedikit khayalan diri.

4 dari 4 halaman

6. Membantu Tetap Pada Jalur Menuju Tujuan Anda

Sangat mudah untuk merasa kalah ketika Anda berusaha mencapai suatu tujuan tetapi merasa gagal. Untungnya, sedikit khayalan pada diri sendiri, apakah Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa 10 menit Anda di gym adalah upaya yang hebat.

Contoh lainnya seperti dengan mulai menabung untuk hari esok daripada sepuluh tahun yang lalu adalah hal yang sama baiknya, dapat membantu Anda tetap pada jalurnya alih-alih membuat Anda merasa tidak ada pilihan selain menyerah. 

7. Mengasah Keterampilan Negosiasi

Ingin membayar di bawah harga pasaran untuk mobil baru atau menegosiasikan kenaikan gaji? Berbohong pasti akan berguna.

Berbohong tentang tawaran yang lebih baik atau mengatakan Anda siap untuk keluar ketika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan dapat membantumu mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sebab, biar bagaimanapun juga, hal tersebut memang diharapkan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat