uefau17.com

Niat dan Tata Cara Mandi Idul Fitri, Lengkap dengan Waktu Pelaksanaannya - Citizen6

, Jakarta - Umat muslim akan segera menyambut hari kemenangan Idul Fitri setelah menjalani puasa sebulan penuh. Untuk merayakan momen ini, umat muslim disunahkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui niat dan tata cara mandi sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Terlebih lagi, setelah menyelesaikan ibadah puasa, Anda tentu perlu menyambut hari kemenangan dengan jiwa yang baru dan tubuh yang bersih.

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan diri dari hadast kecil atau pun besar adalah dengan mandi. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, Anda dianjurkan untuk mandi di pagi hari sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Mandi menjelang sholat Idul Fitri memiliki kesamaan dengan sunah mandi sebelum sholat Jumat.

Namun, berbeda dengan mandi pada hari-hari biasa, terdapat tata cara khusus yang harus Anda lakukan saat mandi Idul Fitri. Mulai dari niat hingga mengguyur seluruh tubuh dari kepala hingga ujung kuku dengan air.

Dengan menjalankan tata cara mandi Idul Fitri ini, Anda akan dapat meraih berbagai keutamaan dan merasa lebih siap dalam melaksanakan sholat Idul Fitri.

Dalam sebuah hadits menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan mandi lebih dulu sebelum melaksanakan sholat dua rakaat pada Hari Raya Idul Fitri.

Dari Nafi’ ia berkata: “Abdullah bin Umar biasa mandi pada hari Idul Fitri sebelum pergi ke tanah lapang.” (HR. Imam al-Bukhari).

Niat mandi Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِعِيْدِ اْلفِطْرِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla li’idil fithri sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya,

“Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta’ala.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata cara mandi sebelum sholat Idul Fitri

1. Membaca niat sholat mandi sunah Idul Fitri. Niat yang ditujukan kepada Allah ini untuk menyucikan diri dan menghilangkan diri dari hadast kecil ataupun besar. 

2. Membasuh tangan sebanyak tiga kali dengan air mengalir.

3. Membersihkan semua najis dan kotoran pada tubuh terutama pada bagian lipatan.

4. Berwudhu untuk menyucikan tubuh.

5. Mengguyur seluruh tubuh dari atas kepala hingga bawah dengan air mengalir.

6. Siram anggota tubuh dimulai dari sebelah kanan, kemudian kiri.

7. Lalu, lanjutkan seperti mandi pada umumnya hingga tubuh bersih.

3 dari 3 halaman

Waktu pelaksanaan mandi Idul Fitri

 

Mengutip dari NU Online, Selasa (8/4/2024), untuk waktu pelaksanaan mandi Idul Fitri bisa dilakukan sebelum atau setelah sholat subuh. Hal ini sebagaimana diriwayatkan Imam al-Ghazali. Namun, Anda juga bisa melakukannya pada tengah malam sebagaimana penjelasan Syekh al-Baijuri dalam kitabnya Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al- Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi ‘ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja’ (Beirut: Dar al-Kitab al-Ilmiyyah, 1999) Cetakan 2, Juz I, hal. 153 sebagai barikut:

ويدخل وقت هذا الغسل بنصف الليل

Artinya,

“Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) adalah pada tengah malam.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat