uefau17.com

8 Tanda Bahasa Tubuh Tidak Menyetujui yang Kerap Diabaikan - Citizen6

, Jakarta Bahasa tubuh khususnya dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang perasaan seseorang, terutama jika bahasa tersebut memberikan tanda-tanda ketidaksetujuan yang jelas, seperti alis yang berkerut atau lambaian tangan yang meremehkan. 

Namun, ada juga yang berhasil menyembunyikan perasaan mereka yang sebenarnya—baik secara sadar atau tidak sadar—artinya Anda harus lebih memperhatikan indikator bahasa tubuh yang lebih terselubung untuk memahami perasaan mereka.

“Sangat mudah untuk mengontrol kata-kata yang kita pilih. Namun, ketika kita harus mengontrol nada suara kita sekaligus menyadari bahasa tubuh kita serta apa yang dilakukan wajah kita, sambil memikirkan kata-kata apa yang akan kita ucapkan. pilih, komunikasi nonverbal kita lebih umum 'bocor',” kata Beth Ribarsky, PhD, profesor komunikasi interpersonal di University of Illinois Springfield, kepada Best Life

“Meskipun kita dapat dengan sengaja mengendalikan komunikasi nonverbal kita (pikirkan untuk memaksakan senyuman saat Anda merasa sedih), banyak perasaan kita yang sebenarnya bocor secara tidak sadar melalui komunikasi nonverbal kita.”

Jika Anda mendapat firasat bahwa seseorang belum tentu setuju dengan semua yang Anda katakan, ada beberapa petunjuk penting yang dapat Anda cari dalam komunikasi fisiknya. 

Berikut ini tanda-tanda tersebut seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Mereka menyelipkan bibir mereka ke dalam

Saat Anda berbicara dengan seseorang, perhatikan bibirnya, Ribarsky mengatakan: Jika mereka menggerakkannya ke dalam, itu mungkin menunjukkan ketidaksetujuan.

“Meskipun orang sering menggerakkan bibir/mulutnya, ketika seseorang mengatakan sesuatu yang mungkin tidak kita sukai, kita mungkin akan menyedot bibir kita ke dalam,” katanya. 

"Ini mungkin merupakan cara yang tidak disadari untuk menggigit bibir untuk menekan amarah atau menghindari mengatakan sesuatu yang dapat berubah menjadi konflik."

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka menundukkan kepala atau dagu

Indikator lain yang mudah diabaikan bahwa seseorang tidak senang dengan apa yang Anda katakan atau lakukan adalah arah kepalanya. Menurut Ali Levine, penyembuh, dan pelatih transformasi dan perluasan jiwa, jika Anda memperhatikan dagunya mengarah ke bawah, berarti ada sesuatu yang salah.

“Kebanyakan orang melihat ini sebagai 'pemalu', tapi ketika Anda benar-benar mengamati seseorang dari sudut pandang penyembuh/terbimbing, Anda ingin membawa mereka kembali ke tempat yang aman,” jelasnya. 

"Saat mereka menundukkan dagu, mereka sebenarnya berkata, 'Saya tidak nyaman, saya tidak mempercayai Anda atau situasi ini, saya sedang mencari jalan keluar. Biarkan saja.'"

Levine melanjutkan, "Dagu diturunkan biasanya berarti: 'Saya tidak menyetujui apa pun yang terjadi di ruang saya atau apa pun yang dikomunikasikan.'"

3. Mereka secara halus menggelengkan kepala "tidak".

Menurut Ribarsky, indikasi ketidaksetujuan lainnya adalah jika seseorang menggelengkan kepala "tidak" (dari sisi ke sisi) selama percakapan.

"Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, perasaan kita yang sebenarnya sering kali bocor. Jadi, bahkan jika mereka berusaha untuk tetap bersikap poker face, seseorang yang tidak setuju mungkin akan menggelengkan kepala 'tidak'," dia berbagi.

 

 

3 dari 5 halaman

4. Mereka menghindari kontak mata

Menghindari kontak mata dapat menandakan beberapa hal berbeda, termasuk ketidaknyamanan dan juga ketidaksetujuan.

“Meskipun kontak mata bervariasi dari satu budaya ke budaya lain, dalam budaya secara umumnya, kontak mata dipandang sebagai cara untuk terlibat,” kata Ribarsky. “Jika seseorang mengatakan sesuatu yang tidak kita setujui, kita mungkin menghindari kontak mata.”

5. Mereka berpaling darimu

Ketika seseorang dengan sengaja berpaling dari Anda atau tidak menghadap Anda secara langsung saat Anda berbicara dengannya, Anda tahu ada sesuatu yang sedang terjadi. Namun bahasa tubuh tidak selalu berlebihan, artinya Anda bisa melewatkan tanda ketidaksetujuan ini jika tidak memperhatikan.

“Saat kita menyukai seseorang, kita sering kali secara tidak sadar mengarahkan tubuh kita ke arahnya,” kata Ribarsky.

 

4 dari 5 halaman

6. Mereka memiliki "ekspresi mikro".

Courtney Hubscher, MS, LMHC, NCC, dari GroundWork Cognitive Behavioral Therapy, juga menunjuk pada "ekspresi mikro" sebagai tanda ketidaksetujuan bahasa tubuh. Seperti namanya, ini adalah "singkat, ekspresi wajah tidak disengaja," yang dapat terjadi hanya dalam "sepersekian detik," katanya.

"Hal tersebut dapat mengungkapkan emosi atau niat sebenarnya yang mungkin coba disembunyikan oleh seseorang. Namun, hal tersebut juga dapat dengan mudah terlewatkan karena hanya sekilas dan tidak diketahui oleh mata yang tidak terlatih," catat Hubscher. 

“Beberapa ekspresi mikro yang umum mencakup kilasan kemarahan, ketakutan, rasa jijik, atau keterkejutan. Ekspresi ini sering kali merupakan reaksi terhadap sesuatu yang coba disembunyikan oleh orang tersebut, seperti kebohongan atau situasi yang tidak nyaman.”

 

5 dari 5 halaman

7. Mereka mengatupkan bibir mereka.

Ketidaksetujuan atau penilaian seringkali dikaitkan dengan mengerucutkan bibir, namun menurut Levine, mengencangkan bibir juga bisa menunjukkan hal tersebut.

Mengencangkan bibir "pada dasarnya adalah ketidaksetujuan atau ketidaksukaan terhadap sesuatu yang dilakukan orang lain," katanya. "Bibir bisa menjadi indikator besar secara umum yang saya yakin sering diabaikan."

8. Mereka mengencangkan rahangnya

Ketika rahang seseorang semakin menegang saat bercakap-cakap, ini bisa menjadi tanda "disregulasi", menurut Jessica Addeo, terapis okupasi dan dokter sistem saraf.

Salah satu tanda spesifik disregulasi adalah rahang yang menegang, yang merupakan cara sistem saraf mendeteksi adanya "ancaman", kata Addeo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat