uefau17.com

Lebih Dekat dengan Iguana Laut, Wujudnya mirip 'Godzilla' Galapagos" - Citizen6

, Jakarta Dikutip dari azAnimals, Iguana laut merupakan makhluk luar biasa yang mendiami Kepulauan Galapagos ini, memiliki keahlian menyelam yang luar biasa. Mereka telah beradaptasi untuk memasuki laut demi mencari makanan, mengingat langkanya sumber pangan di pulau tempat tinggal mereka.

Kemampuan menyelam yang memukau ini memungkinkan mereka mencapai kedalaman hingga 30 kaki hanya dengan satu tarikan nafas. Saat berada di dasar laut, iguana laut mengikuti perilaku alaminya dengan menyantap ganggang merah dan hijau, membentuk kehidupan yang unik di dalam lingkungan laut yang penuh dengan tantangan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Di mana Iguana Laut Biasanya Tinggal?

Iguana ini merupakan jenis yang hanya ditemukan di Kepulauan Galapagos, sekelompok pulau di lepas pantai Amerika Selatan. Nenek moyang iguana yang muncul dalam video ini diyakini tiba di pulau-pulau tersebut melalui puing-puing yang mengapung jutaan tahun yang lalu, membentuk satu-satunya kelompok kadal laut di seluruh planet ini.

Kini, iguana ini mendiaminya tebing berbatu yang curam dan tepian batu rendah di zona pasang surut pulau tersebut. Mereka memilih tempat yang berdekatan dengan daerah berpasir untuk melakukan penetasan telur. Meskipun hanya sedikit elang, burung hantu, ular, dan kepiting yang memburu mereka, banyak iguana laut menjadi mangsa predator liar seperti tikus, anjing, dan kucing, terutama saat mereka terdingin dan tidak dapat bergerak secara efektif. Proteksi habitat dan penanganan masalah predator menjadi kunci untuk memastikan kelangsungan hidup spesies unik ini di lingkungan yang penuh tantangan.

3 dari 9 halaman

2. Apa yang Biasanya Dimakan Iguana Laut?

Iguana laut umumnya hanya memakan alga laut. Pada periode antara November 1982 dan Juli 1983, iguana laut menghadapi tekanan besar karena fluktuasi cuaca ekstrem, termasuk peningkatan curah hujan dan permukaan laut yang sangat tinggi.Perubahan kondisi meteorologis tersebut menyebabkan peningkatan tingkat kematian dalam populasi iguana laut, yang saat ini dianggap sebagai spesies yang rentan oleh IUCN, dengan jumlah populasi yang terus mengalami penurunan.

Melakukan perlindungan dan pemantauan yang teliti terhadap kondisi lingkungan serta menerapkan upaya konservasi yang berkelanjutan menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup populasi iguana laut.

4 dari 9 halaman

3. Cara Makan Iguana

Sebagai satu-satunya kadal laut di seluruh dunia, iguana laut menarik perhatian para peneliti dan penggemar alam. Mereka perlu makan dengan cepat saat berada di bawah air karena keterbatasan waktu napas, sementara suhu air laut yang sejuk dengan cepat mempengaruhi tubuh mereka.

Otot-otot mereka menjadi tegang setelah berada di bawah air lebih dari 10 menit, mendorong mereka untuk kembali ke darat. Meskipun memiliki kemampuan menyelam yang luar biasa, iguana laut tetap menghadapi tantangan dalam menjaga keseimbangan antara mencari makanan di laut dan beradaptasi di darat.

5 dari 9 halaman

Question and Answer

1. Apakah iguana laut mendapatkan perlindungan?

Dengan wilayah geografis yang sangat terbatas, iguana laut dianggap sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Meskipun mendapat perlindungan hukum penuh di Kepulauan Galapagos, beberapa pulau terus dihadapkan pada ancaman spesies invasif. Hukum Ekuador telah menjadikan iguana laut sebagai objek perlindungan dan mencatatnya dalam Lampiran II CITES.

6 dari 9 halaman

2. Iguana termasuk jenis hewan apa?

Iguana adalah jenis reptil dengan panjang tubuh berkisar antara 30-40 cm. Sisik-sisik melapisi tubuh iguana dan membentuk duri besar di bagian atas tubuhnya yang membentang dari leher hingga ekor.

7 dari 9 halaman

3. Apakah iguana boleh dipegang?

Di banyak kesempatan, hewan ini akan mencoba untuk melarikan diri dari kandangnya. Maka dari itu, iguana yang didomestikasi perlu digendong dan dipegang secara rutin agar lebih jinak. Hal ini bertujuan agar ia percaya dan merasa nyaman pada lingkungannya.

8 dari 9 halaman

4. Apa ciri ciri iguana?

Iguana memiliki jambul (seperti pada ayam jantan) di bawah rahang mereka, serta deretan sisik membentuk duri besar di tubuh bagian atasnya, yang berjejer dari leher hingga pangkal ekor. Selain itu, iguana juga memiliki organ tubuh mirip mata pada bagian atas kepalanya.

9 dari 9 halaman

5. Iguana bisa sebesar apa?

Iguana jantan dewasa dapat mencapai panjang 152-213 cm. Sementara itu, ukuran iguana betina seringkali tidak melampaui 137 cm.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat