uefau17.com

5 Kepribadian Seseorang Dilihat dari Cara Berbicaranya, Kalian yang Mana? - Citizen6

, Jakarta Setiap orang tentu pernah berinteraksi dengan orang lain. Masing-masing orang memiliki cara atau gaya berbicara berbeda ketike berinteraksi dengan orang lain. Ketika kita berbicara kepada orang lain, kita memberikan petunjuk tentang diri kita sendiri. Dari cara kita berbicara hingga berapa lama kita melakukan kontak mata, itu semua memberikan isyarat dan petunjuk tentang tipe kepribadian kita setiap kali kita membuka mulut.

Meskipun tipe kepribadian sangat individual, ada beberapa pola yang dapat memberitahu Anda tentang tipe kepribadian seseorang dari cara mereka berbicara.

Anda mungkin tidak akan mendapatkan gambaran mendetail tentang seseorang hanya dengan berbicara dengannya dalam waktu singkat, tetapi Anda bisa mendapatkan gambaran yang cukup tentang beberapa ciri karakter utama yang mendominasi kepribadian orang tersebut. 

Berikut adalah 5 tipe kepribadian seseorang dilihat dari cara berbicaranya kepada orang lain. Dilansir dari Truity.com, Kamis (30/11/2023) berikut ulasannya.

1. Kepribadian Orang yang Suka Membuka Obrolan

Tipe kepribadian pertama dilihat dari cara berbicaranya ialah mereka memiliki kepribadian yang inisiatif. Ya, seseorang yang suka membuka percakapan adalah mereka yang memiliki inisiatif tinggi. 

Saat Anda berbicara dengan orang baru yang benar-benar asing, Anda bisa mengetahui apakah seseorang itu ekstrovert atau introvert. Caranya Anda bisa melihat apakah mereka memiliki kesediaan untuk terlibat dalam percakapan baru dengan Anda. 

Orang ekstrovert cenderung menjadi orang yang akan memulai percakapan dengan orang asing sementara Introvert lebih memilih untuk tetap dengan orang yang mereka kenal.

Untuk menebak tipe kepribadian seseorang dari cara mereka berbicara, mulailah dengan menganalisis interaksi pertama dengan mereka dan lihat seberapa nyaman mereka memulai percakapan baru dengan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kepribadian Orang yang Suka Pembicaraan Mendalam

Selanjutnya saat seseorang berbicara, tipe kepribadian mereka dapat terlihat dari cara mereka mengatakan sesuatu, serta apa yang mereka pilih untuk dibicarakan dan bagaimana mereka menanggapi usaha Anda untuk mengarahkan pembicaraan.

Ada beberapa tipe kepribadian yang akan mencoba menyimpang melewati materi pelajaran tertentu. Contohnya saja seperti INTP yang biasanya menghindari pembicaraan tentang hal-hal yang tidak berwujud seperti emosi dan perasaan dengan cara apapun. 

Sementara, tipe kepribadian perasaan Intuitif seperti ENFJ dan INFJ cenderung menggali lebih dalam di semua percakapan. Mereka sering dengan cepat dan sengaja mengalihkan percakapan dari basa-basi ke topik yang lebih bermakna. INTJ dan ENTJ juga lebih suka percakapan yang lebih kompleks dan mereka sangat menikmati mempelajari teori, ide, dan debat baru.

Jika Anda dapat memperhatikan ke mana arah percakapan Anda dan topik apa yang muncul saat Anda berbicara, Anda dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang tipe kepribadian seseorang dari cara mereka berbicara. 

3 dari 5 halaman

3. Kepribadian Orang yang Suka berbagi Hal Detail

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan jika benar-benar ingin menebak tipe kepribadian seseorang ialah bisa dengan mengajukan pertanyaan kepada mereka. Saat berbincang, cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang orang yang Anda ajak bicara sehingga Anda bisa lebih memahami sifat kepribadian dominan mereka. 

Jika Anda dapat mengetahui minat, hasrat, dan pengalaman mereka, Anda dapat mengetahui beberapa petunjuk tentang orang tersebut. Misalnya, seperti orang dengan kepribadian ESTP akan senang berbagi cerita tentang petualangan terbaru mereka, sementara ESFJ akan menunjukkan kecerdasan emosional mereka yang kuat serta memancarkan kehangatan dan empati dalam percakapan Anda. 

Mereka mungkin berbicara tentang kerelawanan terbaru mereka atau lebih suka terlibat tentang masalah sosial atau komunitas yang sangat berarti bagi mereka. Dengan mengajukan pertanyaan pribadi kepada seseorang dan mendengarkan jawaban mereka, Anda dapat mengetahui bagian mana dari kehidupan mereka yang paling berarti bagi mereka dan di mana letak prioritas mereka.

4 dari 5 halaman

4. Kepribadian Orang yang Gemar Memperhatikan Orang Lain Bicara

Selanjutnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui kepribadian seseorang saat Anda berbicara dengan mereka yaitu dengan memperhatikan rentang perhatian mereka. Anda dapat dengan mudah memisahkan orang ke dalam dua kategori mereka yang mendengarkan dan mereka yang tidak.

Saat seseorang berbicara kepada Anda, perhatikan bagaimana mereka berperilaku dalam kelompok yang lebih besar. Jika Anda berada di sebuah pesta atau arisan besar, bagaimana reaksi mereka terhadap orang-orang di sekitar Anda? Seberapa besar mereka terlibat dalam percakapan Anda?

Misalnya, tipe kepribadian yang sangat mudah bergaul seperti ESFP adalah orang yang suka bersenang-senang dan banyak bicara dan mereka selalu ingin menjadi pusat perhatian. Saat Anda melakukan percakapan satu lawan satu dengan mereka, Anda mungkin melihat mereka gelisah jika merasa kehilangan kesenangan di tempat lain.

Ini adalah tipe pembicara yang suka mengobrol sebagai bagian dari kelompok besar dan mungkin akan mendorong Anda untuk bergabung dengan orang lain daripada mengobrol dengan intens di suatu sudut di suatu tempat.

5 dari 5 halaman

5. Kepribadian Orang yang Berinteraksi Lewat Bahasa Tubuh

Saat Anda bertemu seseorang untuk pertama kalinya, Anda juga dapat membaca banyak hal tentangnya dari bahasa tubuhnya. Beberapa petunjuk bahasa tubuh yang harus diwaspadai meliputi:

Ekspresi wajah seperti tersenyum, cemberut, dan mengangguk. Selanjutnya bisa juga melalui gerakan tangan seperti gerakan, gelisah dan menunjuk. Atau melalui postur tubuh yang condong ke depan, duduk atau berdiri tegak, membungkuk, dan memiringkan kepala.

Semua gerakan dan gestur ini dapat memberi Anda gambaran tentang kepribadian seseorang, termasuk tingkat kepercayaan diri, minat, antusiasme, dan daya tanggap mereka. Pantau bahasa tubuh dan juga ucapan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tipe kepribadian seseorang dari cara mereka berbicara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat