uefau17.com

Apa Makna dari Memimpikan Seseorang? Berikut Penjelasannya - Citizen6

, Jakarta Jika Anda pernah bermimpi tentang seseorang yang tidak terduga, seperti mantan, rekan kerja, atau orang yang Anda sukai, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang bisa muncul dalam mimpi Anda. 

Meskipun mimpi sering kali berpusat pada pikiran dan kekhawatiran Anda di siang hari, mimpi juga dapat mencerminkan pikiran atau perasaan bawah sadar Anda terhadap orang lain. Dalam kasus lain, mimpi mungkin secara simbolis mewakili sesuatu yang lain.

Dilansir dari Very Well Mind, Selasa (12/9/2023) psikoanalis Sigmund Freud memainkan peran penting dalam menghubungkan interpretasi mimpi dengan bidang psikologi. Mimpi, menurut Freud, adalah salah satu cara untuk mengakses pikiran bawah sadar. Freud menggambarkan pikiran bawah sadar sebagai reservoir besar pikiran, perasaan, dan keinginan yang tersembunyi dari kesadaran.

Freud percaya bahwa mengungkap informasi yang tidak disadari dapat membantu meringankan tekanan psikologis. Jika bermimpi tentang seseorang membuat Anda kesal, tertekan, atau sekadar bingung, menyelidiki makna mimpi Anda dapat membantu Anda memahami apa artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Seseorang Muncul Dalam Mimpimu?

Menurut Jesse Lyon, seorang konselor kesehatan mental berlisensi dan pemilik Lyon Counseling di Casselberry, Florida, untuk memahami apa artinya bermimpi tentang seseorang, pertama-tama penting untuk memahami bahwa mimpi mengkomunikasikan informasi pada dua tingkat yang berbeda. Level-level ini dikenal sebagai konten manifes dan konten laten.

Sigmund Freud dengan terkenal menggambarkan dua aspek mimpi ini dalam bukunya yang penting, "The Interpretation of Dreams." Freud berpendapat bahwa mimpi sangat simbolis dan mengandung makna literal dan makna simbolis.

Ini adalah gambaran dan alur cerita yang Anda ingat saat bangun tidur. Jika Anda bermimpi tentang seseorang, isi manifesnya adalah detail tentang individu tersebut, penampilannya, peristiwa yang terjadi, dan interaksi yang Anda lakukan dalam mimpi tersebut.

“Konten manifes sangat literal dan akan berkomunikasi dengan Anda secara langsung tentang masalah atau situasi yang Anda alami,” jelas Lyon. "Misalnya, Anda mungkin bermimpi bertengkar dengan pasangan Anda karena saat ini Anda sedang mengalami konflik dalam hubungan Anda; ini adalah proses mimpi yang cukup mudah."

Contoh lainnya mungkin mengalami mimpi menghadiri konser bersama teman dekat yang sudah lama tidak bertemu. Isi manifesnya adalah peristiwa, kata-kata dan reaksi teman Anda, serta elemen sensorik dan persepsi lainnya yang Anda alami sebagai seorang pemimpi.

3 dari 4 halaman

Melibatkan Makna Bawah Sadar

Isi mimpi yang tersembunyi, kata Lyon, jauh lebih pribadi dan emosional. Ini melibatkan makna bawah sadar dari mimpi tersebut, atau apa yang dikatakan oleh penafsir mimpi adalah makna tersembunyi di balik mimpi anda. Dalam contoh pertengkaran dengan pasangan sebelumnya, Lyon menjelaskan, hal itu mungkin berarti bahwa orang tersebut sedang bergumul dengan perasaan tidak layak atas cinta pasangannya.

Bermimpi tentang seorang teman yang sudah bertahun-tahun tidak Anda temui mungkin secara simbolis mewakili kerinduan bawah sadar untuk terhubung kembali atau keinginan untuk menemukan penutupan dari perasaan yang belum terselesaikan. Atau itu mungkin menunjukkan keinginan yang lebih luas untuk lebih banyak hubungan sosial dan persahabatan secara umum.

4 dari 4 halaman

Bermimpi Tentang Romansa dan Hubungan

Lantas jika bermimpi tentang gebetan atau pacaran dengan seseorang apa artinya? Bermimpi tentang naksir mungkin memiliki arti yang jelas, Anda tertarik untuk bersama mereka secara romantis. Namun, menurut Lyon, hal tersebut belum tentu merupakan keseluruhan cerita.

Ini adalah sesuatu yang mungkin membuat Anda bertanya-tanya, terutama jika Anda mempunyai mimpi romantis tentang seseorang yang belum tentu merupakan calon pasangan romantis (misalnya salah satu teman atau atasan).

"Keterlibatan romantis adalah tentang koneksi. Jadi, jika Anda sedang berkencan, atau bahkan berhubungan seks, dengan seseorang yang tidak Anda duga, orang itu melambangkan area kehidupan Anda yang perlu Anda hubungkan lebih dalam," jelas Lyon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat