uefau17.com

3 Tanda Anda Menjalani Toxic Gratitude dan Cara Mengatasinya - Citizen6

, Jakarta - Dalam menjalani hidup, memang kita tidak pernah bisa lepas dari rasa syukur. Karena apa pun yang sedang dialami saat ini, merupakan sebuah peristiwa yang harus dijalani.

Ini mungkin tampak seperti pendekatan yang baik untuk melihat sisi positif dalam setiap situasi. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati agar tidak melontarkan "toxic gratitude" atau “rasa terima kasih yang beracun” kepada diri sendiri dan orang lain.

Sederhananya, rasa syukur yang beracun terjadi ketika Anda menerapkan gaslighting kepada diri sendiri, kata Elizabeth Pearson, pelatih karier dan penulis “Career Confinement: How to Free Yourself, Find Your Guides, and Seize the Fire of Inspired Work.”

“Ini bisa terlihat seperti seseorang berkata 'Oh, saya tidak sebahagia yang saya kira', mungkin dalam pekerjaan Anda atau dalam hubungan Anda, atau mungkin bahkan di tempat Anda tinggal. Tapi kemudian suara ini datang dan berkata, 'Tidak, bersyukur saja, semuanya baik-baik saja,'” kata Pearson kepada CNBC.

Rasa syukur yang beracun dapat membuat Anda tetap berada dalam situasi hidup yang berdampak negatif pada Anda, pekerjaan yang telah Anda lewati, dan bahkan hubungan yang tidak tepat untuk Anda, catatnya.

Gaslighting adalah topik yang hangat, dan saya rasa kita harus melihat ke dalam diri kita sendiri. Kami menyinari diri kami sendiri.”

Berikut beberapa tanda rasa syukur yang beracun, menurut Pearson, dan cara Anda mengatasinya serta memvalidasi kebutuhan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Anda Mempraktikkan Toxic Gratitude

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah Anda sedang menjalani toxic gratitude atau tidak? Setidaknya ada tiga tanda-tanda yang terlihat seperti berikut:

  1. Anda mendapatkan tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang tidak lagi berhasil bagi Anda, tapi terus mengabaikan keinginan Anda.
  2. Rasa syukur yang Anda ungkapkan membuat perasaan Anda tidak valid.
  3. Anda menggunakan rasa syukur sebagai alasan untuk tetap berada dalam situasi yang tidak menguntungkan Anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketakutan bahwa Anda tidak dapat mencapai hasil yang lebih baik, kata Pearson.

Beberapa pemikiran internal tentang pekerjaan yang menjadi contoh toxic gratitude adalah:

“Saya dibayar. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan saat ini, jadi saya seharusnya sangat bahagia dan bersyukur karena saya mempunyai pekerjaan.”

“Saya tidak ingin serakah. Saya tidak perlu bernegosiasi untuk mendapatkan lebih banyak uang di tempat kerja.”

“Saya seharusnya bersyukur bisa bekerja dari rumah sekarang, sehingga saya tidak perlu meminta hal-hal lain yang saya perlukan.”

Dalam hubungan romantis, pikiran Anda bisa mempermainkan Anda, kata Pearson. Rasa syukur yang beracun dalam kehidupan pribadi Anda bisa terlihat seperti:

“Yah, sebaiknya aku tetap di sini saja. Tidak ada seorangpun yang sempurna."

“Mungkin orang ini lupa hari ulang tahunku atau tidak membuatkan kopi untukku di pagi hari, tapi itu lebih baik daripada sendirian. Itu lebih baik daripada tidak sama sekali.”

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Toxic Gratitude

Jika Anda menyadari bahwa Anda ternyata sedang mempraktikkan toxic gratitude, Pearson menyarankan untuk membayangkan diri Anda yang lebih muda dan merenungkan bagaimana perasaan mereka terhadap alasan Anda.

Tanyakan pada diri Anda apakah mereka akan sedih dan kecewa atau gembira dan puas dengan situasi Anda saat ini, katanya.

Emosi yang menurut Anda akan dirasakan oleh diri Anda yang lebih muda adalah apa yang harus Anda gunakan untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Kebalikan dari toxic gratitude adalah memiliki keyakinan yang mendalam bahwa Anda dapat memercayai naluri dan emosi Anda,” kata Pearson.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi rasa syukur yang beracun dan menghormati perasaan Anda:

  • Perlakukan emosi Anda seperti GPS, dan ikuti apa yang terasa menyenangkan.

Tujuannya untuk mengejar hal-hal yang bermanfaat bagi Anda dalam jangka panjang, kata Pearson.

“Ikuti apa yang terasa menyenangkan dalam pikiran Anda, tetapi juga dalam kenyataan Anda saat ini,” catatnya.

  • Visualisasikan hasil yang lebih baik

Biarkan diri Anda “melamun tentang memiliki pekerjaan yang menyenangkan atau pasangan yang suportif untuk memeluk Anda di penghujung hari dan berbagi makanan.”

4 dari 4 halaman

Cara Lainnya yang Bisa Dilakukan

  • Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang dikatakan oleh naluri Anda

Jika Anda tidak yakin, lacak hari-hari bahagia dan hari-hari tidak bahagia Anda sehubungan dengan apa yang Anda ragukan, untuk melihat apakah yang baik lebih banyak daripada yang buruk.

  • Tetapkan waktu kapan Anda akan meninggalkan hal-hal yang tidak menguntungkan

“Setelah mereka memikirkan tanggal tersebut, ‘inilah saatnya’, keajaiban akan terjadi,” kata Pearson. “Tiba-tiba, mereka merasa punya kebebasan, seperti punya kunci di dalam kandang. Dan mereka memutuskan saya akan keluar dari kandang ini dalam enam bulan.”

  • Kembangkan rencana untuk mengambil tindakan

Siapkan diri Anda untuk sukses ketika Anda sadar. Jika Anda meninggalkan pekerjaan, ini bisa terlihat seperti personal branding dan membangun jaringan Anda sebelum berhenti, katanya.

Yang terpenting, Pearson ingin Anda mengingat ini: “Anda tidak pernah terjebak. Pintu kandang tidak pernah dikunci. Anda bisa pergi kapan saja.”

“Saya pikir Anda benar-benar dapat melihat dan melihat apakah toxic gratitude adalah salah satu jeruji yang Anda pasang di dalam kandang agar Anda tetap berada di tempat Anda berada, dan [memutuskan] apakah sudah waktunya untuk melepaskan jeruji tersebut.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat