uefau17.com

Intip Rahasia Badan Langsing ala Orang Jepang dengan Diet 1975 - Citizen6

, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi bila orang Jepang dikenal sebagai orang yang memiliki harapan hidup tertinggi di dunia. Bukan karena umur mereka panjang, tapi mereka juga sehat untuk menjalani hari-hari saat sudah tua. Hal ini konon dikaitkan dengan gaya hidup mereka, terutama pola makan atau diet yang mereka jalani.

Dikutip dari Hella Health, Sabtu (5/8/2023), para peneliti memiliki teori bahwa kebiasaan makanan tradisional Jepang yang memiliki peran utama dalam kondisi kesehatan masyarakatnya. Dalam studi dari Universitas Tohoku yang mengambil pendekatan baru untuk menguji efek dari perubahan kebiasaan makan Jepang. Di mana tim tersebut menciptakan kembali makanan khas Jepang dari tahun 2005, 1990, 1975 dan 1960 dan memberi mereka makan untuk menguji kelompok hewan pengerat.

Hasil percobaan pada tahun 2016, ditemukan bahwa pada usia 48 minggu, tikus yang diberi diet tahun 1975 menunjukkan fungsi memori terbaik dan hidup lebih lama. Lalu peneliti telah memperluas tesnya kepada manusia. Ternyata hasilnya juga menunjukkan keunggulan pola makan Jepang tahun 1975.

Para peneliti berspekulasi bahwa diet 1975 lebih sehat karena mencakup lebih banyak hidangan kecil; memasak dengan api kecil dalam minyak; tidak ketergantungan pada telur, produk susu, dan daging; dan lebih banyak menggunakan bumbu fermentasi daripada garam dan gula.

Nah, sebenarnya apa itu diet 1975? Dan apa efeknya untuk tubuh? Dari berbagai sumber yang sudah kami rangkum, ini dia ulasan selengkapnya!

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Lebih Dekat tentang Diet 1975

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, diet 1975 mengacu pada pola makan orang Jepang di tahun 1975. Walaupun pola makan orang Jepang juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu, tapi masih sedikit penelitian yang mengukur dampak kesehatan dari perubahan pola makan ini.

Nah, setelah melakukan tes terhadap hewan penelitian dari Universitas Tōhoku melanjutkan kepada manusia. Pertama, tim mengumpulkan dua kelompok subjek manusia yang cukup gemuk berusia 20 hingga 70 tahun. Selama 28 hari, satu kelompok makan tiga kali sehari sesuai dengan diet Jepang modern saat ini. Sedangkan kelompok kedua mengikuti diet 1975.

Setelah empat minggu berlalu, rata-rata indeks massa tubuh, berat badan, dan lingkar pinggang kelompok 1975 telah turun, sementara tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan hemoglobin A1C mereka turun. Sementara kolesterol HDL (kolesterol baik) mereka bisa meningkat.

Selanjutnya, tim melakukan dua kelompok subjek non-obesitas berusia 20 hingga 30 tahun dengan rejimen yang sama. Dalam kasus ini, kelompok 1975 menunjukkan tingkat stres yang lebih rendah dan kebugaran yang lebih tinggi setelah 28 hari, bersama dengan lebih sedikit flora usus yang terkait dengan penyakit.

Tidak hanya sampai di situ, dibandingkan dengan kelompok tahun 2005, kelompok tahun 1975 dan 1990 memiliki lebih sedikit lemak visceral dan cenderung tidak mengalami obesitas. Selain itu, kelompok diet tahun 1975 memiliki risiko diabetes dan perlemakan hati yang paling rendah dibandingkan yang lain.

3 dari 4 halaman

Pencegahan Penyakit Terkait Penuaan

Penelitian ini juga menghasilkan fakta dan dampak komparatif pada umur panjang dan proses penuaan yang dialami oleh sekelompok tikus sebagai model untuk studi penyakit terkait penuaan pada manusia. Di mana pada minggu ke-24, ada sekelompok tikus mengalami penuaan fisik. Lalu, pada minggu ke-48, penuaan lebih jelas terjadi pada kelompok tahun 2005, dibandingkan dengan tahun 1990 dan 1975.

Demikian pula, pada minggu ke-24, kelompok tikus juga menunjukkan sedikit perbedaan yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori. Ketika minggu ke-48, kelompok tikus yang menjalani diet 1975 justru menunjukkan lebih sedikit kehilangan memori dan kapasitas belajar dibandingkan kelompok 2005.

Kelompok tahun 1975 dan 1990 rata-rata juga memiliki rentang hidup yang lebih panjang daripada kelompok tahun 2005. Selain itu, kelompok tahun 1975 juga tampil sangat baik dalam hal umur panjang.

Hasil percobaan ini sangat menyarankan bahwa pola makan Jepang tahun 1990 dan 1975 lebih sehat untuk tikus daripada tahun 2005. Tapi apakah hasilnya juga berlaku untuk manusia?

Setelah mendapatkan otorisasi dari Komite Etika Penelitian Universitas Tōhoku, untuk memulai penelitian menggunakan subjek manusia. Hasilnya, menunjukkan dampak yang sama. Indeks massa tubuh rata-rata dan berat badan dari orang-orang yang ada di kelompok diet 1975 telah menurun secara signifikan, bersama dengan lingkar pinggang.

4 dari 4 halaman

Tips untuk Menjalani Diet 1975

Lalu, apa yang membedakan pola makan Jepang tahun 1975 dengan pola makan saat ini? Setidaknya, ada beberapa hal yang membedakannya, seperti berikut:

  • Variasi

Menu harian menampilkan hidangan kecil dalam jumlah yang relatif besar. Dalam praktiknya, ini umumnya berarti satu hidangan utama (biasanya ikan atau protein lain) dan dua lauk pauk (biasanya sayuran), selain nasi dan sup.

  • Metode memasak

Tiga mode memasak yang biasa dilakukan yaitu merebus, mengukus, dan memakannya secara mentah, diikuti dengan memanggang. Menggoreng dan menumis agak kurang umum.

Memasak dengan api besar, seperti saat menggoreng dengan minyak, bisa menyebabkan nutrisi rusak. Misalnya, ikan seperti makarel kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang sehat. Namun, jika digoreng hanya menyediakan sekitar sepersepuluh dari EPA dan DHA.

  • Bahan

Diet tahun 1975 kaya akan produk kedelai, makanan laut, umbi-umbian, sayuran hijau dan kuning (termasuk acar), buah, rumput laut, jamur, dan teh hijau. Telur, produk susu, dan daging juga dikonsumsi, tetapi dalam jumlah sedang.

  • Bumbu

Penggunaan bumbu fermentasi seperti kecap, miso, cuka, mirin, dan sake bersama dengan kaldu dashi membantu memberikan rasa yang memuaskan pada makanan tanpa penggunaan garam dan gula yang berlebihan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat