uefau17.com

9 Benda Ini Justru Akan Rusak Jika Terlalu Sering Dibersihkan - Citizen6

, Jakarta Banyak dari kita yang berpikir bahwa semakin bersih sebuah benda tentu semakin baik. Hal ini mengapa tak sedikit yang lantas melakukan pembersihan secara rutin kepada benda yang dipakai sehari-hari. 

Namun mungkin banyak salah kaprah akan hal ini. Pasalnya melakukan pembersihan yang terlalu sering terkadang lebih berbahaya daripada yang dibayangkan. 

Beberapa benda tidak perlu terlalu sering dibersihkan dan memerlukan perawatan khusus. Wajan berbahan besi, furnitur kayu, bahkan jeans bisa rusak jika kita terlalu sering membersihkan atau mencucinya. Nah, berikut ini deretan benda yang bisa rusak jika terlalu sering dibersihkan. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya:

1. Handuk

Perlu diketahui bahwa Anda tidak perlu mencuci handuk setiap kali menggunakannya. Cukup aman menggunakan handuk selama seminggu, asalkan Anda memastikannya mengering dengan baik. Mengeringkan handuk tidak hanya akan menghemat waktu mencucinya, tetapi juga menjaga kondisinya tetap baik.

2. Mebel kayu

Ternyata semprotan berbasis bahan-bahan kimia untuk menyeka furnitur kayu dapat membentuk penumpukan minyak yang menarik lebih banyak debu dan kotoran bila digunakan lebih dari sekali atau dua kali sebulan. Jadi jika Anda cenderung mengelap furnitur Anda setiap hari, sebaiknya lakukan dengan kain kering.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Wajan berbahan besi

Anda mungkin telah mencuci wajan besi dengan deterjen pencuci piring lebih dari sekali. Namun, ini adalah larangan besar karena deterjen ini dapat merusak bahan wajan. Hal yang benar untuk dilakukan adalah menggunakan larutan garam kasar dan air untuk menghilangkan residu yang terbakar. 

Penting untuk membiarkan wajan mengering setelah dicuci karena beberapa tetes air saja dapat menyebabkan karat. Anda tidak perlu terlalu sering mencuci wajan besi. Jika Anda dapat membersihkan panci hanya dengan mengelapnya, hentikan di situ. Memiliki sedikit minyak setelah dibersihkan bukanlah masalah.

4. Cermin

Menyemprotkan pembersih kaca ke cermin setiap hari dapat merusaknya. Bintik hitam dapat muncul di sekitar tepi atau bahkan di tengah. Sebaiknya bersihkan cermin tidak lebih dari sekali seminggu untuk menghindari masalah ini.

3 dari 4 halaman

5. Kompor

Bahkan jika Anda memasak setiap hari, tidak ada alasan untuk membersihkan kompor secara menyeluruh setiap hari kecuali jika sudah sangat kotor. Lagi pula, makanan tidak bersentuhan dengan permukaan kompor selama memasak dan panas tinggi efektif membunuh kuman. Tidak apa-apa untuk mengelap kompor setelah memasak dan membersihkannya sebulan sekali.

6. Sweater

Tidak apa-apa untuk mengenakan sweater beberapa kali sebelum mencucinya. Anda bisa mencucinya hingga 6 kali pemakaian, jika dikenakan dengan kaos dalam. Mencuci pakaian wol terlalu sering dapat merusaknya dan akan cepat membuatnya kehilangan bentuk.

4 dari 4 halaman

7. Jeans

Tidak apa-apa untuk mencuci jeans setelah 4-5 kali dipakai. Menariknya, produsen denim bahkan merekomendasikan untuk mencucinya hanya 6 bulan sekali. Agar jeans Anda tetap segar, Anda bisa memasukkannya ke dalam freezer semalaman. Anda juga bisa membuat semprotan penyegar dari 1/4 cangkir alkohol gosok, 1/4 cangkir air, dan 3 tetes minyak esensial lavender.

8. Piyama

Cuci piyama Anda seminggu sekali atau setiap 3–4 hari jika Anda berkeringat saat tidur. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika Anda mengenakan piyama sepanjang hari, Anda harus mencucinya lebih sering. Mandilah sebelum tidur agar piyama Anda tetap segar.

9. Ponsel

Sebanyak Anda ingin menghapus ponsel Anda setiap hari, itu tidak perlu dilakukan. Sebagai gantinya, buatlah aturan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh ponsel layar sentuh Anda. Yang terbaik adalah membersihkan ponsel Anda dengan lap antibakteri seminggu sekali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat