uefau17.com

7 Hal Simpel yang Akan Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia, Menurut Sains - Citizen6

, Jakarta Bagi kebanyakan dari kita, mengejar kebahagiaan adalah upaya seumur hidup. Namun sains menunjukkan ada cara sederhana dan nyata untuk memupuk kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan emosional yang lebih baik.

Dengan menetapkan kebiasaan tertentu yang meningkatkan suasana hati dalam kehidupan Anda sehari-hari, Anda mungkin dapat secara bertahap menumbuhkan perasaan bahagia dan merangkul kehidupan yang lebih memuaskan secara emosional.

Berikut ini beberapa hal mudah yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Berbicara dengan orang asing

Tetap terhubung secara sosial dengan teman dan anggota keluarga dikaitkan dengan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bukan hanya kelompok kontak inti Anda yang memperkaya hidup Anda. Menurut sebuah studi tahun 2022 yang dilakukan oleh mahasiswa doktoral Harvard Business School, berbicara dengan orang asing juga penting jika Anda ingin meningkatkan suasana hati.

Para peneliti menciptakan istilah, "keragaman relasional," untuk menggambarkan dua faktor hubungan yang mengarah pada suasana hati yang lebih bahagia: kekayaan dan kemerataan. "Kekayaan" hubungan seseorang mengacu pada apakah seseorang berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai tingkat kedekatan (anggota keluarga, teman, kenalan, dan orang asing). "Kemerataan" mengacu pada seberapa merata interaksi mereka di seluruh kelompok ini.

"Semakin banyak kategori hubungan yang mereka ajak bicara dalam sehari dan semakin banyak percakapan mereka di seluruh kategori tersebut, semakin bahagia mereka," jelas Hanne Collins, seorang mahasiswa PhD yang ikut menulis penelitian tersebut, saat berbicara dengan NPR.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menjadi sukarelawan

Melakukan tindakan kebaikan atau menjadi sukarelawan bisa menjadi cara mudah lainnya untuk membuat Anda merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. "Penelitian telah menemukan bahwa partisipasi dalam layanan sukarela secara signifikan memprediksi kesehatan mental dan fisik yang lebih baik, kepuasan hidup, harga diri, kebahagiaan, gejala depresi yang lebih rendah, tekanan psikologis, dan kematian serta ketidakmampuan fungsional," demikian konfirmasi sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa alasan mengapa memberi kembali dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan. Pakar mereka mengatakan bahwa menjadi sukarelawan memberikan kesempatan untuk membina hubungan dan memberi orang rasa makna dan tujuan—keduanya dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

3. Melatih rasa syukur

Syukur, atau praktik mengungkapkan penghargaan atas hal-hal yang Anda hargai dalam hidup Anda, juga dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan Anda, saran sains. "Badan penelitian yang ada mendukung hubungan antara rasa syukur dan rasa sejahtera secara keseluruhan," kata sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry.

Faktanya, para peneliti dari University of California, Davis (melalui Harvard Health Publishing) melakukan percobaan di mana subjek penelitian diminta untuk membuat jurnal mingguan selama 10 minggu.

Kumpulan subjek dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok yang satu diperintahkan untuk menulis tentang hal-hal yang mereka syukuri, yang kedua diperintahkan untuk menulis tentang hal-hal yang mengganggu mereka, dan yang ketiga diperintahkan untuk menulis tentang peristiwa apa saja yang telah mempengaruhi mereka menjadi lebih baik atau lebih buruk. Di akhir penelitian, mereka yang membuat jurnal rasa syukur melaporkan lebih banyak optimisme dan kebahagiaan daripada subjek di dua kelompok lainnya.

 

3 dari 5 halaman

4. Menghabiskan waktu di alam

Menghabiskan waktu di alam bebas adalah cara mudah lain untuk merasa lebih bahagia, menurut penelitian. Dalam sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology, "Mereka yang lebih terhubung dengan alam cenderung mengalami pengaruh, vitalitas, dan kepuasan hidup yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang kurang terhubung dengan alam."

Faktanya, beberapa penelitian telah membandingkan secara langsung pengalaman berjalan di lingkungan alam dengan berjalan di lingkungan perkotaan. Secara luar biasa, penelitian ini telah menunjukkan bahwa berjalan di alam lebih erat kaitannya dengan berkurangnya kecemasan, stres, dan perenungan.

5. Mandi

Bagi banyak dari kita, tidak ada yang lebih menenangkan daripada mandi air panas di penghujung hari yang menegangkan. Sekarang, penelitian mendukung anggapan bahwa mandi secara teratur memang dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda.

Secara khusus, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Pengobatan Alternatif Pelengkap Berbasis Bukti menemukan bahwa mereka yang mandi berendam setiap hari selama dua minggu cenderung tidak melaporkan kelelahan, stres, nyeri, dan suasana hati yang buruk daripada selama periode kontrol, selama yang mereka mandi. "Skor lebih rendah untuk stres, ketegangan-kecemasan, kemarahan-permusuhan, dan depresi-kesedihan" saat subjek mandi, tulis para peneliti.

 

4 dari 5 halaman

6. Berolahraga secara teratur

Manfaat fisik dari olahraga teratur sulit untuk dilebih-lebihkan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, menurunkan risiko penyakit kronis, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan umur panjang.

Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ: olahraga juga bisa membuat Anda jauh lebih bahagia, menurut sebuah studi tahun 2020 di International Journal of Environmental Research and Public Health. Para peneliti di balik studi tersebut mengamati bagaimana olahraga memengaruhi kesejahteraan mental bagi orang dewasa muda, paruh baya, dan lebih tua.

"Setelah mengendalikan karakteristik demografis, peserta dengan tingkat aktivitas tinggi dan sedang memiliki kepuasan hidup dan kebahagiaan yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan tingkat aktivitas rendah di seluruh populasi dan tiga kelompok umur," tulis mereka.

 

5 dari 5 halaman

7. Tidur malam yang nyenyak

Terakhir, istirahat adalah kunci jika Anda ingin merasa lebih bahagia. Nyatanya, banyak penelitian telah menemukan hubungan dua arah antara kurang tidur dan depresi—artinya masing-masing berkontribusi untuk mendorong siklus kegelisahan dan suasana hati yang tidak sehat. Meskipun CDC merekomendasikan agar orang dewasa tidur antara tujuh hingga sembilan jam per malam, setidaknya 35 persen orang Amerika rata-rata tidur kurang dari tujuh jam.

Untuk mendapatkan istirahat malam yang lebih baik, pastikan untuk mengikuti rutinitas waktu tidur yang konsisten yang mendukung kesehatan tidur yang baik. Jika Anda masih tidak bisa tidur, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang insomnia Anda untuk menentukan apakah ada penyebab medis yang mendasarinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat