uefau17.com

9 Kombinasi Makanan Terbaik Biar Sehat Paripurna di 2023 - Citizen6

, Jakarta - Tidak diragukan lagi bahwa makanan tertentu memiliki manfaat kesehatan, tetapi tahukah Anda bahwa manfaat ini dapat ditingkatkan dengan menggabungkannya dengan makanan lain?

Ada beberapa kombinasi makanan yang hanya terasa enak saat bersama, seperti susu dan kue, tetapi ada juga kombinasi makanan lain yang benar-benar bekerja sama meningkatkan nutrisi untuk tubuh Anda.

Nutrisi yang terkandung dalam beberapa makanan diserap dengan baik oleh tubuh Anda ketika dikombinasikan dengan makanan lain.

Makanan yang mengandung vitamin C membantu penyerapan zat besi, misalnya. Kita harus menyadari berbagai kombinasi makanan yang dapat kita konsumsi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari asam lemak esensial dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin-vitamin ini membantu penyerapan terbaik dari asam lemak esensial.

Alih-alih mengonsumsi bahan makanan padat nutrisi sendirian, kombinasikan dengan makanan padat nutrisi lainnya untuk meningkatkan kesehatan Anda. Sejumlah makanan dapat meningkatkan kekuatan makanan lain dengan melengkapi nutrisi dalam makanan lain.  

Seperti hujan dan matahari yang bergabung untuk menghasilkan pelangi, makanan tertentu dapat dikombinasikan dengan cara yang paling bermanfaat bagi kesehatan kita. Jadi, apa saja kombinasi makanan tersebut? Melansir Boldsky, Kamis (29/12/2022), berikut adalah beberapa kombinasi makanan terbaik yang dapat meningkatkan nilai nutrisi makanan.

 

  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Salad dengan Telur

Memasangkan telur utuh dengan salad yang terdiri dari kacang, biji-bijian dan alpukat membantu mendapatkan asupan protein dan menyerap empat sampai tujuh kali lebih banyak vitamin E yang berguna sebagai antioksidan dan bersifat anti-inflamasi..

2. Lada hitam dengan teh hijau

Menambahkan beberapa lada hitam ke dalam teh hijau meningkatkan penurunan berat badan dan sifat melawan kanker. Lada hitam mengandung senyawa yang disebut piperin, yang bertanggung jawab atas rasa dan baunya yang unik. Kehadiran zat ini meningkatkan penyerapan antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau, seperti epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

3. Kacang hitam dengan paprika merah

Zat besi dalam kacang hitam sulit diserap oleh tubuh. Namun, vitamin C dalam paprika akan meningkatkan penyerapan zat besi hampir enam kali lipat ketika dimakan bersama kacang hitam.

 

3 dari 4 halaman

4. Sereal dan Susu

Tubuh terkadang tidak mendapat vitamin D yang cukup. Karenanya, Anda dapat meningkatkanr vitamin D dengan mengonsumsi susu dan sereal dalam waktu yang sama, misalnya pada saat sarapan.

Anda juga dapat meningkatkan asupan vitamin D dengan cara lain yaitu dengan mengonsumsi ikan, seperti tuna dan salmon, juga dengan keju dan kuning telur.

5. Kale dengan Kacang Almond

Mangan, tembaga, serat, kalsium, kalium, vitamin B, serta vitamin C, E, A, dan K semuanya berlimpah dalam kale. Ketika almond dikonsumsi bersama dengan kale, antioksidan dalam almond akan membantu penyerapan semua nutrisi yang ditemukan dalam kale. Dalam kombinasi, makanan ini dianggap sangat bermanfaat.

6. Brokoli dengan Tomat

Selain likopen, tomat mengandung vitamin C, A, E dan B, serta lutein dan zeaxanthin. Brokoli kaya akan vitamin K, folat, dan senyawa anti-kanker. Telah ditemukan bahwa jika Anda menggabungkan kedua sayuran ini, hampir 50 persen kemampuannya untuk melawan kanker meningkat.

 

 

4 dari 4 halaman

7. Bawang Putih dengan Salmon

Telah terbukti bahwa sifat pengurang kolesterol bawang putih ditingkatkan ketika dikonsumsi dalam kombinasi dengan ikan salmon, yang mengandung asam lemak omega-3 dan nutrisi lain yang meningkatkan manfaat kesehatan bawang putih.

8. Tomat dengan Minyak Zaitun

Antioksidan likopen yang ditemukan dalam tomat larut dalam lemak dan dapat membantu dalam penyerapan lemak yang tepat. Akibatnya, asam lemak esensial yang ditemukan dalam minyak zaitun, seperti omega-3 dan omega-6, dapat lebih mudah diserap oleh tubuh Anda jika Anda makan tomat bersama dengan minyak zaitun. 

9. Cokelat Hitam dengan Apel

Cokelat hitam meningkatkan sifat sehat jantung. Sebagai hasil dari makan apel bersama dengan dark chocolate, Anda dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung. Cokelat hitam mengandung antioksidan tinggi yang dikenal sebagai katekin, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

 

 

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat