uefau17.com

Berdampak pada Kesehatan Mental, Ini Loh 8 Manfaat Mandi Air Dingin! - Citizen6

, Jakarta - Mendengar kata mandi mungkin bagi sebagian orang itu adalah kebiasaan yang malas untuk dilakukan.  Apalagi, jika mandi menggunakan air dingin.

Pasalnya, mandi air dingin tidak kalah bermanfaat dengan mandi air hangat.

Dilansir dari Fashionbeans, Minggu (11/12/2022), sebuah studi pada 2008 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa mandi air dingin dapat berfungsi sebagai antidepresan.

Tak hanya itu, sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa hal yang sama dapat bermanfaat bagi seluruh sistem tubuh, mulai dari mengatasi nyeri hingga penyakit paru-paru, asma, kecemasan, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, ada beberapa orang juga yang tidak cocok dengan membenamkan diri dalam air dingin. Biasanya, orang yang kurang cocok dengan air dingin berpengaruh dalam kondisi kesehatan jantung atau risiko genetik terkena stroke.

Jika kamu masih tidak yakin bahwa mandi air dingin adalah cara terbaik untuk memulai hari Anda, dilansir dari berbagai sumber resmi, ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika terbiasa mandi dengan air dingin:

 

1. Meningkatkan Mood

Dikutip dari Beautywithhollie, mandi air dingin mengaktifkan sistem saraf Anda yang melepaskan hormon rasa nyaman, endorfin.

Endorfin membuat kamu merasa bahagia dan membantu mengurangi gejala depresi dan kesedihan, terutama di musim dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaga Kelembapan hingga Tingkatkan Sirkulasi Darah

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Air panas memang memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak dan lipid pelindung alami dari kulit Anda.

Rodney, MD, FAAD, mengungkapkan sebaliknya bahwa mandi air dingin dapat menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi, karena air dingin tidak melarutkan minyak.

 

3. Mempercepat Pemulihan Otot

Setelah berolahraga, salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membantu mempercepat pemulihan otot adalah mandi air dingin.

Ini tidak hanya akan mendinginkan kamu dengan baik, membantu mengembalikan detak jantung kamu  ke tingkat normal, tetapi juga bagus untuk meredakan otot yang pegal.

 

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Peningkatan sirkulasi adalah salah satu alasan utama mengapa para ahli menyarankan mandi air dingin.

Faktanya, sirkulasi meningkat dengan mandi air dingin karena ketika air lebih dingin dari suhu inti tubuh kamu, itu menyebabkan tubuh bekerja lebih keras.

Ini membuat sistem peredaran darah lebih efisien memberi kamu sirkulasi darah yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Kurangi Kerontokan Rambut dan Tingkaykan Energi

5. Mengurangi Kerontokan Rambut

Air dingin dapat menutup kutikula rambut yang memungkinkan rambut memantulkan cahaya sehingga menghasilkan kilau yang tinggi, serta mengunci kelembaban. Sekaligus mengencangkan folikel rambut yang berarti mengurangi kerontokan rambut.

Meskipun kamu tidak perlu mandi air dingin sesering mungkin untuk mendapatkan semua manfaat rambut, mengakhiri mandi dengan air dingin akan mengunci kelembapan dari kondisioner sehingga mengurangi risiko rambut patah dan bercabang.

 

6. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Energi

Kenyataannya memang mandi air dingin dapat mengejutkan tubuh secara alami sehingga kita akan bernapas dalam-dalam.

Pasalnya, bernapas dalam-dalam meningkatkan asupan oksigen kamu dan mendorong ketenangan serta mengurangi stres.

Mandi air dingin juga dapat memicu aliran darah ke seluruh tubuh, yang berarti kamu dapat memperoleh manfaat dari tingkat energi yang lebih tinggi sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

Bantu Lawan Depresi dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh

7. Membantu Melawan Depresi Jangka Panjang

Sebuah studi pada 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses memperkirakan bahwa 2-3 menit paparan air bersuhu 20 derajat celsius selama beberapa bulan akan mengirimkan sejumlah besar impuls listrik dari ujung saraf tepi ke otak, yang dapat menghasilkan anti-depresi.

Jika tubuh kita menduga kita dalam bahaya kedinginan, darah akan dialihkan dari ekstremitas ke area vital, yakni kepala dan jantung.

Dengan demikian, kita meningkatkan kadar noradrenalin dan beta-endorphin dalam darah, yang membantu meningkatkan suasana hati yang baik.

 

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meskipun tidak ada bukti nyata bahwa mandi air dingin benar-benar meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang secara teratur memanjakan diri dengan mandi air dingin lebih jarang sakit.

Air dingin meningkatkan produksi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melindungi kamu dari penyakit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat