uefau17.com

8 Bahan Alami untuk Membasmi Komedo Hitam yang Mengganggu - Citizen6

, Jakarta Komedo adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi sebagian besar orang, terutama remaja. Alih-alih mempengaruhi remaja, banyak orang menghubungkan komedo sebagai bagian dari transisi dari masa kanak-kanak ke dewasa (pubertas).

Namun, terlepas dari seberapa umumnya, komedo dapat memiliki efek parah pada kesehatan mental juga. Dengan demikian, jika kalian melihat gejala kecemasan atau depresi karena adanya komedo, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan.

Diketahui, komedo tidak secara serius memengaruhi kesehatan fisik, namun mereka dapat memengaruhi secara psikososial (bagaimana masyarakat dan kelompok sosial memengaruhi pikiran Anda) dan secara psikologis (persepsi dan perilaku diri Anda).

Komedo dapat menyebabkan kecemasan, depresi, gangguan mood dan pikiran untuk bunuh diri.

Munculnya komedo ketika pori-pori kita tersumbat karena kotoran, keringat, dan minyak. Ketika semua elemen ini teroksidasi pada kulit kita, mereka mulai terlihat seperti komedo.

Dilansir melalui Cleveland Clinic, pada Selasa (15/11/2022), ada berbagai penyebab lain timbulnya komedo hitam, antara lain:

  • Peningkatan produksi sebum (bahan berminyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous).
  • Pembentukan keratin yang tidak normal (protein yang biasa digunakan pada rambut, kulit, dan kuku).
  • Peningkatan hormon (androgen).
  • Adanya peningkatan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Memusnahkan komedo memang tidak bisa secara instan dan butuh waktu lama. Bagi para individu yang memiliki kulit sensitif, mungkin bisa diikuti tips menghilangkan komedo dengan delapan bahan alami, berikut penjelasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1.Tea Tree Oil

Minyak pohon teh dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Oleskan sedikit minyak pohon teh ke aplikator kapas dan gosokkan pada komedo.

Diketahui, minyak dapat membuat jalur di bawah penyumbatan pori-pori dengan menembus kulit masuk ke dalam. Ini kemudian membantu mendisinfeksi pori-pori dan mengeringkan komedo dan menyumbat pori-pori kita.

2. Scrub Gula atau Garam

Scrub gula atau garam dapat mengelupaskan sel-sel mati di permukaan kulit kita. Kalian bisa menggunakannya dengan basahi wajah, kemudian oleskan scrub garam atau gula ke area yang ada komedo dan pijat kulit kalian dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Lalu, bilas wajah dengan air setelah selesai.

3. Daun Teh

Daun teh hijau basah dapat membantu mengurangi produksi minyak di kulit. Teh hijau juga kaya akan antioksidan. Kalian bisa menggunakannya dengan mencampurkan daun teh hijau kering dengan air dan pijat daun basah ke kulit kalian dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Kemudian, bilas wajah dengan air setelah selesai.

3 dari 4 halaman

4. Kayu Manis dan Lemon

Bubuk kayu manis membantu mengencangkan pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah. Sementara, lemon adalah bahan fungsional yang sudah dicoba dan benar yang dapat membantu dalam berbagai cara.

Faktanya, kemampuan antibakteri lemon mencegah komedo hitam, maupun komedo putih, bahkan sekaligus jerawat. Untuk membuat scrub ini, campurkan dua sendok teh bubuk kayu manis dan perasan lemon dalam jumlah yang sama. Biarkan scrub komedo ini di wajah kalian selama 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yoghurt keduanya tinggi nutrisi, dan ketika dicampur, keduanya menjadi scrub untuk menghilangkan komedo.

Oatmeal memiliki khasiat luar biasa dalam menyerap minyak berlebih dari kulit, yang membantu dalam pencegahan komedo. Dengan bantuan enzim probiotik, yoghurt memelihara dan melembabkan kulit. Tak heran, kedua bahan alami ini cocok untuk memushkan masalah kulit, khususnya komedo.

Untuk membuat scrub ini, ambil sesendok oat dan aduk rata dengan beberapa yoghurt. Pijat ke wajah kalian dan kemudian bilas dengan air dingin.

6. Putih Telur

Dikenal karena kemampuannya mengencangkan kulit, putih telur menjadi bahan yang efektif untuk menghilangkan komedo.

Ketika dioleskan langsung pada kulit atau sebagai masker, putih telur dapat mengecilkan pori-pori, sehingga memaksa komedo keluar. Menjadi kaya akan nutrisi, putih telur juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan minyak ekstra dari kulit.

4 dari 4 halaman

7. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan A serta memiliki sifat mencerahkan kulit, menyerap minyak, dan mengecilkan pori-pori. Ini sangat baik untuk orang dengan kulit berminyak karena bubur tomat secara efektif menghilangkan lemak berlebih tanpa menjadi keras.

Kalian bisa menggunakannya dengan potong beberapa irisan bundar dari tomat. Gosokkan irisan pada kulit kalian, fokuskan pada area yang dipenuhi komedo. Alternatifnya, kalian bisa mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan ake kulit kalian dan mencucinya dengan air hingga mengering.

8. Soda Kue

Soda kue adalah eksfoliator alami. Kalian bisa menggunakannya dengan membuat pasta menggunakan soda kue dan air dan oleskan ke area yang terkena komedo. Gunakan jari untuk menggosok kulit dengan lembut selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air. Ini harus dilakukan dua kali seminggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat