uefau17.com

Ladies, Begini Aturan Pakai Sunscreen Saat Menggunakan Riasan - Citizen6

, Jakarta Sunscreen atau tabir surya adalah perawatan dasar yang dibutuhkan kulit wajah kita. Melansir laman Live About.com, Sabtu (12/11/2022) ada beberapa aturan menggunakan sunscreen, agar sunscreen kamu bisa benar-benar bekerja. 

Menurut Warren Walo, Direktur Ilmiah pada Riset dan Pengembangan Perawatan Kulit 'Johnson & Johnson', penggunaan suncreen bukan hanya ditunjukkan saat terpapar langsung dengan sinar matahari. Akan tetapi, saat berada di dalam ruangan pun kulit tetap memerlukan sunscreen.

"Apapun yang terjadi, kulit perlu mendapat perlindungan. Jadi kamu harus melindungi kulit sepanjang waktu, dan tidak hanya di pantai," tegasnya. 

Alasan penting mengapa seorang profesional perawatan kulit, mempromosikan penggunaan sunscreen dan bukan hanya riasan atau bedak yang mengandung SFP (Sun Protection Factor, pelindung kulit dari sinar UVB). Hal ini dikarenakan cakupan dan fungsinya tidak akan maksimal dibandingkan dengan menggunakan sunscreen. 

Seperti yang dianjurkan ahli Dermatologi atau perawatan kulit, sunscreen sebaiknya digunakan setiap dua jam sekali. Lalu, bagaimana cara menggunakan sunscreen saat ingin menggunakan riasan atau make-up ?

Untuk caranya, kamu hanya perlu membersihkan wajah kamu dengan bersih, dan gunakan atau oleskan Sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi, sebelum menggunakan make-up. 

Saran dari Dr. Paul Friedman, MD, direktur Pusat Bedah Dermatologi dan Laser di Houston, Texas, "Cara yang terbaik adalah menunggu beberapa menit, sebelum merias wajah, agar riasan tidak menggumpal." Menunggu sekitar 20 menit sebelum mengaplikasikan pelembap atau riasan juga, dapat mencegah penurunan efektivitas sunscreen. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Mineral Make-up

Ketika kamu berencana untuk berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 15 menit, Dr. Keskie Baumann, MD, Direktur divisi Dermatologi Kosmetik di Miller School of Medicine, University of Miami, menjelaskan bahwa sebaiknya menggunakan riasan mineral yang mengandung SPF, agar dapat meningkatkan perlindungan saat menjadi pelapis sunscreen. 

Jika yang belum tahu, cara mencarinya adalah dengan melihat di bagian kemasan, untuk bedak misalnya, lihat yang mengandung Mineral Powder. Hal ini juga, menurut Dr. Keskie, bisa mengurangi munculnya wajah berminyak di sepanjang hari.

3 dari 4 halaman

Gunakan Sunscreen Berwarna

Saat kamu telah menggunakan riasan, kemudian kamu membutuhkan penggunaan kembali suncreen, gunakanlah sunscreen yang berwarna. 

"Ini sempurna (menggunakan sunscreen, yang berwarna sesuai dengan warna kulit) ketika menghabiskan hari di luar dan berharap untuk mempertahankan tampilan riasan yang tampak segar," ungkap Dr. Friedman. 

Selain itu, gunakan translucent powder (bedak tipis dan tidak berwarna yang biasanya digunakan untuk mengunci riasan) saat melakukan Touch Up (merias wajah), sehingga sunscreen kamu akan lebih tahan lama. 

Menurut Dr. Friedman, bedak ini produk yang bagus untuk pria, karena bedaknya berbahan dasar ringan, dan beberapa bedak jenis ini ada yang mengandung SPF 30+. 

4 dari 4 halaman

Jika Mendesak, Gunakan Compact Make UP Mengandung SPF

Tidak masalah jika kamu dalam keadaan mendesak, lalu kamu ingin merias kembali riasan yang agaknya sudah memudar. Coba gunakan compact make up (bedak padat) yang mengandung SPF, sebagai pengganti sunscreen yang seharusnya kamu gunakan. 

Menurut Johnson & Johnson's Heliople Technology, mereka memiliki produk bedak padat, dengan perlindungan lebih tinggi, seperti tahan dalam jepretan kamera (fotoable), tahan paparan matahari dan cocok dipadukan dalam riasan, yaitu 'Healthly Skin Compact Make Up SPF 55'. 

Kendati demikian, jangan lewatkan penggunaan sunscreen, terlebih saat kamu menggunakan make up dan akan berada di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Ikuti saran dari ahli perawatan kulit di atas, agar kulit kamu terawat dan tetap sehat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat