uefau17.com

13 Lukisan Potret dari Seluruh Dunia yang Melegenda, Termasuk Mona Lisa - Citizen6

, Jakarta - Satu-satunya cara untuk memotret seseorang di zaman dahulu mungkin adalah dengan lukisan

Sebelum fotografi dan kamera muncul, lukisan diri adalah salah satu cara untuk mengabadikan seseorang

Mona Lisa karya Da Vinci salah satunya. Lukisan potret yang dianggap sangat realistis, bahkan menurut standar lukisan potret masa kini. 

Potret adalah bentuk seni yang sangat tua, setidaknya pada zaman Mesir Kuno, di mana seni berkembang dari 5.000 tahun yang lalu.

Sejak itu, banyak Old Masters serta seniman modern yang mereproduksi gambar mereka sendiri dalam berbagai media, dengan berbagai motif artistik, komersial dan promosi diri.

Namun sebenarnya, potret yang dilukis biasanya menampilkan lebih dari sekedar identitas seseorang. Lukisan-lukisan zaman dulu menceritakan banyak hal terkait budaya hingga retrospektif yang lebih luas ke latar belakang budaya masyarakat dahulu. 

Lukisan potret juga digunakan untuk menunjukan kekuasaan, kepentingan, kecantikan, kekayaan, cita rasa, pembelajaran, hingga hal-hal menarik lain. 

Secara historis, lukisan potret dianggap sebagai karya seni yang paling penting. Juga sebagai salah satu napak ilas perkembangan manusia hingga kini. 

Di antara para seniman modern terkemuka, lukisan potret menjadi semakin langka. 

Walaupun kini kita memiliki teknologi untuk memotret diri, tapi, kita perlu tahu sejarah.

Mengutip Bored Panda, Kamis (10/11/2022), berikut adalah daftar lukisan potret terkenal yang menggambarkan manusia dan memiliki arti penting dalam sejarah. Lukisan-lukisan di bawah juga mempengaruhi seni modern yang kita lihat sekarang:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

1. Vertumnus oleh Giuseppe Arcimboldo

Giuseppe Arcimboldo melukis Vertumnus di Milan sekitar 1590-an. Lukisan ini menggambarkan Rudolf II, Kaisar Romawi Suci, sebagai Vertumnus, dewa dalam mitologi Romawi yang diasosiasikan dengan kebun, pohon buah-buahan, perubahan musim, dan pertumbuhan. 

Buah, sayuran, dan bunga membentuk potret Rudolf, yang dimaksudkan oleh seniman untuk menggambarkan harmoni dan keseimbangan ideal dengan alam yang diwakili oleh pemerintahan Kaisar.

Lukisan-lukisan kreatif yang dibuat oleh Arcimboldo dengan memanfaatkan objek-objek alam menunjukkan obsesi pikiran Renaisans dengan teka-teki, dan hal yang tidak biasa. Arcimboldo banyak menggunakan gaya mannerisme dalam lukisannya.

3 dari 14 halaman

2. The Desperate Man oleh Gustave Courbet

Dalam The Desperate Man, Courbet menarik rambutnya sambil menatap pengamat secara langsung dengan mata terbuka lebar, menyampaikan keadaan emosional dan psikologis subjek.

Courbet menggunakan potret dirinya untuk membuktikan dirinya sebagai seniman dan sebagai sarana promosi diri dan publisitas.

Dia percaya bahwa seniman harus menggambarkan dunia seperti yang mereka rasakan. Dengan demikian, karya seninya yang realistis pada akhir 1840-an disukai banyak pelukis realis dan neo-romantis muda. 

Selain merasakan keputusasaannya, ketika seseorang melihat potret diri ini, pengamat juga merasakan kepribadian Gustave Courbet. Berani, licik, radikal, aspiratif, dan penuh tekad.

4 dari 14 halaman

3. Potret Madame De Florian oleh Giovanni Boldini

Aktris Paris dan sosialita Marthe de Florian terkenal karena kecantikannya yang memikat.

Dia juga menjadi subjek dari banyak rumor. Orang-orang berspekulasi bahwa dia memiliki hubungan dengan beberapa pria terkenal, termasuk calon Perdana Menteri Prancis Georges Clemenceau dan pelukis Giovanni Boldini, master di balik potret di atas.

 

5 dari 14 halaman

4. Potret Chandos William Shakespeare Dikaitkan dengan John Taylor

Potret paling terkenal yang diyakini mewakili William Shakespeare adalah potret Chandos.

Kemungkinan potret ini merupakan inspirasi untuk gambar terukir Shakespeare yang muncul dalam Folio Pertama pada 1623. Lukisan ini dilukis antara 1600 dan 1610.

Meskipun potret ini dikaitkan dengan John Taylor, namun belum dapat ditentukan dengan pasti siapa yang melukis potret tersebut, atau apakah potret itu benar-benar menggambarkan Shakespeare.

6 dari 14 halaman

5. Mona Lisa oleh Leonardo Da Vinci

Leonardo sering disebut sebagai prototipe "manusia Renaisans," seseorang yang rasa ingin tahunya yang tampaknya tak terbatas hanya dilampaui oleh daya ciptanya. Dia dianggap sebagai salah satu seniman terbaik dan mungkin orang dengan talenta terbaik yang pernah ada.

Namun, Leonardo terutama dikenal karena lukisannya. Perjamuan Terakhir dan potret Mona Lisa, dua dari kreasinya, bisa dibilang lukisan yang paling terkenal, sering ditiru, dan sering diparodikan di sepanjang waktu.

Leonardo da Vinci adalah pelukis pertama yang menggunakan perspektif udara. Karyanya menjadi salah satu potret pertama yang menunjukkan subjek di depan lanskap yang direkayasa. Sebelum dia, potret tidak memiliki misteri; seniman hanya menggambarkan atribut fisik tanpa mempertimbangkan jiwa.

Jika mereka melakukannya, mereka berusaha untuk menyampaikan jiwa melalui gerakan, item simbolis, atau prasasti. Mona Lisa tetap menjadi misteri sampai hari ini; jiwa hadir namun tidak dapat diakses.

7 dari 14 halaman

6. The Milkmaid oleh Johannes Vermeer

Salah satu lukisan Vermeer yang paling terkenal adalah The Milkmaid. ermeer dikenal karena menggambarkan adegan dari kehidupan sehari-hari dalam karya seni ini.

Namun, Milkmaid berbeda dari karya-karya Vermeer sebelumnya, karena lukisan ini menggambarkan seorang pelayan yang kuat dalam bekerja, bukannya seorang wanita muda yang sangat cantik dan kaya raya di waktu senggang.

Segala sesuatu dalam lukisan itu tampaknya tidak bergerak kecuali tetesan susu. 

8 dari 14 halaman

7. Girl In A Sailor’s Blouse oleh Amedeo Modigliani

Selama setahun, dalam kondisi kesehatan yang buruk, berjuang melawan penyakit kronis, Modigliani tinggal di selatan Prancis, terutama di Nice, berharap bisa pulih dan sembuh dalam iklim yang lembut, dan di sanalah ia melukis Girl In A Sailor's Blouse.

Penggambarannya tentang wajah para pengasuh - datar dan seperti topeng, dengan mata almond, hidung bengkok, dan mulut mengerucut - mengungkapkan ketertarikannya pada topeng dan patung Afrika.

Potretnya menangkap esensi subjek dengan persepsi yang sangat tajam, meskipun komposisinya sangat sederhana dan latar belakangnya hambar.

9 dari 14 halaman

8. American Gothic oleh Grant Wood

Pelukis Amerika, Grant Wood paling dikenal karena karya-karyanya yang menggambarkan Midwest Amerika dalam suasana pedesaan, salah satunya adalah American Gothic, yang bisa dibilang sebagai salah satu karya paling terkenal di abad ke-20.

Ketika ditampilkan di Art Institute of Chicago pada 1930, lukisan ini menciptakan kehebohan yang luar biasa di kalangan publik. Sangat jarang dalam seni Amerika yang menggambarkan realisme brutal, dingin, dan sifat subjek yang jujur, lugas, dan bersahaja.

Mungkin gambar itu terasa sangat meresahkan karena distorsi yang aneh. Gambar ini telah berkembang menjadi salah satu ikon artistik seni Amerika yang paling terkenal karena potret ekspresif penduduk pedesaan Midwest yang rajin.

10 dari 14 halaman

9. The Arnolfini Portrait oleh Jan Van Eyck

Sekilas, Potret Arnolfini karya Jan van Eyck terlihat seperti gambaran rinci namun lugas tentang seorang saudagar kaya dan pengantin wanitanya.

Namun, pandangan kedua, mengungkapkan gambaran yang lebih menawan dalam representasi pernikahan Arnolfini ini. Latar tempat pertunangan Arnolfini ditampilkan penuh dengan barang-barang yang menunjukkan kekayaan, memiliki nuansa religius, atau hanya aneh.

Meskipun Giovanni Arnolfini dan Costanza Trenta dianggap sebagai pasangan dalam potret pernikahan Arnolfini, identitas mereka tidak diketahui.

Namun, para ahli percaya bahwa mereka kemungkinan besar adalah anggota elit Italia yang kaya raya. Gelang emas dan perak yang serasi pada pergelangan tangan pasangan itu dan manik-manik rumit di tepi kerudung sang wanita hanyalah beberapa sentuhan kecil dan indah yang Van Eyck pastikan untuk ditambahkan.

11 dari 14 halaman

10. Polynesian Woman With Children oleh Paul Gauguin

Identitas ketiga figur dalam karya ini tidak diketahui. Asumsi tentang hubungan mereka satu sama lain dan dengan sang seniman didorong oleh pose kekeluargaan mereka dan elemen lainnya, seperti cincin emas sang wanita dan tanda merah sang gadis di tangannya. 

Anak kecil di pangkuan wanita dalam lukisan ini mungkin mewakili anak Paul Gauguin, keturunan dari pacarnya di Tahiti, Pahura.  Wanita yang lebih tua mungkin nenek dari anak laki-laki itu.

Meskipun anak yang lebih tua dalam komposisi ini mungkin seorang anak perempuan, lukisan itu membangkitkan penggambaran tradisional Kristen tentang Perawan Maria dengan Anak Kristus dan Santo Yohanes Pembaptis muda.

Menurut analisis teknis, Paul Gauguin memposisikan ulang tangan wanita itu sedemikian rupa sehingga mereka secara diagonal berlawanan dengan tangan gadis muda yang berdiri di belakangnya.

12 dari 14 halaman

11. Lucretia oleh Rembrandt Van Rijn

Melalui ekspresi Lucretia yang melankolis dan sedih, noda darah pada gaunnya, dan belati di tangannya, Rembrandt menyampaikan kisah Lucretia. Lucretia adalah istri bangsawan Romawi dan terkenal karena kebajikan dan pengabdiannya. 

Sextus Tarquinius, putra tiran, terpesona oleh kebajikan Lucretia dan diam-diam pergi ke rumahnya dan disambut sebagai tamu terhormat. 

Lucretia dengan memasuki kamarnya dan melecehkannya secara seksual. Lucretia mengakui kekejaman itu kepada suami dan ayahnya sebelum bunuh diri di depan mereka. 

Pada waktu dan tempat ketika kebajikan seorang wanita dianggap lebih berharga daripada hidupnya, dia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya untuk menghindari aib.

13 dari 14 halaman

12. Salvator Mundi oleh Leonardo Da Vinci

Lukisan minyak pada panel yang sangat terkenal dan, akhir-akhir ini kontroversial, dan menakutkan ini menunjukkan sosok Kristus sebagai penyelamat dunia. 

Leonardo menggambarkan Kristus dalam karyanya seperti yang digambarkan oleh Yohanes 4:14 dalam Alkitab: "Dan kami telah melihat dan bersaksi bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya sebagai Penyelamat Dunia".

Dalam gambar tersebut, Kristus ditampilkan mengenakan pakaian Renaissance. Di tangan kirinya, membawa bola kristal transparan yang melambangkan " celestial sphere" dari langit sambil membuat tanda salib dengan tangan kanannya dan matanya tertuju pada orang yang melihatnya.

Selain itu, ia juga diidentifikasi sebagai Salvator Mundi yang mempertahankan gelar lukisan paling kontroversial di abad ke-21.

14 dari 14 halaman

13. The Denial Of Saint Peter oleh Caravaggio

Mengenai lukisan ini, tidak ada tanggal pasti yang diketahui kapan gambar itu selesai. Namun, para ahli percaya bahwa Caravaggio melukisnya pada bulan-bulan terakhir yang penuh gejolak dalam hidupnya, yang mewakili titik balik dalam pertumbuhan gaya revolusionernya.

The Denial of Saint Peter karya Caravaggio menggambarkan adegan alkitabiah. Seorang prajurit Romawi dan seorang pembantu imam besar Yahudi, Kayafas, menuduh Petrus sebagai salah satu murid Kristus saat ia berdiri di depan perapian. Dalam adegan dari Injil ini, Petrus menolak Kristus tiga kali.

Tiga jari yang ditunjukkan oleh para penuduh Petrus kepadanya - dua dari pembantu dan satu dari prajurit - menggarisbawahi kiasan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat