uefau17.com

Bukan Hanya Hiburan, Ini 4 Manfaat Nonton Kartun Bagi Orang Dewasa - Citizen6

, Jakarta - Apakah kamu orang dewasa yang masih suka nonton film kartun? Tidak usah malu, kamu tidak sendirian. Banyak orang yang sudah dewasa justru lebih menyukai tayangan yang biasa ditonton anak-anak ini. 

Film kartun menyuguhkan tontonan dengan adegan yang lucu, terkadang tayangan kartun juga berkaitan dengan keadaan yang sedang terjadi sekarang. 

Karena tayangan ini berisi animasi yang lucu, terkadang masyarakat menganggap orang dewasa yang menonton film kartun sebagai perilaku kekanak-kanakkan. 

Namun, jika kamu orang dewasa yang masih suka menonton kartun, tidak perlu khawatir dengan stereotipe yang telah terbentuk di masyarakat. Faktanya, di Amerika Serikat saja, lebih dari 60 persen orang dewasa, mengaku bahwa mereka masih menyukai dan menonton film kartun. 

Pasalnya, ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu masih menyukai tontonan yang membuat kamu tertawa ngakak. 

Melansir dari Momababyect, Jumat (28/10/2022), berikut deretan manfaat nonton film kartun bagi orang dewasa

1. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Siapa sangka, kartun yang menyuguhkan tontonan lucu bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri penonton, terutama orang dewasa.

Hal ini terjadi karena dalam beberapa film kartun, mengusung cerita pahlawan super, atau seseorang yang selalu beruntung, selamat dari kemalangan.

Disadari atau tidak, dengan menonton tayangan seperti itu, membuat kita menjadi lebih percaya diri dan memiliki kekuatan untuk menghadapi dunia.

Karena kita terpengaruh oleh adegan yang ada dalam kartun, termotivasi dengan karakter dalam kartun dan mampu melihat dunia dari sisi lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menghidupkan Kembali Kenangan Masa Lalu

Karakter dalam film kartun dengan mudah memanipulasi dan meniru psikologi otak kita. Terkadang, seseorang yang menonton film kartun jatuh cinta dengan tokoh dalam kartun itu dan ingin meniru karakternya. 

Kamu bisa mengenang masa lalu kamu saat menonton adegan dan film kartun yang kamu sukai, suasana masa kecil kamu akan hidup.

Karena saat menonton film kartun, otak kamu akan menangkap kamu sedang melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Sehingga nonton flm kartun dianggap sebagai kenangan yang indah, dan tidak mudah dilupakan. Walaupun saat kamu beranjak dewasa. 

Misalnya, saat kamu menonton film Frozen, kamu akan mengingat masa kecil kamu saat bermain bersama adik kamu, karena kamu melihat Elsa dan Anna sedang bermain.  

3 dari 4 halaman

3. Mengajarkan Pelajaran Hidup

Penelitian di University of Michigan, menemukan bahwa anak-anak lebih suka menonton kartun daripada sekolah. Hal ini karena pengalaman di kehidupan mereka, didapat dari tayangan animasi dan kartun. 

Perpaduan antara warna, karakter animasi dan efek audiovisual menggabungkan pengalaman belajar otak yang lebih baik. Bahkan, hal itu jauh lebih baik daripada melalui pembelajaran secara konvensional. 

Selain itu, kartun mengajarkan beberapa pelajaran luar biasa dalam hidup. Kartun memberikan pesan berupa kesadaran sosial. 

Tidak jarang, kartun memberikan pesan tersirat berupa sindiran, yang bisa menyadarkan masyarakat tentang kehidupan sosial masyarakat.

Kartun juga terkadang memberikan pesan langsung, berupa contoh perilaku dari karakter dan tokoh di tayangannya. Contoh film kartun yang selalu memberikan contoh dan sindiran adalah Simpsons. 

4 dari 4 halaman

4. Pereda Stres

Manfaat kartun jika ditonton orang dewasa adalah bisa meredakan stres. Bahkan bagi sebagian besar orang, nonton kartun adalah pelepas stres yang paling ampuh. 

Jika kamu sedang stres, nyalakan TV atau tonton tayangan animasi seperti Tom and Jerry atau Mr. Bean, dalam hitungan menit, kamu akan segera merasa lebih baik. 

Menurut berbagai penelitian, obat terbaik untuk mengatasi stres adalah tawa, dan kartun adalah pengundang tawa terbaik. Orang dewasa yang gemar nonton kartun memiliki penyakit stres yang lebih rendah. 

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kartun baik untuk otak karena menghasilkan hormon endorfin, karena tawa. 

Endorfin adalah senyawa kimia di otak yang menghasilkan hormon perasaan senang, hormon ini didapatkan saat kamu tertawa. Saat otak bahagia dan mental dan fisik akan sehat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat