uefau17.com

Begini Cara Tiap 16 Kepribadian The Myers Briggs Type Indicator Tunjukkan Rasa Peduli - Citizen6

, Jakarta - Salah satu stereotipe paling umum didengar tentang The Myers Briggs Type Indicator atau MBTI adalah tipe kepribadian Feeling (F) cenderung lebih peduli dengan orang lain dibandingkan Thinking (T).

Hal ini disebabkan tipe Thinking biasa dikaitkan sebagai kepribadian yang berfokus terhadap pikiran, bukan perasaan.

Lantas, apa itu sebenarnya The Myers Briggs Type Indicator atau MBTI? Melansir www.ruangguru.com, MBTI adalah metode pengukuran yang digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, khususnya untuk memahami bagaimana seseorang menilai sesuatu dan membuat keputusan.

Menurut The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menangani MBTI, hampir 1,5 juta orang mengikuti MBTI tes secara online setiap tahun.  

The Myers-Briggs Type Indicator lahir dan dikembangkan oleh Kathrine Cook Briggs dan putrinya. Carl Gustav Jung menjelaskan bahwa kepribadian ini dibagi melalui empat dimensi sifat dasar manusia, yaitu dimensi pemusatan perhatian yang terdiri dari Extrovert (E) vs Introvert (I), dimensi memahami informasi dari luar yang terdiri dari Sensing (S) vs Intuition (N), dimensi menarik kesimpulan dan keputusan yang terdiri dari Thinking (T) vs Feeling (F), lalu dimensi pola hidup yang terdiri dari Judging (J) vs Perceiving (P).

Nah, dari empat dimensi sifat tersebut dikombinasikan hingga menghasilkan 16 kepribadian. 

Stereotipe ini memengaruhi pandangan masyarakat dalam membedakan tipe-tipe kepribadian yang memiliki kepedulian dan yang tidak. Nyatanya, stereotipe keliru dalam membaca sikap seseorang dan tipe kepribadian yang mereka punya.

Setiap pribadi memiliki cara masing-masing dalam menunjukkan kepeduliannya. Rasa peduli yang ditunjukkan, biasanya akan dipengaruhi oleh lingkungan dan perlakuan yang mereka terima.

Sama halnya dengan Kepribadian MBTI, setiap tipe kepribadian memiliki caranya sendiri dalam menunjukkan bahwa mereka merasa peduli. Rasa ini biasa ditunjukkan ketika mereka berusaha untuk mendukung apa yang orang lain lakukan.

Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI terdiri dari 16 tipe kepribadian dengan klasifikasi tipe Introvert (I) dan Ekstrovert (E), Sensing (S) dan Intuition (N), Thinking (T) dan Feeling (F), serta Judging (J) dan Perceiving (P).

Berdasarkan klasifikasi tipe-tipe inilah, sebuah tipe kepribadian terbentuk dan menunjukkan tipe kepribadian seseorang.

Meskipun begitu, tipe tersebut tidak seluruhnya akurat dan cara setiap manusia menunjukkan kepribadian mereka berbeda secara individual.

Memiliki tipe kepribadian Thinking (T) tidak lantas membuat seseorang memiliki rasa peduli yang rendah dibandingkan tipe Feeling (F).

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan setiap 16 MBTI dalam menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain melansir dari laman www.16personalities.com:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Datang dengan Solusi dan Membantu Meringankan Beban Masalah

ENTP

Dalam menunjukkan rasa pedulinya, ENTP akan memberikan pemahaman tentang ide dan kemungkinan yang ada untuk menyelesaikan sebuah masalah. Mereka akan bersikap jujur dan mengatakan kebenaran yang ada.

ENTP cenderung sebagai kepribadian yang tidak suka berbohong untuk orang terdekatnya. Mereka merasa bahwa menjadi jujur akan membuat orang di sekitarnya merasa dihargai dan aman.

ENTJ

ENTJ akan membantu orang lain menangani tugas dan proyek yang mereka miliki sehingga lebih ringan. Kepribadian ini akan datang dengan solusi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi orang yang mereka pedulikan.

Seorang ENTJ menunjukkan rasa pedulinya dengan cara membantu orang lain mengatasi kondisi yang mereka hadapi, tanpa mengabaikan potensi yang mereka miliki.

Dari cara inilah sebagian besar kepribadian ini banyak membantu orang di sekitarnya dalam menemukan motivasi dan berusaha untuk sukses meraih sasaran.

INTP

INTP merupakan tipe yang suka melakukan analisis. Untuk menunjukkan rasa pedulinya, kepribadian ini akan mengambil waktu untuk memahami dan mempelajari orang lain. Mereka akan bersedia untuk mendengarkan dan berbagi pendapat dengan orang yang mereka pedulikan.

Cara ini akan membuat INTP mengerti apa yang orang lain butuhkan dan bagaimana cara mereka membantu. Kesabaran yang tinggi dalam menangani sebuah masalah dan kesetiaan merupakan nilai terkuat seorang INTP.

INTJ

Tipe ini tidak menggunakan kata-kata untuk menunjukkan bahwa mereka peduli. INTJ cenderung akan secara aktif mendengarkan masalah yang dihadapi orang lain, lalu menyusun solusi dan strategi yang dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Saat mereka peduli, INTJ akan datang membantu secara praktik. Mereka akan melakukan observasi demi mengetahui apa yang dibutuhkan, lalu memberikan waktu dan tenaganya untuk mengatasi isu yang dihadapi orang yang dipedulikannya.

3 dari 5 halaman

Memberikan Dukungan Emosional

ENFJ

Kepada orang yang dipedulikannya, ENFJ akan menawarkan dukungan emosional dan memberikan ruang untuk mengekspresikan diri secara bebas. Kepribadian ini akan memerhatikan kebutuhan orang lain dan selalu bersikap inisiatif.

Hal inilah yang membuat ENFJ terkadang tidak pernah menunggu orang lain untuk meminta bantuan kepada mereka. Mereka suka berbagi ide yang bisa menginspirasi orang di sekitarnya. Bagi ENFJ, membantu orang lain merupakan cara mereka mengekspresikan rasa sayang dan perhatiannya.

ENFP

ENFP akan membagikan ide dari sudut pandang yang berbeda sehingga bisa membantu mendapatkan solusi sebuah masalah. Mereka senang membantu orang dipedulikannya menghidupkan potensi yang dimiliki.

Kepribadian ini pandai dalam membuat ruang untuk orang yang mereka sayang dan membentuk peluang untuk menunjukkan diri mereka yang sebenarnya.

INFJ

Sebagai pribadi visioner, mereka cenderung mendorong orang-orang yang mereka sayangi untuk menjadi diri mereka yang lebih baik. INFJ menunjukkan kepeduliannya dengan memahami apa yang dianggap penting bagi orang lain secara personal.

Kepribadian ini senang berbagai wawasan, menginspirasi orang lain dengan ide-idenya, dan mendorong mereka menemukan potensi diri.

Cara lain yang dilakukan INFJ adalah menawarkan dukungan emosional. Ketika menemukan kebutuhan emosional tersebut, INFJ akan memenuhinya. Pribadi INFJ bisa menjadi pendengar yang baik dan menawarkan kebutuhan lain, untuk menciptakan suasana penuh kehangatan dan keamanan.

INFP

Kepribadian INFP menciptakan ruang yang aman bagi orang di sekitarnya, supaya mereka dapat mengekpresikan diri mereka dengan bebas dan menuangkan semua perasaannya. INFP menghargai keaslian sikap seseorang dan sabar dalam memahami perasaan juga pemikiran mereka.

Dalam menunjukkan rasa sayang dan pedulinya, INFP juga senang memberikan hadiah-hadiah yang memiliki nilai sentimental tinggi.

4 dari 5 halaman

Menjadikan Orang Lain Sebagai Prioritas

ESFJ

ESFJ akan sangat hangat ketika menghadapi orang yang mereka sayang. Kepribadian ini ingin teman atau keluarganya merasa nyaman dan cenderung menghindari topik sensitif selama dalam percakapan.

Mereka senang memenuhi keinginan orang yang mereka pedulikan dan merawat mereka, dengan menyediakan apa yang mereka butuhkan. ESFJ akan memproritaskan orang yang disayanginya dan membuat mereka merasa berharga.

ESTJ

Kesetiaan menjadi cara ESTJ dalam menunjukkan rasa pedulinya terhadap orang yang mereka sayangi. Mereka akan selalu hadir untuk orang tersebut. Tanggung jawab dan komitmen menjadi dua hal yang diutamakan ESTJ dalam menciptakan makna sebuah hubungan.

Kepribadian ini juga akan memberikan tantangan bagi orang yang disayang untuk memenuhi tanggung jawab dan komitmen. ESTJ ingin mereka bersikap jujur, logis, dan dapat diandalkan.

ISFJ

Mirip ENFJ, tipe kepribadian ini akan menawarkan dukungan emosional sekaligus ungkapan-ungkapan afirmasi. ISFJ menciptakan sebuah kenyamanan dan kestabilan bagi orang yang dipedulikannya.

Mereka senang membentuk suasana yang hangat dan aman sehingga orang lain merasa nyaman dan tidak merasa asing. Ketika mereka merasa sedih, ISFJ akan menghibur mereka dengan mengingatkan mereka terhadap rintangan yang pernah dihadapi bersama.

ISTJ

Menjadi solusi untuk memecahkan masalah, merupakan cara ISTJ dalam menunjukkan rasa peduli. Sebagai problem-solver untuk orang lain, kepribadian ini akan menyusun kerangka solusi yang efektif untuk mengatasi sebuah masalah.

ISTJ akan mengambil tanggung jawab dan menyisakan waktu mereka untuk orang lain. Ketenangan yang mereka miliki, membantu memberikan kekuatan kepada orang yang mereka sayangi ketika berada di masa sulit.

5 dari 5 halaman

Berbagi Momen-Momen Berharga Bersama

ESFP

Tipe ESFP akan mengajak orang yang mereka sayang masuk ke dunianya. ESFP ingin orang lain menikmati momen-momen berharga bagi mereka, serta menunjukkan kenyamanan dengan cara mengundang orang lain menikmati momen tersebut.

Kepribadian ini juga tidak akan menghakimi dan senang menciptakan ruang aman bagi orang lain. Mereka senang jika orang yang disayanginya tidak memalsukan diri dan bersikap terbuka.

ESTP

Tipe yang satu ini menunjukkan rasa pedulinya melalui kehadirannya di samping orang lain. ESTP ingin berbagi pengalaman dan memberikan dukungan saat senang atau sudah.

ESTP ingin orang di sekitarnya merasa aman, juga mengetahui bahwa dirinya akan selalu ada dan mendukung mereka menghadapi setiap masalah di depan mata. Kepribadian ini tidak suka menutupi kebenaran hanya untuk melindungi perasaan orang lain.

ISFP

ISFP berfokus terhadap perasaan orang lain, ketika mengekspresikan rasa pedulinya. Mereka akan memberikan ruang dengan penuh ketenangan, yang memungkinkan orang lain mengolah pikiran dan perasaan mereka.

Ia akan meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita juga keluhan orang yang mereka sayang tanpa mengganggunya dengan tanggapan mereka sendiri.

ISTP

Kejujuran adalah cara ISTP mengekspresikan rasa pedulinya. Kepribadian yang satu ini tidak memiliki cukup kesabaran untuk menghadapi kepalsuan. Karena ini, mereka selalu mengharapkan orang lain juga bersikap jujur dan terbuka terhadap apa yang mereka pikirkan.

Bagi ISTP, berbicara mengenai emosi membuat mereka merasa kewalahan. Mereka akan mengungkapkan seluruh perasaan yang mereka ingin keluarkan, lalu mengajak orang lain masuk ke dalam dunia mereka dan bersenang-senang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat