uefau17.com

7 Manfaat Olahraga Kardio untuk Kesehatan, Kurangi Sakit Pinggang hingga Buat Tidur Lebih Nyenyak - Citizen6

, Jakarta Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang dapat memicu detak jantung dan memompa darah lebih cepat. Olahraga kardio seperti naik turun tangga, berlari, menari, bersepeda, berenang merupakan olahraga untuk meningkatkan fungsi jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah di dalam tubuh.

Kardio juga melatih tubuh dalam mengatur pernapasan dan oksigen selama sesi olahraga. Berbagai gerakan dalam olahraga kardio akan merangsang denyut jantung dan meningkatkan laju pernapasan.

Jenis olahraga ini membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke tubuh, sehingga jantung dan paru-paru dapat terjaga kesehatannya. Bila otot jantung dan paru-paru sama kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah beroksigen yang lebih banyak dan lebih cepat ke dalam sel-sel otot.

Ahli kesehatan merekomendasikan untuk melakukan kardio setidaknya 150 menit seminggu. Dilansir dari laman Very Well Fit, Kamis (6/10/2022), dalam sehari, 10 menit melakukan olahraga kardio dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung,

Selain membantu menjaga kesehatan jantung, berikut ini sejumlah manfaat olahraga kardio untuk kesehatan tubuh yang rangkum dari berbagai sumber:

1. Tingkatkan Sistem Imunitas

Sebuah penelitian membandingkan dua kelompok wanita yang aktif melakukan olahraga kardio dengan wanita yang tidak pernah berolahraga. Dari dua kelompok tersebut terlihat perbedaan yang sangat signifikan.

Kelompok wanita yang aktif berolahraga kardio memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif. Selain itu, kelompok yang tidak aktif melakukan olahraga kardio cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Stres berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Sakit Pinggang

Pernahkah Anda merasakan sakit di area pinggang karena terlalu banyak duduk di depan layar komputer? Ya, olahraga kardio bisa jadi cara efektif untuk meredakan rasa sakit pada pinggang Anda.

Pasalnya, olahraga kardio dapat meningkatkan kembali fungsi otot dan aliran darah ke struktur tulang belakang, juga meningkatkan jumlah nutrisi yang diperlukan tulang belakang.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa memicu penyakit serangan jantung, stroke, demensia, bahkan gagal jantung. Olahraga merupakan kunci untuk mengobati dan mencegah tekanan darah tinggi dengan cara mudah.

Selain itu, olahraga kardio dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga arteri tetap bersih dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Melakukan aerobik selama 40 menit setiap 3 sampai 4 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah secara intens.

 

3 dari 4 halaman

4. Menurunkan Stres

Olahraga kardio memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini karena olahraga kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood Anda.

Sebuah penelitian mengungkap, rutin berolahraga seperti berjalan kaki selama 30 menit dalam waktu paling tidak 15 hari, terbukti dapat mengurangi stres dan mengurangi gejala depresi.

5. Bantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik menjadi salah satu kunci menjaga fungsi organ tubuh tetap sehat. Olahraga kardio dapat menghasilkan tidur malam yang lebih nyenyak dan mengatasi masalah sulit tidur, seperti insomnia.

Namun perlu diketahui untuk tidak melakukan kardio terlalu dekat dengan jam tidur. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan sulit tidur. Disarankan untuk melakukan olahraga 3 - 4 jam sebelum jam tidur di malam hari.

4 dari 4 halaman

6. Menjaga Berat Badan

Olahraga merupakan kunci untuk menjaga berat badan dan membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Gabungan olahraga dan diet sehat secara efektif dapat menjaga berat badan menjadi ideal.

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh sebab itu, luangkan waktu 10 - 15 menit untuk melakukan olahraga kardio.

7. Menyehatkan Kulit

Melakukan olahraga kardio akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan kulit yang lebih sehat dan bersih. Otot tubuh kita juga menjadi lebih fleksibel dan meningkatkan suplai oksigen.

Selain itu, organ tubuh seperti pankreas dapat bekerja lebih optimal untuk mengubah makanan menjadi energi dan meminimalisir penyakit diabetes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat