uefau17.com

Top 3: Wukuf di Arafah, Ini Doa Bagi Jemaah Haji yang Bisa Anda Baca - Citizen6

, Jakarta Dalam menjalankan ibadah haji, wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah menjadi salah satu rukun. Jemaah haji melakukan wukuf di Arafah, hari ini Jumat (8/7/2022) atau 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Dalam wukuf, jamaah haji hanya berdiam di area wukuf (mauqif). Mereka bergerak ke Arafah sejak Kamis 7 Juli 2022 atau 8 Zulhijah 1443 H, mulai pukul 07-17 Waktu Arab Saudi.

Di Arafah, para jemaah menempati tenda masing-masing dan bermalam di sana. Wukuf dimulai dengan khutbah wukuf, lalu dilanjutkan salat zuhur dan ashar dijamak dan diqosor.

Artikel tentang bacaan doa bagi jemaah haji menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-. Disusul dengan artikel tentang gejala diabetes tipe 2 di kaki yang harus diwaspadai.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang potret kenangan Dicky Topan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Wukuf di Arafah Hari Ini, Begini Bacaan Doa Bagi Jemaah Haji

Konsultan Pembimbing Ibadah Daker Makkah Aswadi Suhada mengatakan, ketika jemaah bermalam di Arafah, jemaah sebaiknya memperbanyak zikir, membaca Alquran, istighosah, manaqiban atau silaturahmi.

Kemudian ketika ketika masuk tanggal 9 Zulhijah sekitar pukul jam 11 waktu setempat, jemaah bersiap-siap mengambil wudu karena ada prosesi wukuf di Arafah. Wukuf dimulai azan kemudian dilanjutkan khutbah wukuf, lalu salat jamak takdim zuhur ashar di jamak qashar dengan masing masing 2 rakaat. Jemaah pun disarankan berdoa, bisa dilakukan berjemaah dan yang lainnya mengamini.

"Ini disarankan zikir karena di Arafah ini adalah waktu mustajabah apalagi nanti wukuf di Arafah ini bertepatan dengan hari Jumat," kata Aswadi.

Melansir Nu Online, Jumat (8/7/2022), Imam An-Nawawi menganjurkan membaca doa sebagai bacaan bagi jemaah haji yang hendak menuju wukuf di Arafah. Tidak ada riwayat atas doa ini. Tetapi redaksi doa ini baik untuk dibaca jamaah haji yang bergerak menuju Arafah untuk wukuf pada 9 Dzulhijjah.

Selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bau hingga Sensasi Aneh, Ini Tanda Gejala Diabetes Tipe 2 di Kaki yang Harus Anda Perhatikan

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan gejala yang diketahui mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh.

Jika Anda menderita diabetes, pankreas Anda menghasilkan terlalu sedikit insulin atau tidak sama sekali dan ini memungkinkan kadar glukosa darah meningkat sementara sel-sel Anda kekurangan energi yang sangat dibutuhkan. Ini pada gilirannya menyebabkan sejumlah besar masalah.

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang dapat mengalami banyak kerusakan akibat diabetes. Ini dapat menyebabkan masalah kaki yang serius akibat penyakit arteri perifer (PAD).

PAD menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengurangi aliran darah ke kaki dan kaki, dan dalam kasus ekstrem dapat menyebabkan amputasi.

Tanda peringatan diabetes tipe 2 di kaki

Masalah kaki merupakan komplikasi yang paling ditakuti dari semua komplikasi diabetes, namun yang mengkhawatirkan, 30% penderita diabetes tidak menyadari bahwa komplikasi kaki merupakan hal yang umum dan serius hingga terlambat terdeteksi.

Statistik serius lainnya adalah bahwa kematian lima tahun pasca amputasi lebih buruk daripada kanker yang paling umum dan jauh lebih tinggi daripada kanker payudara. Kerusakan saraf pada kaki adalah komplikasi umum dari diabetes, tetapi sering tidak disadari.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. 6 Potret Kenangan Manis Dicky Topan, Pemain Sinetron Si Entong Sebelum Meninggal

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Pemain sinetron Dicky Lebrianto atau lebih dikenal dengan Dicky Topan meninggal dunia pada Kamis (7/7/2022), pukul 21.00 WIB.

Kabar duka tersebut dibenarkan sang ibu, Lusi Yanti. Dia menyebut bahwa Dicky mengidap penyakit pembengkakan jantung. Dicky didiagnosis penyakit itu sejak dua tahun lalu.

Sebelum meninggal, sang ibu melihat perut Dicky dalam kondisi kembung dan kakinya kaku. Kabar kepergian pemain sinetron Si Entong itu sontak mengundang perhatian publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Pantauan Citizen6-, sejak kabar duka itu beredar di media sosial, warganet membanjiri lini masa dengan ucapan belasungkawa.

Dalam unggahan terakhirnya di akun Instagram pribadinya @dicky_topan, warganet pun membanjiri kolom komentar dengan menuturkan doa dan belasungkawa untuk Dicky.

“Innalillahi wainnailaihi rajiun, semoga tenang di Surganya Tuhan, aamiin,” tulis akun @yulia_rahmawati_15.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun, terimakasih telah menghibur masa2 kecil kami,” kata akun @eceslow24.

“Rest in peace bang topan semogga husnul khatimah Al-fatihah,” doa akun @ojannnnnnn_.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun.. Semoga husnul khatimah,” ucap akun @ssngdgzly.

“Selamat jalan Bang semoga amal ibadah mu diterima disisi ALLAH SWT Amiin..dan terimakasih juga telah mewarnai masa kecil Kami,” ucapan belasungkawa akun @ rizallolii.

“Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un,semoga amal dan ibadahnya di terima disisi Allah. Aamiin,” tulis akun @elinaaa07_.

 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat