uefau17.com

Menurut Studi 8 Hal Ini Ampuh Redakan Stres dan Cemas - Citizen6

, Jakarta Stres dapat berperan dalam banyak masalah kesehatan, termasuk sakit kepala, masalah jantung, dan bahkan diabetes. Jadi penting bagi kita untuk mencoba menguranginya sebanyak yang kita bisa. Beberapa teknik dan latihan dapat membantu kita mencapai kehidupan yang lebih seimbang, lebih bahagia, dan juga dapat menenangkan pikiran cemas kita ketika tidak ada hal lain yang berhasil.

Dilansir dari Brightside, berikut deretan hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap tenang dalam keadaan yang penuh dengan tekanan. 

1. Cobalah beberapa teknik pernapasan aktif

Jika Anda merasa sulit untuk hanya duduk diam dan mengambil napas dalam-dalam saat stres, Anda dapat mencoba beberapa teknik pernapasan yang lebih aktif. Misalnya, Anda bisa mulai dengan meletakkan 2 jari Anda di bawah atau di pangkal hidung dan mengambil beberapa napas dalam-dalam. Latihan lain adalah memegang telinga Anda saat Anda melakukan latihan pernapasan, dan Anda bahkan dapat menyilangkan tangan di depan dada untuk kenyamanan ekstra.

2. Taruh garam di lidah Anda

Trik ini mungkin tampak agak tidak konvensional, tetapi menurut para ahli, trik ini dapat bekerja dengan baik. Anda hanya perlu menaruh sedikit garam di lidah Anda, dan rasanya bisa mengalihkan perhatian Anda dari pikiran yang berkecamuk. Ini juga akan membuat Anda ingin minum air, yang juga dapat membantu menenangkan kecemasan Anda. 

3. Letakkan sesuatu yang dingin di dada Anda

Peretasan anti-kecemasan lain yang sangat sederhana dan mudah diakses adalah membekukan saraf vagus Anda. Saraf vagus berjalan dari kepala Anda ke dada Anda, dan memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur sistem saraf.

Anda dapat mendinginkan saraf ini dengan mandi air dingin, mencelupkan wajah Anda ke dalam air es, atau meletakkan kompres es di dada Anda dan menahannya di sana selama beberapa menit. Dan untuk membuat pengalaman lebih nyaman, Anda bisa membungkus kantong es atau sayuran beku dengan handuk sebelum meletakkannya di dada.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Genggam es batu hingga main lompat tali

4. Cobalah beberapa latihan grounding

Jika Anda tidak suka benda dingin menyentuh tubuh Anda, Anda bisa mencoba latihan grounding yang sangat sederhana ini. Yang Anda butuhkan hanyalah kursi. Duduk di kursi, lepaskan sepatu dan kaus kaki Anda, dan tekan kaki Anda ke tanah sambil menarik napas dalam-dalam dan memejamkan mata. Perhatikan bagaimana rasanya menekan kursi dan lantai saat Anda mencoba menjernihkan pikiran dari pikiran yang tidak diinginkan. 

5. Menggenggam es batu di telapak tangan Anda  

Ini adalah trik lain yang Anda hanya perlu es atau sesuatu yang dingin. Buka telapak tangan Anda dan masukkan es batu ke dalamnya, lalu lipat jari-jari Anda menjadi kepalan tangan. Sensasi yang sangat dingin akan mengalihkan perhatian Anda dan memaksa pikiran Anda untuk keluar dari kepala Anda, berfokus pada dinginnya es sebagai gantinya. 

6. Gunakan lompat tali selama beberapa menit

Jika Anda merasa gelisah dan tak menentu, mencoba untuk rileks dan mengambil napas dalam-dalam di satu tempat bisa jadi tidak mungkin dilakukan. Sebagai gantinya, Anda bisa mengambil lompat tali dan melompat-lompat selama beberapa menit. Latihan kecil ini dapat mengurangi kecemasan dan memungkinkan Anda melepaskan diri dari pikiran Anda. Menemukan ritme Anda dan berfokus pada ketepatan lompatan Anda hampir bisa membuat Anda berada dalam kondisi meditasi.

3 dari 3 halaman

Pelukan kupu-kupu hingga rilekskan lidah

7. Cobalah pelukan kupu-kupu

Anda bisa melakukan latihan ini sambil berdiri, duduk, atau bahkan berbaring. Untuk memulai, Anda harus menyilangkan tangan di dada, jari-jari bertumpu pada lengan atas atau bahu. Anda dapat memejamkan mata sambil bergantian melakukan gerakan tangan, meniru kepakan sayap kupu-kupu. Selama gerakan, fokuslah pada pernapasan Anda atau sensasi di sekitar Anda, ulangi sampai Anda merasa lebih tenang.

 

8. Rilekskan lidah Anda untuk menenangkan pikiran 

Ini adalah teknik lain yang hanya melibatkan lidah Anda. Untuk memulai, tutup mata Anda dan tekan lidah Anda ke langit-langit mulut Anda selama beberapa detik. Kemudian biarkan lidah Anda jatuh dan menyentuh dasar mulut Anda. Biarkan lidah Anda rileks dan jika tegang lagi, ulangi langkah-langkahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat