uefau17.com

Tinder Swindler dari India, Pria Penipu Ini Menikahi 27 Wanita Demi Uang Mereka - Citizen6

, Jakarta Bagi Anda yang sudah menonton dokumenter Netflix dengan judul The Tinder Swindler, pasti masih ingat dengan kisah pria penipu yang mengelabui banyak wanita setelah berkenalan lewat aplikasi kencan, Tinder.

Sekarang, tampaknya kita membutuhkan Tinder Swindler versi Asia setelah 'dokter' India palsu menipu dengan menikahi 27 wanita, demi uang mereka.

Berdasarkan laporan Hindustan Times, Bibhu Prakash Swain yang berusia 66 tahun ditangkap setelah petugas polisi mengikuti setiap gerakannya selama 8 bulan.

Dianggap sebagai salah satu 'penipu terbesar' di India, dia telah menikahi 27 wanita di 10 negara bagian, menipu 13 bank dengan 128 kartu kredit dan menipu orang hingga 20 juta rupee.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengincar wanita yang mengalami tekanan sosial

Pria penipu ini menargetkan wanita di atas usia 40 tahun, yang mengalami tekanan sosial untuk menikah, bercerai, atau memiliki masalah keluarga.

“Keluarga sering memilih untuk menikahkan perempuan untuk mengurangi beban ekonomi mereka, dan juga perempuan lajang dipandang rendah dalam masyarakat kita,” demikian menurut sosiolog Rita Ray.

Para wanita ini juga memiliki pekerjaan berpenghasilan tinggi. Misalnya, di antara 'istrinya' adalah:

  • seorang asisten komandan untuk Polisi Perbatasan Indo-Tibet
  • seorang akuntan sewaan
  • dokter
  • 2 advokat Mahkamah Agung dan Pengadilan Tinggi Delhi
  • seorang pegawai pemerintah
  • seorang petugas Layanan Administratif Kerala
  • guru

 

3 dari 6 halaman

Mengaku memiliki pendidikan tinggi

Dia akan memanfaatkan situs pernikahan di mana dia mengiklankan dirinya sebagai profesor berusia 51 tahun yang bekerja sebagai wakil direktur jenderal pendidikan dan pelatihan kesehatan. Dia juga mengklaim memiliki pendapatan tahunan 5-7 juta rupee.

“Meskipun dia terlihat lebih dari 60 dalam kehidupan nyata, korbannya mengabaikannya sambil mempertimbangkan pekerjaan pemerintahnya. Swain memanfaatkan sepenuhnya ketidakberdayaan wanita itu dan memasang jebakan yang rumit.”

“Meskipun, kami belum tahu berapa banyak uang yang dia hasilkan dari para korban, penilaian awal mengatakan dia mengumpulkan 200.000 hingga 1 juta rupee dari para korbannya. Motifnya adalah menikah demi uang,” kata Umashankar Dash, Wakil Komisaris Polisi Bhubaneswar.

 

4 dari 6 halaman

Meminta uang kepada para istrinya

Beberapa keluarga bahkan mengambil risiko mengambil pinjaman berbunga tinggi dengan keyakinan bahwa mereka mendapatkan 'dokter' untuk menantu laki-laki.

Dia juga akan secara acak menelepon istrinya, meminta uang.

“Setelah menikah, dia akan menelepon istrinya mengatakan dia terjebak di bandara karena tiketnya telah dibatalkan atau dia membutuhkan uang untuk sakit mendadak. Dia akan mengambil uang itu, berjanji untuk mengembalikannya keesokan harinya, yang tentu saja tidak pernah dia lakukan.”

 

5 dari 6 halaman

Kebohongannya terbongkar

Kebohongan Swain terbongkar setelah salah satu istrinya mengajukan laporan polisi pada Mei 2021, yang mengarah ke penyelidikan.

Dia berbagi bahwa ibunya yang sudah lanjut usia telah mendorongnya untuk menikah dan 15 hari setelah dia memposting profilnya secara online, dia menerima pesan dari Swain yang telah membual tentang posisi palsunya dan mengatakan kepadanya bahwa dia ingin menikah dengan cepat.

"Saya tidak curiga. Dia datang ke rumah saya dua kali dengan salah satu asistennya. Karena saya telah menghabiskan banyak waktu di Odisha sebelum pindah ke Bhilai dan kemudian Delhi, saya pikir orang-orang Odisha tidak bersalah dan tidak akan pernah bisa menipu siapa pun.”

 

6 dari 6 halaman

Melaporkan Swain ke polisi

“Pada Juli 2018, kami menikah di kuil Arya Samaj. Tapi, dia tidak pernah membawa saya ke Odisha sampai Desember 2018, ketika dia membawa saya ke sebuah apartemen di Bhubaneswar. Namun, 5 hari kemudian, dia berkata bahwa dia akan berangkat ke Bangalore untuk pekerjaan resmi dan saya kembali ke Delhi. Saya mulai curiga ketika dia tiba-tiba meninggalkan saya dalam waktu singkat dan menghilang selama berbulan-bulan,” katanya.

Dia kemudian diberitahu tentang pernikahannya yang lain oleh salah satu anggota staf Swain dan mengajukan laporan polisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat