uefau17.com

Benarkah Air Beras Mampu Atasi Rambut Rusak? Begini Kata Ahli - Citizen6

, Jakarta - Air beras dikenal memiliki manfaat dalam perawatan kecantikan, yang paling umum adalah untuk menyehatkan kulit wajah. Tapi sebuah tren belum lama ini menyebutkan bahwa air beras bisa dipakai dalam perawatan rambut rusak.

 

Manfaat air beras untuk kesehatan rambut dan kulit kepala antara lain, meningkatkan pertumbuhan rambut, menambah kilau dan memperkuat akar rambut, melembutkan, bahkan membuat rambut jadi tidak mudah kusut.

Seperti dilansir dari Allure.com, (Selasa (1/3/2022), sebuah penelitan tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Chemists mengatakan, para wanita istana Periode Heian memiliki rambut panjang dan indah sampai menjulur ke lantai disebut siberakashi. Adalah rutinitas menyisir rambut  setiap hari menggunakan Yu-Su-Ru atau air cucian beras.

Apa sebenarnya air beras itu, dan seperti apa manfaat serta kandungannya? Berikut penjelasan para ahli.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu air beras?

“Air beras adalah cairan bertepung yang dikemas dengan manfaat yang membantu memperkuat rambut,” kata Howard Sobel, M.D, seorang dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kulit kosmetik di Lenox Hill Hospital.

Sederhananya, air beras adalah air yang tersisa atau terbuang saat mencuci beras, sebelum memasaknya.

“Ini mengandung antioksidan, asam amino, vitamin, dan zat yang disebut inositol, yang semuanya berkontribusi untuk membuat rambut lebih besinar dan lebih kuat,” jelas Howard lebih lanjut.

 

3 dari 5 halaman

Bagaimana air beras bermanfaat untuk rambut?

Air beras memiliki banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut, salah satunya adalah asam amino.

Kata ahli kimia dan kosmetik, Ginger King, “beras mengandung sedikit asam amino. Dimana asam amino ini merupakan bentuk protein yang bisa menutrisi kembali rambut rusak.”

Kandungan lainnya dari air beras adalah inositol. Merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan rambut dan memperbaiki rambut lemah dan mudah patah.

Selain itu air beras juga mengadung vitamin B, E dan pati. Fungsinya untuk melembutkan, menghaluskan, menambah kilau pada rambut, menambah volume, dan ketebalan serta melapisi rambut bagian luar secara alami.

4 dari 5 halaman

Apakah air beras bermanfaat untuk kulit kepala?

Selain rambut, air beras bermanfaat untuk kulit kepala, karena rambut sehat hanya bisa tumbuh dari kulit kepala yang sehat pula.

Menurut King, “Air beras bertindak sebagai pembersih dan toner yang lembut, sehingga dapat membantu menghilangkan bekas penumpukan dan menyegarkan kulit kepala, agar menghasilkan hambut yang sehat.”

5 dari 5 halaman

Bagaimana cara menggunakan perawatan rambut dengan air beras?

Perawatan air beras bisa dilakukan di rumah melalui dua teknik berbeda, yaitu merebus atau merendam.

Teknik pertama, merebus. Anda bisa merebus dua genggam beras dengan tiga gelas air, setelah mendidih pisahkan antara beras dan air. Dinginkan air rebusan tersebut, lalu air beras siap digunakan untuk rambut.

Untuk teknik kedua yaitu merendam. Anda cukup merendam beras dengan air yang cukup banyak selama 24 jam. Lalu pisahkan air dan beras, kemudian air beras siap digunakan untuk rambut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat