uefau17.com

Teknik Sederhana Ini Bantu Anda Tidur Nyenyak Kurang dari Lima Menit - Citizen6

, Jakarta - Banyak orang berjuang untuk tidur di malam hari. Banyak dari kita tahu sakitnya berbaring terjaga ketika Anda harus bangun pagi-pagi keesokan harinya.

Berpikir tentang tidak bisa tidur kemungkinan akan memperburuk masalah, tetapi untungnya seorang ahli tidur telah membagikan teknik yang akan membantu Anda tertidur dalam waktu kurang dari lima menit.

Rosie Osmun dari Everynight.com telah menjelaskan bahwa hanya dengan membuat sedikit perubahan pada jadwal tidur Anda dapat membantu Anda tertidur lebih mudah.

Jika Anda tidak bisa tidur, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah melihat jam. Terobsesi dengan waktu yang tersisa sampai Anda harus bangun pada akhirnya dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur.

Sebaliknya, cobalah trik sederhana ini yang dapat membantu Anda tertidur dengan cepat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara cepat tidur

Menurut Rosie, teknik sederhana yang disebut relaksasi otot progresif (PMR) dapat membantu tubuh Anda rileks sebelum tidur.

Dia menambahkan: "Bertujuan untuk meredakan ketegangan, fokus dari teknik ini adalah untuk mengencangkan otot Anda sebentar sebelum mengendurkannya."

 

 

3 dari 6 halaman

Berikut cara melakukan teknik tersebut:

  • Tutup matamu dan bernapas perlahan
  • Tegangkan seluruh wajah Anda (mata, mulut, hidung, rahang, dan bibir) selama kurang lebih 10 detik, lalu tarik napas dalam-dalam dan rilekskan otot-otot Anda
  • Ulangi prosedur ini untuk mengencangkan dan mengendurkan otot-otot di tubuh Anda, dari bahu dan leher, sampai ke betis dan kaki Anda.

 

 

4 dari 6 halaman

Apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda tidur?

Rosie juga merekomendasikan untuk menjauhkan barang elektronik dari kamar tidur Anda sebanyak mungkin untuk menghindari tidur malam yang terganggu.

Dia menjelaskan: "Cahaya biru dari TV, laptop, atau ponsel dapat mengacaukan ritme sirkadian kita dan membuatnya lebih sulit untuk tertidur.

"Sebaliknya, cobalah menukar melihat ponsel Anda dengan membaca atau menyelesaikan rutinitas perawatan kulit, atau tugas apa pun yang cukup santai untuk bersantai sebelum tidur."

 

 

5 dari 6 halaman

Suhu kamar juga memengaruhi

Juga, pertimbangkan suhu kamar tidur Anda. Orang dengan insomnia cenderung kepanasan di malam hari.

Namun, menurut Rosie, suhu kamar tidur yang sempurna untuk tertidur adalah antara 15,5-19,5 derajat Celsius.

Rosie menjelaskan: "Jika suhu kamar Anda terlalu hangat, ini dapat berkontribusi pada peningkatan suhu tubuh, membuatnya lebih sulit untuk tertidur dan mencapai tidur nyenyak.

"Sebaliknya, pastikan untuk mendinginkan diri sebelum tidur dan hindari menggunakan selimut tebal dan berat, terutama pada malam yang lebih hangat."

 

6 dari 6 halaman

Konsistensi adalah kuncinya

Cobalah untuk menjaga jadwal tidur tertentu dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini pada akhirnya akan membuatnya lebih mudah untuk tertidur lebih cepat.

Rosie menambahkan: "Juga, hindari tidur siang yang lama di siang hari. Tidur siang yang lama dapat mengganggu jadwal tidur Anda, menunda permulaan tidur di malam hari.

"Anda mungkin juga mengalami keadaan grogi setelah tidur siang yang dikenal sebagai sleep inertia. Sebaliknya, tetaplah melakukan power nap selama 30 menit saat dibutuhkan," tutup dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat