uefau17.com

Pakai Masker Bikin Bau Mulut, Lakukan Ini untuk Menghilangkannya - Citizen6

, Jakarta - Bau mulut yang secara medis dikenal sebagai halitosis adalah bau tidak sedap yang keluar dari mulut. Penyebabnya bisa termasuk kebersihan yang buruk atau masalah kesehatan di mulut, gigi, gusi, tenggorokan atau sistem pencernaan.

Makanan yang kita makan dihancurkan di mulut kita. Ini diserap ke dalam aliran darah Anda dan bergerak ke paru-paru, mempengaruhi udara yang Anda hembuskan.

Jika Anda makan makanan dengan bau yang kuat (seperti bawang putih atau bawang merah), itu akan menghasilkan bau yang tidak sedap. Menyikat gigi dan flossing atau bahkan obat kumur hanya dapat menutupi bau sementara.

Bau tidak akan hilang sepenuhnya sampai makanan telah melewati tubuh Anda. Makanan umum lainnya yang dapat menyebabkan bau mulut termasuk keju, rempah-rempah tertentu, jus jeruk atau soda, alkohol.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab bau mulut lainnya

Ada sejumlah penyebab lain untuk bau mulut Anda yang mungkin selama ini tidak disadari. Apa saja? Ini dia.

1. Mulut kering: Mulut kering adalah salah satu penyebab utama bau mulut. Air liur sangat penting untuk membersihkan bakteri dan membantu menjaga nafas tetap segar.

2. Masalah pencernaan: Masalah pencernaan yang berbeda seperti refluks asam, pencernaan yang buruk, gangguan usus, dan sembelit dapat menyebabkan gas belerang naik melalui mulut Anda dan menyebabkan bau mulut.

 

 

3 dari 5 halaman

Merokok

3. Merokok: Rokok tak hanya mengandung banyak racun dan bahan kimia yang membahayakan kesehatan Anda tetapi juga menyebabkan bau mulut

4. Kebersihan mulut yang buruk: Ini biasanya berarti ada penumpukan bakteri di mulut Anda. Bakteri melepaskan senyawa belerang yang berbau seperti telur busuk dan merupakan sumber bau mulut Anda

5. Minum kopi atau alkohol: Kedua minuman ini memiliki rasa kuat yang cenderung bertahan di mulut selama berjam-jam jauh dari waktu Anda meminumnya. Kopi dan alkohol keduanya juga menurunkan produksi air liur yang berarti mulut Anda tidak membersihkan bakteri sesering yang seharusnya.

Hal ini dapat menyebabkan bakteri berlama-lama di dalam mulut Anda dan menyebabkan bau mulut.

 

4 dari 5 halaman

Lakukan ini untuk membantu mengurangi bau mulut

Mulut kita adalah salah satu jendela ke dalam tubuh sehingga jika ada bau tidak sedap itu pertanda ada beberapa penyebab ketidakseimbangan yang perlu diobati. Perawatannya akan mengobati akar penyebabnya.

Meski demikian, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankannya. Seperti beberapa hal ini:

Diet makanan utuh dengan banyak makanan mentah seperti seledri, kemangi dan peterseli.

Nutrisi antioksidan penting yang dianggap sebagai perlindungan terbaik terhadap bau mulut ditemukan dalam buah-buahan, sayuran seperti wortel, melon, dan makanan jeruk. dan biji-bijian.

Makanan ini juga memberi Anda Serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga kebersihan saluran yang sejauh ini dianggap paling penting karena bau mulut jauh lebih sering disebabkan oleh gangguan pencernaan dan usus yang beracun daripada kebersihan mulut yang buruk.

 

 

5 dari 5 halaman

Cara lain yang dapat membantu:

  • Setengah lemon diperas dengan air hangat saat bangun tidur dan sebelum tidur. Ini tidak hanya membantu dengan bau mulut tetapi juga bau badan.
  • Mengunyah adas panggang atau biji jintan setelah makan juga sangat baik untuk pencernaan Anda.
  • Kunyah makanan dengan baik, makan perlahan, hindari makan berlebihan dan pastikan hidrasi yang baik.
  • Terapi jus: Jus wortel bayam dan mentimun sekali setiap hari sampai masalah teratasi.
  • Minum banyak air akan membuat mulut tetap lembab yang akan merangsang produksi air liur membasuh bakteri yang ada di mulut.

 

Jika Anda masih merasa malu dan membutuhkan pendapat kedua tentang cara menyembuhkannya, konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter gigi Anda sedini mungkin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat