uefau17.com

Inspirasi Menu Diet untuk Sarapan: Frittata Si 'Pizza' Telur dari Italia - Citizen6

, Jakarta Masyarakat Italia tak melulu makan pasta. Negara yang beribukota di Roma ini juga punya resep makanan simpel bernutrisi yang cocok dijadikan sebagai menu diet untuk Tahun Baru 2022.

Frittata namanya. Nama makanan ini berasal dari kata fritta yang dalam Bahasa Italia berarti menggoreng. Bentuknya mirip seperti omelet atau telur dadar bulat berukuran besar.

Yang membedakan frittata dengan telur dadar biasa adalah bahan isiannya yang menggunakan berbagai bahan bergizi. Ada yang menggunakan isian protein, seperti ikan salmon, ayam, sosis. Ada pula yang menggunakan sayuran, seperti bayam, tomat, bawang bombay, kentang, hingga zucchini.

Namun kamu juga bisa mencampur protein dengan sayuran, hingga telur dadarmu nampak seperti pizza. Seperti resep diet dari BBC yang akan kita kulik di bawah ini.

Setiap porsinya memiliki 290 kkal, 24 g protein, 11 g karbohidrat, 16 g lemak (di antaranya 5 g jenuh), dan 3 g serat. Penasaran seperti apa resepnya? Yuk simak resep menu diet dengan sarapan frittata berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan:

1. 2 Potongan tipis daging sapi, buang lemaknya

2. Minyak semprot untuk menggoreng

3. 125 Gram jamur, iris tipis

4. 75 Gram bayam

5. 100 Gram kentang rebus, potong kasar

6. 100 Gram tomat ceri, belah 2

7. 4 Butir telur ayam kampung, kocok lepas

8. Garam dan lada hitam

3 dari 4 halaman

Cara Memasak:

1. Panaskan teflon dengan api sedang. Panggang daging sampai kecokelatan pada kedua sisinya. Angkat dan sisihkan.

2. Semprotkan minyak ke teflon, tumis jamur hingga matang kecokelatan dan lunak. Lalu sisihkan.

3. Masak bayam yang sudah dicuci bersih selama 1-2 menit. Aduk terus hingga mengeluarkan sedikit air. Ketika bayam matang dengan warna yang masih cerah, saring bayam.

4. Lap teflon hingga bersih, lalu kembali semprotkan minyak. Tumis kentang dengan tomat bersamaan hingga berubah warna tanpa banyak diaduk selama 5 menit. Hal ini bertujuan agar sayuran tak hancur.

4 dari 4 halaman

Cara Memasak:

5. Kocok telur dalam mangkok yang cukup besar. Potong daging dan bayam yang sudah dimasak, lalu campur bersama telur. Masukkan juga jamur dan bumbui dengan lada serta garam.

Saat tomat dan kentang sudah masak, masukkan ke dalam adonan telur. Campur dan panggang kembali adonan di dalam teflon.

Masak selama 10 menit dengan api sedang hingga telur terlihat menempel pada tepian wajan. Masak kembali bagian bawahnya selama 2 menit hingga benar-benar matang.

Letakkan fritta ke dalam piring dan biarkan agak dingin sebelum memotongnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat