uefau17.com

Cegah Hoaks, Tiktok Berikan Label untuk Konten Buatan AI - Cek Fakta

, Jakarta - Tiktok mulai memberikan label pada konten yang dibuat menggunakan AI. Mereka menyebut pelabelan ini sebagai bentuk transparansi pada penggunanya.

Jika pengguna mengunggah konten di Tiktok, maka secara otomatis akan muncul label "AI Generated". Pelabelan ini merupakan teknologi yang diciptakan oleh Coalition for Content Provenance and Authenticity (C2PA), yang dibentuk bersama Microsoft dan Adobe. 

BACA JUGA: Hoaks Foto Gurita Raksasa Terdampar di Pantai Bali
BACA JUGA: Awas Penipuan Lewat Hoaks Undian Berhadiah dari Bank

Head Of Operations and Trust & Safety Tiktok Adam Presser mengatakan, konten yang dihasilkan AI adalah inovasi kreatif yang luar biasa. Namun kebijakan pelabelan ini diterapkan untuk mencegah konten hoaks dan berbahaya.

"Kami memudahkan pembuat konten untuk mengeksplorasi konten yang dihasilkan AI secara bertanggung jawab dengan pelabelan ini. Selain itu kami ingin mencegah konten AI berbahaya atau menyesatkan yang memang dilarang di Tiktok," ujar Adam Presser dilansir Antara.

"Pelabelan ini sudah berlaku sejak 9 Mei 2024 lalu dan akan diterapkan secara global. Kami juga melawan penggunaan AI pada konten yang berkaitan dengan Pemilu dan informasi menyesatkan," kata Adam menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat