uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini SBY Arahkan Coblos Capres-Cawapres Nomor Urut 1 - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim video Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Desember 2023.

Klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, menampilkan SBY berbicara "coblos nomor satu" dengan mengacungkan jari telujuk dari tangan kanannya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan  sebagai berikut.

"salam perubahan untuk persatuan

Siap pak sy Akan Coblos No. 1"

Dalam video tersebut juga disertakan foto pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Benarkah klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 AMIN? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.

 

<p>Penelusuran klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor 1</p>

 

Penelusuran mengarah pada video berjudul "DUKUNGAN PAK SBY ... Nomor 1 Pilihan Kita Kalimantan Selatan" yang dimuat akun YouTube Relawan 1Nusa, pada 1 Desember 2018.

Video tersebut menampilkan SBY sedang berbicara dengan komposisi gambar yang identik dengan klaim video.

 

<p>Penelusuran klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor 1</p>

Berikut transkrip pembicaraan SBY dalam video tersebut.

"Saudara-saudara yang saya cintai, saya SBY yang pernah 10 tahun memimpin dan menjalankan pemerintah di negeri ini meyakini pasangan Zairullah Azhar dan Muhammad Safi'i mampu memimpin Provinsi Klaimantan Selatan, coblos nomor satu".

 

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=ma5yKQuHOmo 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 tidak benar.

Video tersebut adalah dukungan untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernus Zairullah Azhar-Muhammad Safi'i dalam Pemilihan Umum Gubernur Kalimantan Selatan pada 2015. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat