uefau17.com

Benda Khas Indonesia Dijadikan Bahan Hoaks, dari Sarung sampai Arca - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati hoaks pada sejumlah benda khas Indonesia yang beredar di media sosial. Keberadaan informasi palsu tersebut dapat menyesatkan jika dipercaya.

Agar tidak tersesat oleh informasi yang salah, sebaiknya kita memastikan terlebih dahulu kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Berikut kumpulan hoaks seputar benda khas Indonesia.

Sarung Bermotif Anjing

 Cek Fakta mendapati klaim kain sarung bermotif anjing, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 April 2023.

Unggahan klaim sarung bermotif anjing berupa video menampilkan sebuah benda berbentuk persegi empat bertuliskan ATLAS Idaman HARMONI.

Kemudian dilanjutkan menampilkan kain dengan corak sosok berkaki empat, bergigi taring dan berbuntut.

Dalam video tersebut terdapat narasi suara sabagai berikut.

"Assalamuallaikum ibu-ibu solehah, ini kan nanti ada Atlas Harmoni Idaman ya bu ya. Hati-hati ibu-ibu yang nanti mau beli sarung-sarung atau apa, untuk hadiah atau apa, ini tolong ya jangan sampai dibeli. Karena ada gambar seperti ininya, di semua sarungnya. Soalnya kemarin ada orang yang ngasih ya begitu, berapa sarung, ada lima, begitu semua, ada motif anjing di bawah itu. Itu ya syukron.".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Assalamu'alaikum wrwb.

Berhati-hatilah saudara/I ku umat Islam dalam menggunakan kain sarung yang bermotif, perhatikan dengan seksama ketika membeli kain sarung yg bermotif.."

Benarkah klaim sarung bermotif anjing? Simak penelusuran Cek Fakta simak hasil penelusurannya di sini....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arca Majapahit Bermain Lato-Lato

Cek Fakta mendapati klaim arca Majapahit bermain lato-lato. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Januari 2022.

Unggahan tersebut berupa foto arca terdapat dua bulatan menonjol pada sekitar bagian perutnya.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Arca era majapahit pun dah main Lato Lato

https://collections.vam.ac.uk/.../sculpture-sculpture.../"

Benarkah klaim arca Majapahit bermain lato-lato? Simak hasil penelusuran Cek Fakta di sini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat