uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar The Simpsons Prediksi Tenggelamnya Kapal Selam Titan - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 23 Juni 2023.

Dalam postingan itu terdapat potongan gambar akun The Simpson yang menampilkan Homer Simpsons sedang menuju ke bangkai kapal laut lalu terjebak dan oksigennya habis. Postingan itu disertai narasi:

"The Simpsons benar-benar meramalkan insiden kapal selam titanic

Wow... Prediksi The Simpson memukul lagi

Sebuah benang pendek"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dan menemukan artikel dari website pemeriksa fakta asal Amerika Serikat, Snopes.com berjudul "Did 'The Simpsons' Predict the Missing Titanic Submersible?" yang tayang pada 22 Juni 2023.

Dalam artikel tersebut dijelaskan episode The Simpsons yang viral merupakan tayangan tahun 2006. Dalam episode tersebut Homer Simpsons menggunakan kapal selam untuk mencari harta karun di sebuah bangkai kapal bukan kapal Titanic seperti yang viral di media sosial.

Namun dalam perjalanan tersebut kapal selam Homer terjebak dan dia kehabisan oksigen. Dia lalu terbangun di rumah sakit setelah koma selama tiga hari.

Di dalam episode tersebut tidak ada karakter lain yang hilang, selain itu Homer Simpsons menggunakan kapal selam sendirian, bukan seperti kapal Titan yang bermuatan lima orang.

Selain itu kapal Titan yang tenggelam para penumpangnya membayar untuk perjalananan itu, sementara Homer Simpsons tidak.

Dalam wawancara dengan The Hollywood Reporter, mantan kepala penulis The Simpsons, Bill Oakley mengatakan.

"Ada beberapa kasus di mana The Simpsons disebut telah memprediksi sesuatu. Namun kebanyakan adalah kebetulan dan episodenya sudah lama sehingga sejarah seperti kembali terulang. Kebanyakan episode The Simpsons adalah berdasar kisah yang terjadi pada tahun 60an, 70an, 80an yang juga kita ketahui," ujar Bill.

Sumber:

https://www.snopes.com/fact-check/simpsons-predict-titanic-submersible/

https://www.hollywoodreporter.com/tv/tv-news/simpsons-writer-calls-misappropriation-classic-episode-coronavirus-outbreak-gross-1284744/

https://uefau17.com/global/read/5326702/the-simpsons-prediksi-kapal-selam-titanic-yang-terjebak-hoaks-atau-fakta

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim kartun The Simpsons telah memprediksi tenggelamnya kapal selam Titan adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat